Monday, November 23, 2015

Berapa Lama Nikotin Berada di dalam Tubuh ?

berbagiyangbaik.blogspot.com

'''...Tahukan Anda, Nikotin terjebak di folikel rambut Anda bahkan sampai bertahun-tahun...? '''

Nikotin adalah salah satu zat legal yang paling adiktif yang dikenal di dunia. Setiap tahun jutaan orang menjadi kecanduan dan jutaan orang lainnya berjuang melawan kecanduan ini.

Nikotin umumnya dihirup melalui asap rokok dan setelah terhirup masuk ke dalam paru-paru kemudian diproses ke dalam aliran darah. Karena nikotin adalah zat beracun dan tubuh mengenalinya sebagai racun, maka tubuh akan memprosesnya melalui hati dan kemudian keluar melalui ginjal. Rata-rata sebatang rokok mengandung 1 sampai 2 mg nikotin. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan nikotin keluar dari tubuh kita ? 

Nikotin dalam tubuh manusia 
Layaknya zat additive lainnya, ada beberapa cara bagi Nikotin untuk terserap dalam tubuh manusia, yaitu melalui kulit, paru-paru dan mucous membranes, misalnya pada bagian dalam mulut, atau lapisan dalam hidung kita.
Setelah terserap melalui salah satu cara diatas, Nikotin akan masuk ke dalam system peredaran darah menuju ke otak dan diedarkan ke seluruh system tubuh. Merokok, atau proses inhalasi, adalah cara yang paling umum dan tercepat bagi Nikotin untuk terserap dalam darah. Paru-paru kita mengandung banyak alveolus. Alveolus adalah semacam kantung kecil, tempat terjadinya pertukaran antara udara kotor dan bersih yang kita hisap. Setelah berada dalam system peredaran darah, Nikotin dengan cepat akan sampai ke otak, dan bereaksi dengan sel-sel otak sehingga terciptalah perasaan nyaman tersebut. Dibutuhkan 5-15 detik setelah setelah hisapan pertama bagi Nikotin untuk bereaksi dalam tubuh (otak) kita. Dalam satu kali merokok, kira-kira 0,031 mg Nikotin yang akan tertinggal dalam tubuh manusia. 
  
Bagaimana tubuh memproses Nikotin ?
Di dalam organ hati, enzyme yang disebut sitokrom P450 akan mencerna sekitar 80% nikotin akan menjadi Kotinin. Proses metabolisme Nikotin terjadi di dalam paru-paru. Disini, Nikotin akan diubah menjadi Kotinin dan Nikotin oksida. Kotinin dapat dikeluarkan melalui urin. Itulah mengapa, urin seorang perokok akan menimbulkan bau yang sangat tajam. Kotinin memiliki waktu paruh 24 jam. Artinya, 24 jam setelah merokok, zat kotinin dalam tubuh akan tersisa setengahnya. Nikotin yang tersisa dalam darah, juga akan disaring di dalam ginjal dan akan dikeluarkan melalui urin.

Tubuh Anda akan mencoba untuk menghapus semua jejak nikotin dari sistem tubuh karena beracun. Namun, ini tergantung pada dua faktor utama : Berapa lama dan berapa banyak Anda telah menggunakan produk bernikotin.
Berapa lama tembakau tinggal di sistem tubuh kita ? Normalnya, kurang dari 24 jam. Sistem tubuh kita akan membersihkan sebagian besar nikotin dalam waktu 48 jam setelah rokok yang terakhir. Meskipun ada faktor fisiologis dan lainnya yang dapat menunda atau mempercepat pembersihan dari nikotin tersebut.

Berapa lama nikotin berada di dalam tubuh ?

Nikotin dalam Darah
Saat lab menguji kadar nikotin, biasanya nikotin akan hilang dalam waktu 1-3 hari setelah berhenti merokok. Jika lab menguji untuk kadar kotinin, kotinin akan terus terdeteksi selama 1-10 hari setelah penggunaan tembakau yang terakhir.

Nikotin dalam Urin
Kadar nikotin dan kotinin dalam urin biasanya tidak terdeteksi dalam waktu 3-4 hari setelah berhenti merokok. Namun, bagi perokok pasif, tes urin nikotin bisa positif selama 15 sampai 20 hari. Kotinin juga bisa lebih lama untuk dibuang bila menggunakan rokok mengandung mentol. Jika Anda seorang perokok biasa, mungkin diperlukan 1-2 minggu; jika Anda perokok berat, mungkin diperlukan lebih dari 20 hari agar hasil tes urine Anda benar-benar bersih.

Nikotin dalam air liur
Di air liur kotinin dapat terdeteksi sampai 4 hari. Oral test dianggap paling akurat untuk test kadar nikotin dan dapat mendeteksi sampai level 0 - 2,000 ng/ml. Untuk kisaran lebih rendah lagi, analisis urin akan dapat mendeteksinya. Tes air liur akan menguji cotinine karena nikotin dapat diuji melalui oral selama sekitar 10 jam dan cotinine berada di air liur selama 2 sampai 4 hari.

Nikotin di Rambut
Tes kandungan nikotin di dalam folikel rambut bisa dilakukan selama berbulan-bulan setelah merokok. Ini merupakan tes khusus yang digunakan bila tes lain mempunyai hasil yang kurang memuaskan. Jenis tes ini mahal dan tidak sering digunakan. Ini mengidentifikasi jejak nikotin melalui folikel rambut. Test ini sangat akurat dan akan mendeteksi kandungan nikotin dalam 3 bulan terakhir dan bahkan sampai satu tahun. Secara umum, rambut akan dicabut dari kulit kepala dan digunakan untuk pengujian. Jika kepala botak, maka rambut dari bagian lain dari tubuh dapat digunakan juga.

Cara cepat mengeluarkan Nikotin dari tubuh...
Seperti semua zat yang masuk ke dalam tubuh, nikotin harus dimetabolisme untuk keluar dari tubuh. Jika Anda aktif melakukan apa saja untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda, itu akan sangat membantu membersihkan baik nikotin dan cotinine dari sistem tubuh.

1. Berolahraga adalah cara yang bagus untuk membantu meningkatkan aktivitas jantung Anda dan maenaikkan metabolisme tubuh. Ini adalah cara yang bagus untuk membantu membersihkan nikotin dari sistem tubuh kita..

2. Karena nikotin larut dalam air, minumlah banyak air karena akan sangat membantu mengeluarkan kandungan nikotin dari dalam tubuh. Minum 8-10 gelas air per hari adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh secara alami dari racun.

3. Vitamin C menghancurkan nikotin. Dengan minum suplemen vitamin C metabolisme tubuh akan meningkat, vitamin C juga antioksidan yang bagus dan akan membantu nikotin keluar dari tubuh kita.

4. Berhentilah merokok sekarang, meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Hanya berhenti merokok yang dapat benar-benar mengeluarkan nikotin tubuh kita secara penuh.

http://www.enkivillage.com/how-long-does-it-take-for-nicotine-to-get-out-of-your-system.html







Posted by Atoillah Ade | Berbagi Kebaikan

Terima Kasih telah membaca artikel Berapa Lama Nikotin Berada di dalam Tubuh ?, Posting oleh Atoillah Ade, Monday, November 23, 2015. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

2 comments:

  1. Anda sudah bosan dan malas karena kalah terus....

    Mari gabung bersama dengan kebunpoker.net

    rasakan sensasi permainan yang menarik dan spektakuler

    http://suararumput.com/beberapa-tempat-yang-menyerupai-planet-asing/
    http://suararumput.com/keajaiban-dunia-laut-dalam/

    contact us :
    Telepon : +855967107957
    BBM : 2BE3264A

    ReplyDelete
  2. Anda sudah bosan dan malas karena kalah terus....

    Mari gabung bersama dengan kebunpoker.net

    rasakan sensasi permainan yang menarik dan spektakuler

    http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/10/robben-belum-ditawari-kontrak-baru-di.html
    http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/10/ronald-koeman-dalam-bahaya.html

    contact us :
    Telepon : +855967107957
    BBM : 2BE3264A

    ReplyDelete