Wednesday, March 25, 2015

Yang Perlu Anda Tahu dari Masjidil Aqsa !

berbagiyangbaik.blogspo.com' ' ' Hanya ada satu tempat di dunia ini yang paling diperebutkan dan itu adalah Masjidil Aqsa di Yerusalem, selama ribuan tahun, orang-orang mengorbankan nyawa untuk berebut tempat ini dan berusaha memegang kontrol atasnya ' ' '

Bagi umat Islam, tempat ini sangat penting. Ini adalah tempat yang paling suci ketiga dalam Islam, tempat Nabi Muhamad saw diangkat ke langit dalam perjalanan Isra dan Miraj. Masjidil Aqsa juga tempat pertemuan paling luar biasa dalam sejarah umat manusia - ketika setiap Nabi yang pernah hidup berkumpul untuk salat di belakang Nabi Muhammad saw. Namun, berikut adalah beberapa hal yang mungkin belum kita tahu tentang Masjidil Aqsa: 

1. Masjidil Aqsa adalah Kumpulan Masjid 
berbagiyangbaik.blogspo.com
Ya, ada beberapa masjid di situs yang kita kenal sebagai Masjidil Aqsa. Banyak orang mengira Masjidil Aqsa sebagai bangunan yang terletak di sudut selatan Masjid. Pada kenyataannya, itu adalah masjid Qibly, disebut demikian karena itu adalah yang paling dekat dengan kiblat. Seluruh dataran tinggi itu adalah Masjidil Aqsa dan kadang-kadang disebut Haram Al-Sharif untuk menghindarkan kebingungan. Tapi ada beberapa masjid lain di situs tersebut yang biasanya dihubungkan dengan insiden sejarah misalnya Masjid Buraq, Masjid Marwani dan beberapa masjid lagi. 

2. Masjidil Aqsa adalah Tanah Pemakaman 
Tidak ada catatan berapa banyak nabi dan Sahabat Nabi Muhammad saw yang dimakamkan di sana, tetapi pasti ada banyak. Misalnya, Nabi Sulaiman as mungkin dimakamkan di sana karena kita tahu bahwa para nabi selalu dikuburkan di mana ia meninggal, Nabi Sulaiman as meninggal ketika sedang mengawasi pembangunan salah satu masjid di sana. 

3. Masjidil Aqsa Sebelumnya adalah Tempat Pembuangan Sampah 
Dalam periode waktu ketika tidak ada orang Yahudi diizinkan untuk tinggal di kota, penduduk terutama suku bangsa Romawi, menggunakan area masjid sebagai tempat pembuangan sampah. Ketika Umar ra membebaskan kota itu, ia membersihkan sampah dengan tangan kosong. Dia juga mengakhiri pengasingan berabad-abad orang Yahudi dan mengundang 70 keluarga pengungsi dari desa terdekat ke Yerusalem dan memberi mereka hak untuk kembali setelah berabad-abad di pengasingan. Kebaikan dan kemuliaan Islam yang telah dilupakan kaum Yahudi. 
.
4. Tempat Al Ghazali Hidup dan Menulis Ihya Ulumuddin 
Apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa Al-Ghazali, untuk sementara waktu, tinggal di masjidil Aqsa dan menulis buku. Sebuah bangunan di masjid ditandai sebagai lokasi kamar lamanya. Di sanalah dia menulis salah sebuah buku yang paling terkenal dalam literatur Islam, Ihyaa Ulummuddin 

5. Pernah dipakai sebagai istana, dan kandang kuda. 
Pada Jumat, 15 Juli 1099 saat Perang Salib yang pertama mengepung Yerusalem
berbagiyangbaik.blogspo.com
selama enam minggu, setelah itu kota itu jatuh. Dipimpin oleh Tancred, Tentara Salib terpojok dekat Masjid Kubah Batu dan dilucuti semua persenjataan, emas dan peraknya. Kaum Muslim melarikan diri ke masjid besar lainnya dari al-Aqsa sebelum menyerah dan setuju untuk membayar uang tebusan kepada Tancred, yang terbukti sangat tidak dapat dipercaya. Keesokan paginya Tentara Salib kembali memasuki Masjidil Aqsa dan membantai semua orang. Tidak ada yang tahu persis berapa banyak yang dibantai, tetapi banyak sejarawan memperkirakan bahwa lebih dari 70.000 orang meninggal. 
Salah satu Tentara Salib bersaksi bahwa berjalaan melalui simbahan darah dan tumpukan mayat lebih dari tinggi lututnya. Kaum Muslim yang selamat dari pembantaian kemudian disalibkan di salib besar yang ditempatkan di dekat pusat masjid. Dasar salib masih dapat dilihat di sana hingga hari ini dan ini adalah sisa-sisa salib yang telah dihancurkan oleh Salahuddin Ayyubi setelah merebut kembali kota Yerusalem. 
6. Di sini Ada Mimbar Legendaris 
berbagiyangbaik.blogspo.com
Nooruddin Zengi, salah satu pahlawan terbesar dalam sejarah Islam, memiliki mimbar khusus yang dibangun untuk dipasang di Masjidil Aqsa saat direbut kembali pada dari Tentara Salib. Mimbar ini tidak hanya cantik, tapi itu dibuat tanpa menggunakan paku atau lem sama sekali. Sayangnya Nooruddin tidak sempat melihat kemenangan, tapi anak didiknya Salahuddin memenuhi keinginan gurunya, dan setelah membebaskan Yerusalem untuk ke-2 kalinya dalam sejarah Islam, dipasanglah mimbar tersebut. Sayangnya, mimbar ini tidak bertahan dalam peristiwa pembakaran Masijidil Aqsa oleh Zionis. 

7. Kubah Batu Luar Biasa Indah 
berbagiyangbaik.blogspo.com
Kubah Batu/Qubbah As-Sakhrah, mungkin kubah pertama yang pernah dibangun dalam sejarah Islam, dibangun oleh Khalifah Umayyah Abdulmalik bin Marwan. Ini adalah gabungan seni kayu dan kerajinan kuningan, timah dan keramik, tapi hampir seribu tahun kemudian pada masa pemerintahan Khalifah Ottoman Suleiman, lapisan emas khas ditambahkan ke kubah bersama dengan ubin Ottoman untuk fasad bangunan. 

8. Masjidil Aqsa Pernah Dibakar 
Tanggal 21 Agustus tahun 1969, dibakar oleh rezim Zionis. Akibat kebakaran ini, Masjid al-Aqsa mengalami kerusakan berat dan menghancurkan Mimbar Nooruddin Zengi dan Masjid Qibly. Rezim Zionis menyatakan bahwa pelaku pembakaran itu seorang turis asal Autralia yang kemudian ditangkap dan diadili. Namun, pengadilan sandiwara yang dilaksanakan di Tel Aviv memutuskan bahwa turis tersebut mengalami gangguan jiwa dan karena itu dia dibebaskan. Menanggapi kejadian pembakaran ini, rakyat muslim di berbagai penjuru dunia melakukan demonstrasi. Selain itu, pembakaran masjid al-Aqsa ini mendorong pemerintah negara-negara Muslim mendirikan Organisasi Konferensi Islam dengan tujuan untuk mengadapi bahaya yang mengancam dunia dan kesucian Islam. Kini masjid itu telah dibangun kembali, tetapi serangan terhadap situs paling suci ketiga dalam Islam dan kiblat pertama kaum Muslimin terus dirongrong hingga hari ini. Penggalian yang merusak fondasi seluruh Masjid, kunjungan yang tidak sah, dan ancaman setiap hari dari Israel untuk membangun kembali kuil terus mengancam keberadaan masjid. 

muslimmatters.org/2014/02/14/8-things-didnt-know-masjid-al-aqsa/

Posted by Atoillah Ade | Berbagi Kebaikan

Terima Kasih telah membaca artikel Yang Perlu Anda Tahu dari Masjidil Aqsa !, Posting oleh Atoillah Ade, Wednesday, March 25, 2015. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

4 comments: