Wednesday, May 20, 2015

Awas, Polusi Bisa Membuat Otak Anda Menyusut !

berbagiyangbaik.blogspot.com
''' Polusi bukan hanya merusak lingkungan tapi juga bisa berakibat buruk bagi otak. Paparan jangka panjang terhadap partikel halus dari polusi udara bisa mengubah struktur otak dan menyebabkan gangguan kognitif '''
Temuan kunci yang diterbitkan dalam jurnal Stroke American Heart Association tanggal 23 April 2015, konsisten dengan penelitian sebelumnya yang telah menunjukkan hubungan antara paparan jangka panjang polusi dan tinggal dekat dengan jalan utama dengan serangan stroke dan fungsi kognitif yang lebih buruk pada orang dewasa.

Udara yang kita hirup mengandung campuran padat dan cair, termasuk banyak partikel sangat kecil yang tidak dapat dilihat. Partikel-partikel halus berdiameter 2,5 mikrometer biasa disebut sebagai Fine particles (PM2.5) dan yang lebih kecil lagi. Untuk membandingkannya, rambut manusia rata-rata diameternya sekitar 70 mikrometer. Meskipun sangat kecil, partikel ini menyebabkan banyak kerusakan.

Partikel polusi udara berasal dari sumber-sumber seperti pembangkit listrik, pabrik, truk dan mobil, dan kayu yang terbakar. Ketika kita hirup, partikel tersebut masuk melalui hidung dan tenggorokan. Partikel yang lebih kecil mungkin sangat beracun, karena dapat melakukan perjalanan lebih dalam dan masuk paru-paru dan terjebak di sana. Seiring waktu, partikel polusi ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan, peradangan dan efek kardiovaskular. "

Peneliti menganalisis 943 orang dewasa di Framingham Offspring Study, yang relatif sehat dan bebas dari demensia dan stroke. Para peserta tinggal di Boston dan seluruh New England dan New York, di mana tingkat polusi udara yang relatif rendah. Peneliti menggunakan MRI untuk menentukan bagaimana paparan jangka panjang terhadap polusi udara mempengaruhi otak.
Para peneliti menemukan bahwa peningkatan 2 mikrogram per meter kubik polusi Fine particles (PM2.5) memiliki hubungan dengan penurunan 0,32 persen volume otak. Fine particles (PM2.5) berdiameter 2,5 mikrometer sehingga hanya dapat dideteksi dengan mikroskop elektron. Sumber partikel halus ini mencakup semua jenis pembakaran, termasuk kendaraan bermotor, pembangkit listrik, pembakaran kayu, kebakaran hutan, pembakaran lahan, dan beberapa proses industri.
Penurunan volume otak sebesar itu setara dengan sekitar satu tahun penuaan otak, karena secara umum volume otak akan cenderung mengecil seiring bertambahnya usia manusia, karena berkurangnya neuron. 

Kenaikan yang sama dari 2 mikrogram per meter kubik partikel halus ini juga berkaitan dengan peningkatan 46 persen risiko terhadap serangan stroke mendadak yang dapat dilihat pada scan otak tapi biasanya tidak menyebabkan gejala.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi yang lebih tinggi memiliki volume otak yang lebih kecil dan juga lebih berisiko terhadap stroke dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal di daerah dengan udara kurang tercemar. Namun, studi ini dilakukan pada satu titik waktu, sehingga tidak membuktikan ada hubungan sebab-akibat antara polusi udara dan perubahan otak.

Ini adalah studi pertama yang meneliti hubungan antara polusi udara, volume otak dan risiko stroke pada populasi orang dewasa. Penelitian sebelumnya telah meneliti hubungan antara polusi udara dan otak pada anak-anak. Tidak jelas persis bagaimana polusi udara dapat merusak otak manusia. Para peneliti menduga bahwa polusi udara dapat menyebabkan peradangan meningkat, namun para peneliti masih mencoba untuk memahami hubungannya.

Yang bisa kita lakukan adalah gaya hidup sehat secara keseluruhan dengan makan seimbang, melakukan aktivitas fisik
secara teratur dan tidak merokok dapat membantu meningkatkan
kesehatan bahkan di lingkungan yang tercemar.

Diterjemahkan dari : http://www.heart.org/
http://www.livescience.com/50602-air-pollution-brain-volume.html

Tuesday, May 19, 2015

Hikmah Membaca Basmallah

berbagiyangbaik.cf

. . .Bismillahirrahmanirrahim ' adalah ayat pertama dari surat pertama - Surat Al-Fatihah - dari Al Quran. Fakta bahwa Al Quran, dimulai dengan ayat pertama ini, menandakan pentingnya ayat ini dan selanjutnya menekankan perlunya untuk memulai semua tugas dengan nama Allah...

Di antara banyak hikmah basmalah, Sheikh Modudi menyatakan dalam tafsir Al-Qur'an - Tafhimul Quran - tentang ayat ini, berikut di antaranya:

Mengucapkan bismillah memungkinkan seseorang untuk menahan diri dari setiap kejahatan, karena kebiasaan mengucapkan nama Allah pasti akan membuat orang berpikir lagi ketika hendak melakukan pelanggaran dan bertanya dalam hatinya bagaimana tindakan tersebut dapat didamaikan dengan penyebutan nama Allah yang suci.

Ketika seseorang mulai sesuatu dengan mengucapkan nama Allah dengan ketulusan dalam hatinya, ia akan mendapatkan dukungan Allah, Allah akan memberkati usahanya dan melindunginya dari godaan setan. 

Dimulai dengan Bismillah
Ketika seseorang mengatakan "Bismillaah" sebelum memulai sesuatu, itu berarti, "Saya mulai perbuatan ini dengan nama Allah atau dengan bantuan Allah dan mengharap berkah-Nya. Allah adalah Tuhan yang wajib dicintai dan dipuja, tujuan bagi setiap cinta, penghormatan dan ketaatan/ibadah.

Oleh karena itu asmaul husna ini, ar-Rahmaan, sering muncul setelah nama Allah, seperti dalam ayat Alquran di bawah ini:

Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman...." ( Surat al-Isra : 110 )

Ibnu Jarir berkata, " Allah mengajarkan kepada Nabi Muhammad sopan santun yang tepat dengan mengajar dia untuk menyebutkan nama-nama Allah yang paling indah sebelum melakukan suatu tindakan. Dia memerintahkan Nabi untuk menyebutkan nama-Nya sebelum memulai melakukan sesuatu, dan mengajari semua orang untuk mengikuti tuntunan itu. Bahkan kita tahu ayat pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad adalah ' Iqra 'bismi rabbika' - Bacalah dengan nama Tuhanmu - ( Surat al-'Alaq : 1). Ayat ini memerintahkan Nabi untuk membaca denga nama Allah.

Dengan pengecualian Surat At-Taubah, semua surat dalam Al Quran dimulai dengan Bismillah. Selanjutnya, Surah An-Naml dalam Quran memiliki ayat lain, yaitu ayat 30 yang menyebutkan Bismillah. Quran menyatakan:

Berkata ia (Balqis): "Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia. Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya isinya: 'Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. ( Surat An-Naml : 29-30)

Kisah 'Bismillah' dan penata rambut putri Firaun dan anak-anaknya
 
Dari Ibnu ‘Abbaas (r.a) Berkata: Rasulullah berkata: “Di malam aku melakukan Isra’, bau wangi harum menghampiriku. Berkata aku: O Jibril,bau wangi apakah ini ? Jibril berkata: 'Ini adalah bau wangi penata rambut putri fir'aun dan anak anaknya'.
Aku berkata: 'Bagaimana kisahnya ?'
Jibril berkata: ' Suatu hari saat ia menyisir rambut putri Fir'aun, sisirnya terjatuh dari tangannya, serentak ia berucap, ‘Bismillaah ( Dengan menyebut nama Tuhan ).’ Putri fir'aun berkata: ‘Ayahku ?’ dia menjawab: ‘Bukan. Tuhanku dan tuhanmu dan tuhan ayahmu adalah Allah.’ Sang putri berkata : ‘Akan aku katakan padanya tentang ini.’ dia menjawab: 'Baiklah katakan saja.’ Lalu Fir'aun memanggil si penata rambut dan berkata: ‘ Apakah kau mempunyai tuhan selain aku ? ’ Dia menjawab: ‘Ya, tuhanku dan tuhanmu adalah Allah.’ Mereka mulai menyiksa dan bertanya padanya lagi ' Siapakah  tuhanmu ? ', dia tetap menjawab, 'Allah adalah tuhanku”. Lalu Fir'aun memerintahkan untuk melelehkan patung sapi yg terbuat dari tembaga, dan memerintahkan untuk membawa semua anak-anaknya. Fir'aun menyuruhnya untuk menyembahnya namun ia tetap berkata ' Tidak ! '. Lalu Fir'aun memerintahkannya untuk menceburkan anak pertamanya ke dalam lelehan panas tembaga, lalu anak yang kedua, yang ketiga, lalu yang keempat, tapi ia masih kuat dan penuh keyakinan, dan akhirnya sampailah pada anaknya yg terakhir yg masih menyusui,ia mulai menyerah, namun atas kehendak Allah, tiba-tiba Allah menjadikan bayi tersebut mampu berbicara, ' Bersabarlah ibuku...Inilah kebenaran dan Allah akan memberikan surga untuk kita. Hukuman di dunia lebih mudah di hadapi di bandingkan hukuman di akhirat. Lalu ia pun melangkah maju dan menjadi yg berikutnya....
Dia berkata pada Fir'aun : ‘aku ada permintaan untukmu.’ Fir'aun berkata :‘Apakah permintaanmu ?’ Ia berkata: ‘Aku ingin tulangku dan anak-anakku dikumpulkan dalam satu kain dan dikubur bersama, karena aku ingin dibangkitkan bersama anak-anakku '.  Fir'aun berkata : ‘Aku kabulkan permintaanmu.’ Dari Imam Ahmad dalam al-Musnad (1/309), al-Tabaraani (12280), Ibnu Hibbaan (2903) and al-Hakim (2/496).

Nabi juga mengajarkan kita untuk mengucapkan Bismillah sebelum melakukan banyak hal seperti :

Bismillah sebelum wudhu
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Tidak sah shalat tanpa wudhu dan tidak sempurna wudhu tanpa membaca nama Allah (basmalah) di awalnya’,” (Hasan, HR Abu Dawud [101], Ibnu Majah [399], dan Ahmad [II/418]).

Bisimillah sebelum makan dan minum
Bismillah dianjurkan sebelum makan. Rasulullah berkata kepada Umar bin Abi Salamah : Ucapkanlah Bismillah, makan dengan tangan kanan dan makanlah yang terdekat denganmu.
Beberapa ulama bahkan menyatakan bahwa Bismillah sebelum makan adalah wajib.

“Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra., bahwasanya Rasulullah saw bersabda: Apabila salah seorang diantara kalian makan maka ucapkanlah nama Allah Ta’ala, jika lupa membacanya pada permulaan makan, maka bacalah (saat teringat), ‘Bismillah awwalahu wa âkhirahu’ ( Bismillah untuk awal dan akhir ” ( HR. Abu Dawud )

Bismillah untuk melemahkan setan
Imam Ahmad mencatat dalam Musnad-nya, suatu ketika seorang sahabat mengekspresikan kejengkelannya dengan memaki setan saat hewan tunggangan Rasulullah tersandung. ' Terkutuk setan ! '.
Rasulullah yang kebetulan mendengarnya menasihati, " Jangan berkata " Terkutuk setan ", karena jika kamu berkata seperti itu, setan menjadi arogan dan berkata : Dengan kekuatanku akan kubuat ia jatuh.  Ketika kau berkata, " Bismillah ", setan akan menjadi sekecil lalat". 

Daging yang Halal
Allah berfirman dalam Al-Quran: Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya . Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. (Surat Al-Anaam : 121)

Bismillah dalam Ruqyah
Dari Abu Sa’id Al-Khudhri r.a., Jibril mendatangi Nabi SAW, lalu berkata, “Wahai Muhammad apakah engkau mengeluh rasa sakit?” Beliau menjawab, “Ya!” Kemudian Jibril meruqyahnya , “Bismillahi arqika, min kulli syai’in yu’dzika, min syarri kulli nafsin au ‘aini hasidin, Allahu yasyfika, bismillahi arqika” ( “Dengan nama Allah aku meruqyahmu, dari segala hal yang menyakitimu, dan dari kejahatan segala jiwa manusia atau mata pendengki, semoga Allah menyembuhkan kamu, dengan nama Allah saya meruqyahmu”) ( HR Muslim )
Marilah kita membuat sebuah titik untuk membawa "Bismillah" lebih dalam bagi hidup kita dan untuk terbiasa memulai semua tugas dengan menyebut nama Allah dengan mengatakan "Bismillah-ir-Rahman-ir-Rahim"
http://www.iqrasense.com/allah/the-blessings-of-saying-bismillah-ir-rahman-ir-rahim.html