Friday, March 27, 2015

Mengapa Masjidil Aqsa Begitu Istimewa ?

http://berbagiyangbaik.blogspot.com/

' ' ' Masjidil Aqsa adalah masjid yang sangat tua, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Masjidil Aqsa merupakan masjid kedua yang di bangun di muka bumi ini sejak bumi diciptakan. '  '  '

Diriwayatkan oleh Abu Dzar r.a., ia berkata “Saya bertanya kepada Rasulullah SAW perihal masjid yang pertama kali dibangun di bumi.” Beliau menjawab,” Masjidil Haram “. Saya bertanya lagi ,”kemudian apa lagi, ya Rasulullah? Beliau menjawab,” Masjidil Aqsa”. Lalu saya bertanya lagi,” berapa jarak antara keduanya ?” Nabi SAW menjawab,” empat puluh tahun. kemudian semua permukaan bumi ini dijadikan masjid bagimu, jika engkau mendapati waktu shalat maka shalatlah di permukaannya, karena disanalah terdapat keutamaan”.
Masjidil Aqsa sangatlah istimewa dan luar biasa, bahkan karena sangat istimewanya, setiap bagian dari   Masjidil Aqsa seperti dapat menceritakan kisah dan riwayatnya masing-masing, beberapa di antaranya dalah seperti uraian yang akan kita baca ini,...
Masjidil Aqsa bukan hanya masjid Qibly, dengan kubah perak hitamnya atau Dome of the Rock. Masjidil Aqsa sebenarnya adalah seluruh wilayah yang diberi garis merah pada gambar di atas yang juga dikenal sebagai Baitul Maqdis. Nama 'Masjidil Aqsa' diterjemahkan sebagai 'masjid terjauh " dan merupakan tempat yang paling suci ketiga dalam Islam. Di sinilah sekitar tahun 621 Nabi Muhammad saw datang pada malam perjalanan Isra Miraj.

Masjidil Aqsa bukanlah masjid biasa. Beberapa alasan mengapa Masjidil Aqsa sangat penting dan begitu berharga adalah :
1. Masjidil Aqsa adalah kiblat pertama bagi umat Islam
2. Masjidil Aqsa adalah bagian dari Peristiwa Isra dan Mi'raj
3. ' Rumah Kedua 'Allah yang dibangun di atas bumi
4. Tempat ratusan Rasul Allah dan banyak sahabat dimakamkan
5. Sebuah tempat di mana mukjizat ditunjukkan oleh kehendak Allah
6. Tempat yang Allah sendiri menyebutnya sebagai ' tempat yang yang diberkahi '
7. Yang disebut baik secara langsung dan tidak langsung 70 kali dalam Al Quran
8. Tempat di mana malaikat telah turun membawa pesan Allah
9. Satu-satunya tempat di bumi di mana semua Rasul Allah berdoa pada saat  
    yang sama yang dipimpin oleh Nabi Muhammad saw.
10. Satu-satunya masjid yang disebutkan namanya dalam Al-Quran selain Ka'bah.

http://berbagiyangbaik.blogspot.com/Kebanyakan orang Yahudi yang religius menganggap masuk ke kompleks Al-Aqsa, yang mereka sebut Kuil Gunung sebagai pelanggaran hukum Yahudi. Larangan ini didasarkan pada keyakinan bahwa meskipun Kuil Sulaiman hancur beberapa abad yang lalu, lokasi yang tepat dari Bait Suci, tempat Imam Kudus mereka pernah berada tidaklah diketahui. Oleh karena itu pembatasan diterapkan ke seluruh kompleks. Mereka percaya bahwa Bait Suci hanya boleh dibangun setelah kedatangan Mesias mereka. Namun, ada beberapa kelompok Yahudi yang berbeda dari pendapat ini. Banyak juga orang Kristen menganggap itu sebagai prasyarat untuk Armageddon dan Kedatangan Kedua Yesus, dan keduanya secara aktif mendorong pembangunan kembali Bait Allah di tanah Al-Aqsa.

Tampak depan Masjidil Aqsa
http://berbagiyangbaik.blogspot.com/Struktur dengan kubah perak/abu-abu  di depan Masjidil Aqsa dikenal sebagai masjid 'Qibly' karena terletak paling dekat dengan kiblat. Bagian depan Masjidil Aqsa sejajar langsung dengan Ka'bah di Makkah.

Perjalanan ke Yerusalem disebutkan dalam Surah al-Isra (juga dikenal sebagai Surah Bani Israel dalam Quran: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
  
Ketika Umar ra memasuki tempat kudus al-Aqsa di tahun 638 dia terkejut menemukan tempat itu dipenuhi dengan sampah karena orang-orang Romawi telah menggunakan kompleks tersebut sebagai pembuangan sampah. Khalifah Umar lalu berlutut segera dan dengan tangannya sendiri mulai membersihkan daerah tersebut, lalu diikuti Kaum Muslimin lainnya dan segera seluruh wilayah dibersihkan. Mereka kemudian berjalan lebih jauh, dekat dengan mimbar Dawud, lalu mendirikan sholat dua rakaat dengan membacakan Surat Sa'ad di rokaat pertama dan Surat Al-Isra di rokaat kedua  yang mengisahkan Isra 'Mi'raj.

Lalu ia bertanya kepada Ka'b al-Ahbar, mantan rabbi Yahudi yang telah memeluk Islam, "Di mana saya harus membangun mihrab ?", "Di balik batu," jawab Ka'b, "sehingga Anda akan punya dua qiblat, "yaitu kiblat dari Musa dan kiblat dari Muhammad. Umar berkata kepada Ka'b, "Kau berbicara seperti orang-orang Yahudi. Kami akan membangunnya di depan Batu. Seluruh situs adalah bagian dari masjid. Oleh karena itu, mimbar kita harus di bagian yang terbaik, yang di bagian depan. "

Umar ra lalu menugaskan pembangunan sebuah masjid kayu yang bisa menampung 3.000 jamaah di ujung selatan dari kompleks di mana sekarang masjid Qibly berdiri. Dengan demikian Umar telah mengembalikan kesucian dan kemurnian ibadah masa lalu, yang telah ditinggalkan baik oleh Kristen dan Yahudi.

Keutamaan berdoa di Masjidil Aqsa :
Abu Darda (ra dengan dia) menceritakan bahwa Nabi Muhammad mengatakan, "Doa di Makkah bernilai 100.000 kali, doa di Masjid saya (Madina) bernilai 1.000 kali, dan doa di Masjidil Aqsa bernilai 500 kali lebih daripada di tempat yang lain.
Basement Masjid al-Aqsa
http://berbagiyangbaik.blogspot.com/
Pilar-pilar batu di sebelah kanan diyakini didirikan oleh kawanan jin pada zaman Nabi Sulaiman. Mihrab kecil di sudut tembok dianggap menjadi tempat Maryam menerima dari musim buah-buahan saat dia mengandung Nabi Isa.

Dalam Surat Saba  Allah menyebutkan:
...Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. (Surat Saba :12-13)

Ada kamar yang berdekatan yang dilapisi kisi-kisi (ditampilkan inset) di lantai bawahnya dibakar minyak untuk menghangatkan dan menerangi masjid.

Diriwayatkan dari Maimunah Binti Sa'ad, hamba sahaya Rasulullah, dia berkata , 
" Wahai Rasulullah , berikanlah fatwa kepada kami mengenai Baitul Maqdis ." Beliau menjawab , " Negeri tempat dikumpulkannya dan disebarkannya manusia. Maka datangilah dan sholatlah didalamnya. karena sholat di dalamnya seperti seribu kali sholat di tempat lainnya . " Aku bertanya apa pendapatmu jika aku tidak bisa melalukannya ? " Beliau berkata lagi , " Maka berikanlah minyak untuk penerangannya. Barangsiapa yang melakukan hal itu, maka dia seolah telah mendatanginya." ( Imam Ahmad, Ibnu Majah, Sunan Abu Dawud dan al-Tabarani )

Istana Nabi Sulaiman yang dikenal sebagai Solomon Temple (Kuil Sulaiman) oleh bangsa Yahudi. Dipercayai didirikan pada tahun 960 sebelum Masihi. Namun, 370 kemudian, istana ini dimusnahkan oleh bangsa Babylon yang menaklukkan Yerusalem.

Tetapi, setelah Bangsa Persia mengalahkan Jerusalem, mengahancurkan hampir seluruh gereja dan mengusir orang Yahudi dan mengusir keluar bangsa Babylon, mereka mendirikan kembali Kuil Sulaiman setelah 70 tahun kemusnahan pertama.

Pada tahun 70 Masehi, sekali lagi kuil itu dimusnahkan oleh Romawi. Kali ini, mereka meratakannya dengan tanah. Dan sejak itu jugalah, kaum Yahudi tidak pernah jemu untuk mencari dan membangun kembali kuil tersebut hingga hari ini.

Mengapakah ia begitu penting buat Yahudi ?
Kajian ahli arkeologi dan pakar sejarah yang kebanyakannya terdiri daripada bangsa Yahudi mengesahkan bahawa tapak Kuil Sulaiman terletak di bawah Masjidil Aqsa, kiblat pertama umat Islam. Sejak bertahun-tahun lamanya, Yahudi sewenang-wenang penggalian di bawah Masjidil Aqsa. Semakin hari, semakin kuat harapan Yahudi agar kuil itu segera ditemukan.
 http://berbagiyangbaik.blogspot.com/
Ini karena bagi Yahudi, kuil itu adalah pusat dunia dan di situlah konon akan lahir 'Messiah', pemimpin dan pembela kaum Yahudi yang dinanti-nantikan selama ini.

Sewaktu kongres pertama Zionis di Switzerland pada tahun 1897, seorang pendeta Yahudi telah menyeru bangsa Yahudi agar kembali ke tanah Palestina. Penyelamat bangsa mereka akan muncul di situ. Untuk itu, Kuil Sulaiman harus dibangun untuk menyambut kedatangan Messiah mereka.
Mereka percaya di bawah Masjidil Aqsa terkubur Kuil Sulaiman. Untuk itu, masjid suci umat Islam itu harus diruntuhkan untuk membangun kembali Kuil Sulaiman. Beberapa pendapat mengatakan, 'Messiah' yang dianggap Tuhan dan ditunggu-tunggu oleh bangsa Yahudi adalah Dajjal yang akan menyesatkan umat Islam.
 
Diterjemahkan dari : islamiclandmarks.com, sentiasapanas.com/2014/03/kuil-sulaiman-dan-agenda-jahat-yahudi.htm

Wednesday, March 25, 2015

Yang Perlu Anda Tahu dari Masjidil Aqsa !

berbagiyangbaik.blogspo.com' ' ' Hanya ada satu tempat di dunia ini yang paling diperebutkan dan itu adalah Masjidil Aqsa di Yerusalem, selama ribuan tahun, orang-orang mengorbankan nyawa untuk berebut tempat ini dan berusaha memegang kontrol atasnya ' ' '

Bagi umat Islam, tempat ini sangat penting. Ini adalah tempat yang paling suci ketiga dalam Islam, tempat Nabi Muhamad saw diangkat ke langit dalam perjalanan Isra dan Miraj. Masjidil Aqsa juga tempat pertemuan paling luar biasa dalam sejarah umat manusia - ketika setiap Nabi yang pernah hidup berkumpul untuk salat di belakang Nabi Muhammad saw. Namun, berikut adalah beberapa hal yang mungkin belum kita tahu tentang Masjidil Aqsa: 

1. Masjidil Aqsa adalah Kumpulan Masjid 
berbagiyangbaik.blogspo.com
Ya, ada beberapa masjid di situs yang kita kenal sebagai Masjidil Aqsa. Banyak orang mengira Masjidil Aqsa sebagai bangunan yang terletak di sudut selatan Masjid. Pada kenyataannya, itu adalah masjid Qibly, disebut demikian karena itu adalah yang paling dekat dengan kiblat. Seluruh dataran tinggi itu adalah Masjidil Aqsa dan kadang-kadang disebut Haram Al-Sharif untuk menghindarkan kebingungan. Tapi ada beberapa masjid lain di situs tersebut yang biasanya dihubungkan dengan insiden sejarah misalnya Masjid Buraq, Masjid Marwani dan beberapa masjid lagi. 

2. Masjidil Aqsa adalah Tanah Pemakaman 
Tidak ada catatan berapa banyak nabi dan Sahabat Nabi Muhammad saw yang dimakamkan di sana, tetapi pasti ada banyak. Misalnya, Nabi Sulaiman as mungkin dimakamkan di sana karena kita tahu bahwa para nabi selalu dikuburkan di mana ia meninggal, Nabi Sulaiman as meninggal ketika sedang mengawasi pembangunan salah satu masjid di sana. 

3. Masjidil Aqsa Sebelumnya adalah Tempat Pembuangan Sampah 
Dalam periode waktu ketika tidak ada orang Yahudi diizinkan untuk tinggal di kota, penduduk terutama suku bangsa Romawi, menggunakan area masjid sebagai tempat pembuangan sampah. Ketika Umar ra membebaskan kota itu, ia membersihkan sampah dengan tangan kosong. Dia juga mengakhiri pengasingan berabad-abad orang Yahudi dan mengundang 70 keluarga pengungsi dari desa terdekat ke Yerusalem dan memberi mereka hak untuk kembali setelah berabad-abad di pengasingan. Kebaikan dan kemuliaan Islam yang telah dilupakan kaum Yahudi. 
.
4. Tempat Al Ghazali Hidup dan Menulis Ihya Ulumuddin 
Apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa Al-Ghazali, untuk sementara waktu, tinggal di masjidil Aqsa dan menulis buku. Sebuah bangunan di masjid ditandai sebagai lokasi kamar lamanya. Di sanalah dia menulis salah sebuah buku yang paling terkenal dalam literatur Islam, Ihyaa Ulummuddin 

5. Pernah dipakai sebagai istana, dan kandang kuda. 
Pada Jumat, 15 Juli 1099 saat Perang Salib yang pertama mengepung Yerusalem
berbagiyangbaik.blogspo.com
selama enam minggu, setelah itu kota itu jatuh. Dipimpin oleh Tancred, Tentara Salib terpojok dekat Masjid Kubah Batu dan dilucuti semua persenjataan, emas dan peraknya. Kaum Muslim melarikan diri ke masjid besar lainnya dari al-Aqsa sebelum menyerah dan setuju untuk membayar uang tebusan kepada Tancred, yang terbukti sangat tidak dapat dipercaya. Keesokan paginya Tentara Salib kembali memasuki Masjidil Aqsa dan membantai semua orang. Tidak ada yang tahu persis berapa banyak yang dibantai, tetapi banyak sejarawan memperkirakan bahwa lebih dari 70.000 orang meninggal. 
Salah satu Tentara Salib bersaksi bahwa berjalaan melalui simbahan darah dan tumpukan mayat lebih dari tinggi lututnya. Kaum Muslim yang selamat dari pembantaian kemudian disalibkan di salib besar yang ditempatkan di dekat pusat masjid. Dasar salib masih dapat dilihat di sana hingga hari ini dan ini adalah sisa-sisa salib yang telah dihancurkan oleh Salahuddin Ayyubi setelah merebut kembali kota Yerusalem. 
6. Di sini Ada Mimbar Legendaris 
berbagiyangbaik.blogspo.com
Nooruddin Zengi, salah satu pahlawan terbesar dalam sejarah Islam, memiliki mimbar khusus yang dibangun untuk dipasang di Masjidil Aqsa saat direbut kembali pada dari Tentara Salib. Mimbar ini tidak hanya cantik, tapi itu dibuat tanpa menggunakan paku atau lem sama sekali. Sayangnya Nooruddin tidak sempat melihat kemenangan, tapi anak didiknya Salahuddin memenuhi keinginan gurunya, dan setelah membebaskan Yerusalem untuk ke-2 kalinya dalam sejarah Islam, dipasanglah mimbar tersebut. Sayangnya, mimbar ini tidak bertahan dalam peristiwa pembakaran Masijidil Aqsa oleh Zionis. 

7. Kubah Batu Luar Biasa Indah 
berbagiyangbaik.blogspo.com
Kubah Batu/Qubbah As-Sakhrah, mungkin kubah pertama yang pernah dibangun dalam sejarah Islam, dibangun oleh Khalifah Umayyah Abdulmalik bin Marwan. Ini adalah gabungan seni kayu dan kerajinan kuningan, timah dan keramik, tapi hampir seribu tahun kemudian pada masa pemerintahan Khalifah Ottoman Suleiman, lapisan emas khas ditambahkan ke kubah bersama dengan ubin Ottoman untuk fasad bangunan. 

8. Masjidil Aqsa Pernah Dibakar 
Tanggal 21 Agustus tahun 1969, dibakar oleh rezim Zionis. Akibat kebakaran ini, Masjid al-Aqsa mengalami kerusakan berat dan menghancurkan Mimbar Nooruddin Zengi dan Masjid Qibly. Rezim Zionis menyatakan bahwa pelaku pembakaran itu seorang turis asal Autralia yang kemudian ditangkap dan diadili. Namun, pengadilan sandiwara yang dilaksanakan di Tel Aviv memutuskan bahwa turis tersebut mengalami gangguan jiwa dan karena itu dia dibebaskan. Menanggapi kejadian pembakaran ini, rakyat muslim di berbagai penjuru dunia melakukan demonstrasi. Selain itu, pembakaran masjid al-Aqsa ini mendorong pemerintah negara-negara Muslim mendirikan Organisasi Konferensi Islam dengan tujuan untuk mengadapi bahaya yang mengancam dunia dan kesucian Islam. Kini masjid itu telah dibangun kembali, tetapi serangan terhadap situs paling suci ketiga dalam Islam dan kiblat pertama kaum Muslimin terus dirongrong hingga hari ini. Penggalian yang merusak fondasi seluruh Masjid, kunjungan yang tidak sah, dan ancaman setiap hari dari Israel untuk membangun kembali kuil terus mengancam keberadaan masjid. 

muslimmatters.org/2014/02/14/8-things-didnt-know-masjid-al-aqsa/

Saturday, March 14, 2015

Surat Ibnu Taymiyyah untuk Ibundanya

berbagiyangbaik.blogspot.com

' ' '...Suratnya sangat mengalir, tapi yang lebih indah adalah jawaban dari ibunya yang sangat bernilai dan berharga untuk dibaca setiap ibu maupun ayah. Berikut ini adalah suratnya...' ' '

Salah satu peran seorang Ibu yang sangat penting dan mulia adalah usaha yang terus menerus seorang Ibu dalam menanamkan nilai-nilai luhur dalam hati anak-anak mereka dan untuk memelihara karakter moral mereka. Perawatan dan pengasuhan seperti ini ternyata menghasilkan buah yang luar biasa: lahirnya seorang ulama terkemuka, pemimpin besar dan aktivis yang berani.  Dukungan seorang ibu pada saat kesusahan dan dalam menghadapi tantangan hidup memiliki dampak yang sangat besar bagi seorang anak.

Seorang ibu yang sangat cemerlang sebagai contoh di sini adalah Ibunda dari Ahmad yang kelak dikenal sebagai Ibnu Taimiyyah, salah satu ulama terbesar pada zamannya dan seorang pejuang yang berani membela Islam. Dia memiliki hati yang berani bahwa ia tidak akan ragu untuk membela keadilan dan kebenaran dalam menghadapi penguasa pada waktu itu bahkan jika itu harus dia bayar dengan tinggal lama di penjara.

Berikut ini adalah surat yang dikirim Ibnu Taimiyyah ke ibunya, meminta maaf karena ia tinggal jauh dari ibunya, di Mesir, untuk mengajar dan mendidik orang-orang yang ia anggap sebagai kewajiban tak terhindarkan. Suratnya sangat mengalir, tapi yang lebih indah adalah jawaban dari ibunya yang sangat bernilai dan berharga untuk dibaca setiap ibu maupun ayah. Berikut ini adalah suratnya.


Surat Ibnu Taimiyyah untuk ibu-Nya
( Ini adalah surat Ibnu Taimiyyah kepada ibu beliau di Damaskus )

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Dari Ahmad bin Taimiyah untuk Ibunda tersayang. Semoga Allah memberkati Ibu dengan berlimpah, dan memberikan kedamaian dan kenyamanan, dan menjadikan Ibu di antara yang terbaik dari hamba-Nya,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah, Zat yang paling berhak untuk dipuji.Tidak ada Tuhan yang patut disembah melainkan Dia, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi terakhir dan imam dari orang-orang shalih, Muhammad saw, hamba dan utusan-Nya.

Sungguh karunia Allah telah datang dengan melimpah, pertolongannya pun tiada pernah berakhir. AnAnanda pun bertahmid memuji-Nya, meminta-Nya untuk menambah kemurahan-Nya. Kemurahan Allah tidak akan berpaling darimu wahai Ibuku yang berbahagia.

Sungguh Bunda,
keberadaan Ananda di Mesir adalah adalah karena perkara yang penting, bila tugas (dakwah) ini ditinggalkan, maka akan timbul penyimpangan dan kerusakan bagi agama dan dunia kita.
Bunda…
Berada jauh dari Bunda bukanlah jalan yang ingin Ananda pilih. Jikalau burung dapat membawaku terbang, Ananda pasti akan datang kepadamu. Namun Bunda, ketidakhadiran Ananda di sisi Bunda ada sebabnya. Dan bila Bunda melihat keadaan kaum Muslimin, Bunda pun pasti akan memilihkan bagi Ananda tempat yang sama sebagaimana Ananda berada sekarang.

Sungguh Bunda, Ananda selalu berdoa kepada Allah untuk menunjuki kita kepada pilihan yang tepat, dan Ananda selalu berdoa bagi kebaikan Bunda. Ananda juga memohon kepada Allah untuk memberkahi kita dan seluruh kaum muslimin, dengan rahmat yang meliputi keselamatan dan kemanfaatan.

Allah telah bukakan bagi Ananda gerbang keberkahan, ampunan, rahmat dan bimbingan dengan cara yang tidak pernah Ananda pahami sebelumnya. Dalam keadaan selalu ingin pulang ke pangkuanmu wahai Ibunda, Ananda pun beristikharah. Ananda tidak bisa membayangkan jika Allah tetapkan pilihan bagi diri Ananda untuk menyukai perkara duniawi atau hanya merasa cukup dengan amalan ibadah yang lebih sedikit agar bisa dekat dengan dirimu, Bunda.
Di sini, di Mesir masih banyak perkara yang tidak bisa Ananda tinggalkan, karena takut akan bahayanya, secara umum maupun secara pribadi, dan sungguh saksi-saksi itu melihat apa yang tidak dilihat oleh orang yang hadir.

Ananda ingin Bunda banyak berdoa kepada Allah. Mintalah agar Dia memberikan hidayah kepada kita dan memilihkan jalan yang terbaik bagi kita. Karena Allahlah Yang Maha Mengetahui, sedangkan kita tidak. Dialah yang mampu, adapun diri kita adalah lemah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Merupakan sebuah kebahagian bahwa anak Adam melakukan istikharah dan senang dengan apa yang Allah takdirkan bagi dirinya. Dan merupakan kesesengsaraan jika seorang anak Adam meninggalkan istikharah dan berkeluh kesah dengan takdir Allah.”

Sungguh, seorang pedagang dalam perjalanannya mungkin takut kehilangan uang, oleh karena itu dia menetap di sebuah tempat agar dia bisa berjalan lagi. Permasalahan yang sedang kami hadapi di sini begitu besar untuk dijabarkan, akan tetapi tiada daya dan upaya melainkan hanya melalui Allah.

Dan akhirnya, tolong sampaikan salam Ananda untuk semua keluarga, tua dan muda, para tetangga, sahabat-sahabat, serta karib kerabat kita.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Walhamdulillah, washalatu wassalamu ‘ala Muhammad,wa ‘ala ahlihi wa ashhabihi.

Surat Balasan Ibunda Ibnu Taimiyyah :
Jangan berpikir, Wahai anakku, bahwa kedekatan Ananda denganku lebih aku cintai daripada kedekatan Ananda dengan agama Allah atau tugas mulia Ananda untuk Islam dan umat Islam.

Anakku tersayang, Ahmad bin Taimiyyah...
Allah telah mengangkat derajat Ananda, dan memilih Anda untuk mengajarkan Islam dan mendedikasikan diri Ananda untuk kaum Muslim.

Sebaliknya, Wahai anakku, kebahagiaan terbesarku atasmu adalah karena tugas Ananda untuk agama Allah dan umat Islam pada umumnya.
Dan Wahai anakku, aku tidak akan bertanya kelak di hadapan Allah tentang jarak dan keterpisahanku denganmu, Anakku...  Karena saya tahu di mana dan untuk apa Ananda berada.
Namun wahai Ahmad!
Saya akan meminta Ananda dan membawa Ananda ke hisabku di hadapan Allah karena kedekatan Ananda dengan agama Allah dan jasa para pengikut-Nya di antara saudara-saudara Muslim Ananda.

Semoga Allah selalu menerangi jalan yang Ananda tempuh dengan banyak kebaikan dan semoga Allah selalu memimpin langkah Ananda pada jalan yang lurus dan semoga Allah menyatukan saya dan Ananda di bawah Lindunag Allah yang Maha Penyayang pada Hari di mana tidak ada naungan kecuali dari-Nya.

Was-salamu `Alaykum Warahmatallahi wa barakatuh.
Diterjemahkan dari :
onislam.net/english/shariah/refine-your-heart/personal-experience/483707-ibn-taimiyah-mother-letter-scholar-muslim-woman.html dan m.facebook.com/notes/mutamamul-ula/dari-ibnu-taimiyyah-untuk-sang-bunda/460187063991876/?__tn__=C