Tuesday, February 17, 2015

Albert Einstein, Si Genius yang Rendah Hati !

berbagiyangbaik.blogspot.com

...Einstein selalu berbicara tentang keterbatasannya sementara orang selalu berbicara tentang bakat dan prestasinya. Dia menjelaskan apa yang dia kuasai. Nasibnya menjadi salah satu orang paling terkenal di Bumi, namun ia tetap seorang manusia sederhana dan rendah hati, melihat dirinya sebagai tidak ada yang istimewa !

Albert Einstein, Bapak Fisika Modern penemu Teori Relativitas. Dia tidak dapat menemukan pekerjaan yang sesuai sebagai seorang pemuda. Dia memiliki masalah perkawinan dan masalah dengan anak-anaknya.

Nasionalis Jerman mengejar-ngear dia sampai ia harus melarikan diri ke Amerika. Sebelum kematiannya, ia dituduh oleh intelijen Amerika bersimpati kepada komunis, karena beberapa komentar kritisnya tentang kapitalisme. Dia mengatakan: "Saya dianggap sebagai pembangkang dan penghasut di Amerika ini karena saya tidak bisa diam dan tidak bisa bersabar dengan semua yang terjadi di negara ini."

Meskipun Einstein seorang Yahudi dan Zionis, ia mampu mengubah pandangannya dan menolak ketika ditawari untuk menjadi presiden Israel. Ia mengatakan :" Saya tahu sedikit tentang ilmu pengetahuan, tapi saya tidak tahu apa-apa tentang manusia/orang "

Berbicara di Komite Penyelidikan Anglo-Amerika, ia menyatakan ketidakpuasannya dengan negara Yahudi, dengan mengatakan: "Ide tentang sebuah Negara Yahudi tidak sesuai dengan nurani saya. Saya tidak mengerti mengapa hal itu diperlukan. Saya pikir ini sangat buruk. Saya akan selalu menentangnya ".

Ada sebuah cerita tentang bagaimana Einstein bepergian dengan sopir yang mengantarkannya ke kampus untuk mengajar.

Einstein selalu berbicara tentang keterbatasannya sementara orang selalu berbicara tentang bakat dan prestasinya. Dia menjelaskan apa yang dia kuasai. Nasibnya menjadi salah satu orang paling terkenal di Bumi, namun ia tetap seorang manusia sederhana dan rendah hati, melihat dirinya sebagai tidak ada yang istimewa.

Dia sering berkata:
"Ketika saya masih muda, semua yang saya inginkan dan saya harapkan dari kehidupan ini adalah untuk duduk diam bekerja tanpa masyarakat memperhatikan saya. Dan sekarang, coba lihat apa yang terjadi padaku."

Di sebuah perjalanan, sopirnya mengatakan:
"Dr. Einstein, saya telah menyaksikan Anda memberikan kuliah/ceramah sekitar 30 kali. Saya yakin dan saya berani bertaruh bahwa saya bisa memberikan kuliah seperti yang Anda lakukan."

"Yah, aku akan memberimu kesempatan", Kata Einstein dengan senang hati.

"Nanti di Universitas berikutnya, mereka tidak mengenal saya dengan baik. Kalau kita sampai di sana, aku akan memakai topi Anda seperti seorang sopir, dan Anda memperkenalkan diri sebagai Dr. Einstein dan memberikan kuliah seperti saya," Ujar Einstein. Sang Sopir setuju !

Lalu sang sopir menyampaikan kuliah Einstein dengan sempurna tanpa kesalahan. Ketika ia selesai, salah satu profesor menghentikannya dan mengajukan pertanyaan yang kompleks penuh dengan persamaan matematika dan rumus. Sopir itu lalu berpikir cepat.

"Jawaban untuk pertanyaan Anda sangat sederhana," katanya, "saya terkejut Anda mengajukan pertanyaan semudah itu kepada saya. Bahkan, untuk menunjukkan betapa mudahnya, saya akan meminta sopir saya untuk datang ke sini dan menjawab pertanyaan Anda," Jawab Sang Sopir Einstein.

Einstein bangkit dari tempat duduknya di belakang ruang kuliah dan membuat kagum para peserta kuliah karena dengan mudah dapata menjawab pertanyaan itu.

Tidak ada keraguan bahwa Einstein memberikan kontribusi besar untuk ilmu pengetahuan. Namun, ia tidak mementingkan diri sendiri. Dia tidak pernah mempedulikan pujian orang akan prestasinya. Einstein selalu rendah hati.

Kita harus bisa mengambil peklajaran dari siapa pun. Orang yang beriman harus selalu rendah hati, menyadari kebesaran Allah setiap saat, tidak peduli seberapa besar bakat yang kita miliki dan terlepas dari keberhasilan duniawi kita capai.

Ibnu Atoillah 'as-Sakandari, Sang Pengarang 'Al Hikmah' mengatakan: "Jika Anda diberi ketenaran di awal kehidupan, Anda jarang berhasil di kemudian hari."
Demikian juga Nabi Muhammad, sosok yang sangat rendah hati yang dengan senang hati memperbaiki pakaiannya sendiri, memperbaiki sandalnya sendiri, dan suka bekerja bersama para sahabatnya. Dia uga senang membantu dan meringankan keluarganya dengan pekerjaan rumah tangga. Ketika adzan terdengar, ia akan berangkat ke masjid seperti orang kebanyakan lainnya. Tidak ada sedikit pun kesombongan.
Ketenaran membuat kita fokus sepenuhnya pada diri kita sendiri sehingga kita mengukur nilai orang lain dengan apa yang bisa mereka lakukan untuk kita.
Diterjemahkan sebagian dari: en.islamtoday.net/artshow-242-4955.htm 
Penulis : Shekh Salman al-Oadah

Adakah Kehidupan di luar Bumi ?

berbagiyangbaik.blogspot.com...pada pertemuan American Astronomical Society (AAS) Januari ini, Tim Telescope Kepler NASA mengumumkan penemuan planet ke-1.000 di luar tata surya kita. Sehingga jumlah eksoplanets yang sudah dikonfirmasi berjumlah 1.795 planet, dan kemungkian bisa bertambah 4.000 lagi...!

Al Quran dan Alkitab Ibrani keduanya mengajarkan bahwa Allah yang Mahahidup menciptakan seluruh alam semesta bagi seluruh kehidupan .

Al-Qur'an mengatakan, "Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam" (QS Al-Anbiya : 107). Banyak ahli tafsir mengatakan ini mengacu pada 18.000 makhluk/dunia yang diciptakan oleh Allah. Dunia kita adalah salah satunya. (Mir'at-e-Kainat, vol.1, p.77)
Alkitab Ibrani mengatakan dalam Zabur Nabi Daud, Raja Israel; "Kerajaan-Mu adalah kerajaan semesta alam; dan kekuasaan-Mu adalah untuk semua keturunan "(Mazmur 145: 13).

Pada Januari 2013, para astronom memperkirakan bahwa mungkin ada setidaknya 17 miliar exoplanets seukuran Bumi dalam galaksi kita, Bima Sakti.

Sekarang, dua tahun kemudian, dua studi baru telah menawarkan bukti tambahan yang mendukung sistem tata surya yang mengembang dengan planet seperti bumi sehingga memberikan lebih banyak bukti bahwa alam semesta yang Allah ciptakan dapat dihuni kehidupan.

Pertama, pada pertemuan American Astronomical Society (AAS) Januari ini, Tim Telescope Kepler NASA mengumumkan penemuan planet ke-1.000 di luar tata surya kita. Sehingga jumlah eksoplanets yang sudah dikonfirmasi berjumlah 1.795 planet, dan kemungkian bisa bertambah 4.000 lagi.

Dua puluh tahun yang lalu kita tidak punya bukti sama sekali bahwa sistem planet kita bukanlah satu-satunya di alam semesta. Sekarang kita tahu bahwa bumi kita hanyalah salah satu salah satu dari ribuan planet.

Kedua, Teleskop Ruang Angkasa Kepler telah menemukan bintang dengan tiga planet yang hanya sedikit lebih besar dari Bumi. Planet terluarnya, yang 50% lebih besar dari planet bumi, mengorbit di zona di mana suhu permukaannya bisa cukup moderat untuk air cair dan mungkin layak bagi kehidupan.

Ini berarti bukti bahwa alam semesta penuh dengan kehidupan dengan pengertian kehidupan secara harfiah semakin dekat. Banyak bintang ditemukan berjenis Bintang Merah M-dwarf, sekitar setengah ukuran dan massa matahari kita, sekitar tiga perempat dari bintang-bintang di galaksi kita adalah M-dwarf. Tanda-tanda kehidupan di lain galaksi mungkin berasal dari planet yang mengorbit sebuah M-dwarf.

M-dwarf membakar bahan bakar mereka lebih lambat daripada  bintang yang lebih besar dan dengan demikian memberikan lebih banyak waktu untuk perkembangan kehidupan. Pengamatan dengan HARPS lebih lanjut menunjukkan 40% dari M-dwarf merah memiliki planet "super-Earth" yang mengorbit di zona layak huni di mana air cair bisa eksis di permukaan planet tersebut. 

Pada jarak hanya 150 tahun cahaya, bintang yang termasuk di antara 10 bintang terdekat, diketahui memiliki planet transit. Kedekatannya berarti cukup terang bagi para astronom untuk mempelajari tiga atmosfer tiga planetnya, untuk menentukan apakah  atmosfernya seperti atmosfer bumi dan apakah cukup kondusif untuk berkembangnya bentuk kehidupan multisel.
berbagiyangbaik.blogspot.com
Dengan demikian, meskipun penemuan baru selalu mengubah pemahaman ilmiah alam semesta, Islam percaya bahwa seluruh alam semesta meninggikan dan memuji kemuliaan Allah.
Qur'an menyatakan berulang-ulang, "Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana" (Al Haddid: 1, Ash Shaff : 1, At Taghabun :1).

Diterjemahkan dari : www.onislam.net/english/health-and-science/faith-and-the-sciences/482421-allahs-universe-is-filled-with-life.html

Monday, February 16, 2015

Ayat Imiah Al Quran tentang Efek Tekanan Udara

berbagiyangbaik...Tubuh manusia, kalau diumpamakan sebuah bidang maka luasnya sekitar 1 sampai 2 meter persegi, artinya  secara tidak sadar tubuh kita mendapat tekanan setara 10-20 ton udara !

Dalam Alquran Allah Yang Mahakuasa mengatakan :

"Maka barangsiapa dikehendaki Allah untuk menunjukkannya, Dia akan melapangkan dadanya kepada Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah untuk menyesatkannya, Dia akan menjadikan dadanya sempit lagi sesak, seolah-olah ia sedang naik ke langit" [Al-An'am : 125]

Ayat ini adalah contoh dari keajaiban ilmiah Al-Qur'an, dan juga memberikan bukti yang jelas dari kerasulan Nabi Muhammad.

Sekarang telah terbukti dalam ilmu penerbangan dan ruang angkasa bahwa ketinggian yang luar biasa menyebabkan perubahan fisiologis dalam tubuh manusia yang dimanifestasikan dengan perasaan sesak dan sempit di dada sampai seseorang mencapai tahap kritis yang disebutkan dalam Al Quran : "...menjadikan dadanya sempit lagi sesak, seolah-olah ia sedang naik ke langit"

Hal ini karena semakin tinggi naik ke langit, tekanan atmosfer semakin rendah dan oksigen mulai berkurang.

Jika seseorang naik ke ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut, ia akan merasakan penurunan oksigen dan tekanan atmosfer. Jika ia naik lebih tinggi lagi hingga 16.000 kaki, maka detak jantung meningkat dan pernapasan terengah-engah karena tubuhnya dipaksa menghirup oksigen yang makin menipis.

Jika naik lebih tinggi di ketinggian 25.000 kaki, tubuh akan gagal mengatasi ketinggian yang luar biasa tersebut. Jadi apa yang terjadi?
Gejala berikut ini mulai timbul:
Dada terasa ditekan dan mengerut: "...dadanya sempit lagi sesak, seolah-olah ia sedang naik ke langit".
berbagiyangbaik.blogspot.com

Namun, jika naik lagi lebih dari 25.000 kaki, manusia akan kehilangan kesadaran. Itulah sebabnya pesawat yang terbang lebih tinggi dari 40.000 kaki dilengkapi dengan delapan kali lebih banyak udara seperti keadaan di permukaan bumi, sehingga membuat tekanan di dalamnya sama dengan permukaan bumi, jika tidak penumpang akan kehilangan kesadaran.

Dengan demikian, ayat Al-Qur'an di atas memberikan bukti yang jelas tentang keajaiban Al Qur'an dan Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah.

Yang disebutkan di atas adalah fakta tentang gejala dalam kasus penurunan oksigen, tapi bagaimana gejala dalam kasus penurunan tekanan atmosfer?

Para ilmuwan mengatakan bahwa dengan penurunan tekanan atmosfer semua gas dalam tubuh akan mengembang dan meledak keluar jaringan, demikian juga organ dan bagian tubuh lainnya seperti paru-paru, usus besar, dan telinga tengah.

Bahkan, penurunan tekanan atmosfer memiliki efek tak tertahankan yang serius pada tubuh manusia, terutama sakit perut, sakit usus, sakit telinga, dan nyeri di paru-paru dan sendi. Semua sakit dan nyeri yang tak tertahankan tersebut disebabkan oleh penurunan tekanan atmosfer. 
Tapi pertanyaannya adalah: Bagaimana Rasulullah mengetahui fakta tersebut ?! Apakah dia, atau orang lain pada saat itu, pernah naik ke langit sehingga dapat menggambarkan fenomena alam seperti itu?!
Tak Ada! Tentu saja tidak! Tapi itu adalah Allah, Yang Mahakuasa, yang mengungkapkan kepadanya seperti disebutkan dalam Surat Al-An'am.

Itulah sebabnya Ali ra, berkata: "Dalam Al-Qur'an memang banyak sekali ayat yang belum ditafsirkan!"

Hanya dengan perkembangan ilmu pengetahuan, dan hanya ketika seorang naik ke ketinggian di atas permukaan bumi dengan balon atau pesawat terbang, bisa merasakan fakta-fakta kosmik tersebut.

Ketika kita terbang di pesawat terbang, kita tidak merasakan hal-hal seperti tersebut di atas, karena pesawat dilengkapi alat khusus untuk membuat tekanan di dalam sama dengan tekanan di permukaan bumi.

Jika alat itu tiba-tiba rusak atau kabin kehilangan tekanan, pesawat harus terpaksa mendarat, kalau tidak semua penumpang akan terbunuh.

Unit pengukuran tekanan adalah atmosfer (atm), yang merupakan tekanan atmosfer seberat 1,333 gram pada satu sentimeter persegi, atau berat 76 sentimeter kubik Mercury (Hg) pada satu sentimeter persegi.  Sehingga 1 Atm = 76 cm Hg.

Tubuh manusia, kalau diumpamakan sebuah bidang maka luasnya sekitar 1 sampai 2 meter persegi, artinya  secara tidak sadar tubuh kita mendapat tekanan setara 10-20 ton udara.

Dengan kata lain, di Bumi kita ada di tengah-tengah lautan luas udara, dan masing-masing dari kita mendapat tekanan 10-20 ton udara.

Para ilmuwan berpendapat bahwa tekanan di permukaan bumi adalah sama dengan 3.600.000.000 unit tekanan di atmosfer. Tekanan di permukaan matahari adalah sama dengan 100 miliar unit tekanan atmosfer Bumi.

Tekanan di permukaan bintang neutron, yang pada awalnya sebesar Matahari tapi kemudian menjadi hanya  tinggal 14 kilometr diameternya, adalah satu juta juta miliar unit tekanan atmosfer Bumi.

Berlian adalah unsur yang paling keras di Bumi, diperkirakan berlian telah mengalami 4 juta unit tekanan atmosfer bumi atau lebih dari itu dari pusat bumi.

Tetapi beberapa pusat penelitian ilmiah telah mampu menekan arang hingga 5000 unit pada suhu 2000 derajat Celcius dan membuat apa yang disebut sebagai "berlian buatan".

Ilmu kedokteran juga telah menemukan bahwa obat-obatan cair lebih menguntungkan daripada obat obatan yang dibuat dengan tekanan tinggi, karena tekanan dapat mempengaruhi sifat materi.
Fakta lain yang ingin diajukan kepada kita, karena ternyata tekanan sangat bermanfaat dalam menciptakan sesuatu yang berharga. Iman yang benar kepada Allah dan Rasul-Nya, juga akan terus diuji dengan musibah bencana sampai kita menadi seorang mukmin sejati, menjadi orang yang brilian, seperti berlian...insya Allah.
Translated From : onislam.net/english/health-and-science/faith-and-the-sciences/482909-scientific-signs-in-quran-atmospheric-pressure.html , Khaled Al-Athmeh Translator

Tips Belajar Metode BrainBooster ™

berbagiyangbaik.blogspot.com

Otak kita tidak tahu apa yang tidak dapat kita lakukan sampai kita mrngirimkan pesan kepadanya. Hentikan pikiran-pikiran negatif. Ajaklah otak anda bicara hal-hal yang baik, lebih positif dan menggembirakan.

1. Otak kita sangat menyukai warna. Gunakan pena berwarna dengan kualitas yang baik atau menggunakan kertas berwarna dalam menulis. Warna membantu daya memori kita.

2. Otak orang dewasa secara efektif bisa fokus dan berkonsentrasi hingga 25 menit ketika belajar. Istirahatlah 10 menit setelah setiap 20-30 menit belajar. Kerjakan beberapa tugas, misalnya menyapu halaman, menyetrika, lalu Kembali belajar lagi dan berkonsentrasi.

3. Otak kita perlu beristirahat untuk belajar dengan cepat dan mengingat dengan baik. Jika kita lelah istirahatlah 20 menit untuk tidur siang daripada membuang-buang waktu untuk terus belajar di saat kita sedang kelelahan.

4. Otak kita seperti motor: perlu bahan bakar. Otak kita adalah sebuah 'mesin' yang sangat rumit, jadi makanlah makanan yang bergizi. Junk food dan semua bahan kimia dan pengawet dalam makanan melemahkan tubuh dan pikiran kita. Bahkan, sebuah penelitian terbaru di Inggris menunjukkan bahwa IQ kita dipengaruhi oleh pola makan kita.

5. Otak kita seperti lautan elektro-kimia. Listrik dan bahan kimia mengalir lebih baik dalam air. Jika kita mengalami dehidrasi kita tidak akan fokus dan sulit konsentrasi. Minumlah cukup air. ( Maksudnya tentu saa air putih, bukan jus atau kopi ). Sering kali sakit kepala juga berhubungan dengan dehidrasi.

6. Otak kita menyukai pertanyaan. Ketika kita bertanya sesuatu baik di kelas maupun saat membaca buku, otak kita secara otomatis mencari jawaban, membuat pembelajaran lebih cepat. Sebuah pertanyaan yang baik memiliki lebih dari satu jawaban.

7. Otak dan tubuh kita memiliki siklus ritme mereka sendiri: saat siang hari ketika kita lebih waspada daripada waktu yang lain. Kita akan menghemat waktu belajar jika kita belajar selama periode puncak kita. Kapan saat-saat terbsik untuk belaar, akan kita bahas nanti di lain kesempatan :)

8. Otak kita dan tubuh berkomunikasi terus-menerus. Dalam setiap situasi belajar, duduk dan bersandarlah dengan baik dan tegap ke depan untuk membantu pikiran kita tetap waspada. Pakailah kursi yang baik untuk belajar.

9. Otak kita dipengaruhi oleh bau. Gunakan aromaterapi untuk tetap menjaga otak kita tetap wasapada. Cobalah gunakan aroma peppermint, lemon dan kayu manis untuk mengharumkan ruangan belajar.

10. Otak kita membutuhkan oksigen. Rajinlah olahraga dan hirup udara segar.

11. Otak kita membutuhkan ruang. Pastikan bahwa kita tidak belajar di ruangan yang sempit dan kecil.

12. Otak kita juga membutuhkan keteraturan. Satu studi terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan yang rapi, di keluarga yang teratur dan rapi lebih baik secara akademis. Mengapa? Karena dengan dilatih untuk mengatur lingkungan luar, otak belajar untuk mengatur pengetahuan internalnya ... yang membuat ingatan lebih cepat.

13. Sel otak di dalam hippocampus, bagian dari otak yang berhubungan dengan penempatan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang, banyak dirusak oleh kortisol, yang ditimbulkan ketika kita sedang stres. Jadi, stres sangat mempengaruhi memori. Bagaimana kita menyingkirkan kortisol ? Beratihlah mengendalikan stres !.

14. Otak kita tidak tahu apa yang tidak dapat kita lakukan sampai kita mrngirimkan pesan kepadanya. Hentikan pikiran-pikiran negatif. Ajaklah otak anda bicara hal-hal yang baik, lebih positif dan menggembirakan.

15. Otak kita seperti otot: dapat dilatih dan diperkuat, pada usia berapa pun. Tidak ada alasan. Atlet profesional berlatih setiap hari; kita dapat berlatih dan belajar dengan PR setiap hari. Jika tidak ada sesuatu yang bisa anda kerjakan buatlah beberapa kegiatan untuk diri sendiri, membaca, mengulang kembali apa yang sudah anda baca, intinya lakukan sesuatu !.

16. Otak kita membutuhkan pengulangan. Lebih baik mengulang-ulang ulasan yang pendek daripada satu ulasan panjang, karena yang penting adalah berapa kali otak kita melihat sesuatu, bukan berapa lama melihatnya dalam satu kali kesempatan.

17. Otak kita bisa mengerti lebih cepat daripada apa yang dapat kita baca. Gunakan pensil atau jari untuk menuntun mata kita. Dengan demikian kita membantu mata kita bergerak lebih cepat.

18. Otak Anda membutuhkan gerakan, sebagian orang mungkin akan belajar dengan lebih baik sambil tetap aktif. Aktivitas fisik telah terbukti dalam berbagai penelitian dapat mengurangi tekanan mental, kecemasan, dan gejala depresi. Anda mungkin perlu meja belajar model berdiri sehingga bisa bergerak lebih mudah dan tetap waspada.

19. Otak kita mencari pola dan koneksi. Ketika kita belajar sesuatu, tanyakan pada diri sendiri, "Apa ini mengingatkan saya pada...?" Ini juga akan membantu memori kita karena menghubungkan pengetahuan baru dengan sesuatu yang kita sudah tahu.

20. Otak kita menyukai hal-hal menyenangkan. Jadikan belajar sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Copyright 2004 oleh Tonia E. Chrapko, B.Ed.
Pencipta DVD seri BrainBooster ™