Friday, March 27, 2015

Mengapa Masjidil Aqsa Begitu Istimewa ?

http://berbagiyangbaik.blogspot.com/

' ' ' Masjidil Aqsa adalah masjid yang sangat tua, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Masjidil Aqsa merupakan masjid kedua yang di bangun di muka bumi ini sejak bumi diciptakan. '  '  '

Diriwayatkan oleh Abu Dzar r.a., ia berkata “Saya bertanya kepada Rasulullah SAW perihal masjid yang pertama kali dibangun di bumi.” Beliau menjawab,” Masjidil Haram “. Saya bertanya lagi ,”kemudian apa lagi, ya Rasulullah? Beliau menjawab,” Masjidil Aqsa”. Lalu saya bertanya lagi,” berapa jarak antara keduanya ?” Nabi SAW menjawab,” empat puluh tahun. kemudian semua permukaan bumi ini dijadikan masjid bagimu, jika engkau mendapati waktu shalat maka shalatlah di permukaannya, karena disanalah terdapat keutamaan”.
Masjidil Aqsa sangatlah istimewa dan luar biasa, bahkan karena sangat istimewanya, setiap bagian dari   Masjidil Aqsa seperti dapat menceritakan kisah dan riwayatnya masing-masing, beberapa di antaranya dalah seperti uraian yang akan kita baca ini,...
Masjidil Aqsa bukan hanya masjid Qibly, dengan kubah perak hitamnya atau Dome of the Rock. Masjidil Aqsa sebenarnya adalah seluruh wilayah yang diberi garis merah pada gambar di atas yang juga dikenal sebagai Baitul Maqdis. Nama 'Masjidil Aqsa' diterjemahkan sebagai 'masjid terjauh " dan merupakan tempat yang paling suci ketiga dalam Islam. Di sinilah sekitar tahun 621 Nabi Muhammad saw datang pada malam perjalanan Isra Miraj.

Masjidil Aqsa bukanlah masjid biasa. Beberapa alasan mengapa Masjidil Aqsa sangat penting dan begitu berharga adalah :
1. Masjidil Aqsa adalah kiblat pertama bagi umat Islam
2. Masjidil Aqsa adalah bagian dari Peristiwa Isra dan Mi'raj
3. ' Rumah Kedua 'Allah yang dibangun di atas bumi
4. Tempat ratusan Rasul Allah dan banyak sahabat dimakamkan
5. Sebuah tempat di mana mukjizat ditunjukkan oleh kehendak Allah
6. Tempat yang Allah sendiri menyebutnya sebagai ' tempat yang yang diberkahi '
7. Yang disebut baik secara langsung dan tidak langsung 70 kali dalam Al Quran
8. Tempat di mana malaikat telah turun membawa pesan Allah
9. Satu-satunya tempat di bumi di mana semua Rasul Allah berdoa pada saat  
    yang sama yang dipimpin oleh Nabi Muhammad saw.
10. Satu-satunya masjid yang disebutkan namanya dalam Al-Quran selain Ka'bah.

http://berbagiyangbaik.blogspot.com/Kebanyakan orang Yahudi yang religius menganggap masuk ke kompleks Al-Aqsa, yang mereka sebut Kuil Gunung sebagai pelanggaran hukum Yahudi. Larangan ini didasarkan pada keyakinan bahwa meskipun Kuil Sulaiman hancur beberapa abad yang lalu, lokasi yang tepat dari Bait Suci, tempat Imam Kudus mereka pernah berada tidaklah diketahui. Oleh karena itu pembatasan diterapkan ke seluruh kompleks. Mereka percaya bahwa Bait Suci hanya boleh dibangun setelah kedatangan Mesias mereka. Namun, ada beberapa kelompok Yahudi yang berbeda dari pendapat ini. Banyak juga orang Kristen menganggap itu sebagai prasyarat untuk Armageddon dan Kedatangan Kedua Yesus, dan keduanya secara aktif mendorong pembangunan kembali Bait Allah di tanah Al-Aqsa.

Tampak depan Masjidil Aqsa
http://berbagiyangbaik.blogspot.com/Struktur dengan kubah perak/abu-abu  di depan Masjidil Aqsa dikenal sebagai masjid 'Qibly' karena terletak paling dekat dengan kiblat. Bagian depan Masjidil Aqsa sejajar langsung dengan Ka'bah di Makkah.

Perjalanan ke Yerusalem disebutkan dalam Surah al-Isra (juga dikenal sebagai Surah Bani Israel dalam Quran: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
  
Ketika Umar ra memasuki tempat kudus al-Aqsa di tahun 638 dia terkejut menemukan tempat itu dipenuhi dengan sampah karena orang-orang Romawi telah menggunakan kompleks tersebut sebagai pembuangan sampah. Khalifah Umar lalu berlutut segera dan dengan tangannya sendiri mulai membersihkan daerah tersebut, lalu diikuti Kaum Muslimin lainnya dan segera seluruh wilayah dibersihkan. Mereka kemudian berjalan lebih jauh, dekat dengan mimbar Dawud, lalu mendirikan sholat dua rakaat dengan membacakan Surat Sa'ad di rokaat pertama dan Surat Al-Isra di rokaat kedua  yang mengisahkan Isra 'Mi'raj.

Lalu ia bertanya kepada Ka'b al-Ahbar, mantan rabbi Yahudi yang telah memeluk Islam, "Di mana saya harus membangun mihrab ?", "Di balik batu," jawab Ka'b, "sehingga Anda akan punya dua qiblat, "yaitu kiblat dari Musa dan kiblat dari Muhammad. Umar berkata kepada Ka'b, "Kau berbicara seperti orang-orang Yahudi. Kami akan membangunnya di depan Batu. Seluruh situs adalah bagian dari masjid. Oleh karena itu, mimbar kita harus di bagian yang terbaik, yang di bagian depan. "

Umar ra lalu menugaskan pembangunan sebuah masjid kayu yang bisa menampung 3.000 jamaah di ujung selatan dari kompleks di mana sekarang masjid Qibly berdiri. Dengan demikian Umar telah mengembalikan kesucian dan kemurnian ibadah masa lalu, yang telah ditinggalkan baik oleh Kristen dan Yahudi.

Keutamaan berdoa di Masjidil Aqsa :
Abu Darda (ra dengan dia) menceritakan bahwa Nabi Muhammad mengatakan, "Doa di Makkah bernilai 100.000 kali, doa di Masjid saya (Madina) bernilai 1.000 kali, dan doa di Masjidil Aqsa bernilai 500 kali lebih daripada di tempat yang lain.
Basement Masjid al-Aqsa
http://berbagiyangbaik.blogspot.com/
Pilar-pilar batu di sebelah kanan diyakini didirikan oleh kawanan jin pada zaman Nabi Sulaiman. Mihrab kecil di sudut tembok dianggap menjadi tempat Maryam menerima dari musim buah-buahan saat dia mengandung Nabi Isa.

Dalam Surat Saba  Allah menyebutkan:
...Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. (Surat Saba :12-13)

Ada kamar yang berdekatan yang dilapisi kisi-kisi (ditampilkan inset) di lantai bawahnya dibakar minyak untuk menghangatkan dan menerangi masjid.

Diriwayatkan dari Maimunah Binti Sa'ad, hamba sahaya Rasulullah, dia berkata , 
" Wahai Rasulullah , berikanlah fatwa kepada kami mengenai Baitul Maqdis ." Beliau menjawab , " Negeri tempat dikumpulkannya dan disebarkannya manusia. Maka datangilah dan sholatlah didalamnya. karena sholat di dalamnya seperti seribu kali sholat di tempat lainnya . " Aku bertanya apa pendapatmu jika aku tidak bisa melalukannya ? " Beliau berkata lagi , " Maka berikanlah minyak untuk penerangannya. Barangsiapa yang melakukan hal itu, maka dia seolah telah mendatanginya." ( Imam Ahmad, Ibnu Majah, Sunan Abu Dawud dan al-Tabarani )

Istana Nabi Sulaiman yang dikenal sebagai Solomon Temple (Kuil Sulaiman) oleh bangsa Yahudi. Dipercayai didirikan pada tahun 960 sebelum Masihi. Namun, 370 kemudian, istana ini dimusnahkan oleh bangsa Babylon yang menaklukkan Yerusalem.

Tetapi, setelah Bangsa Persia mengalahkan Jerusalem, mengahancurkan hampir seluruh gereja dan mengusir orang Yahudi dan mengusir keluar bangsa Babylon, mereka mendirikan kembali Kuil Sulaiman setelah 70 tahun kemusnahan pertama.

Pada tahun 70 Masehi, sekali lagi kuil itu dimusnahkan oleh Romawi. Kali ini, mereka meratakannya dengan tanah. Dan sejak itu jugalah, kaum Yahudi tidak pernah jemu untuk mencari dan membangun kembali kuil tersebut hingga hari ini.

Mengapakah ia begitu penting buat Yahudi ?
Kajian ahli arkeologi dan pakar sejarah yang kebanyakannya terdiri daripada bangsa Yahudi mengesahkan bahawa tapak Kuil Sulaiman terletak di bawah Masjidil Aqsa, kiblat pertama umat Islam. Sejak bertahun-tahun lamanya, Yahudi sewenang-wenang penggalian di bawah Masjidil Aqsa. Semakin hari, semakin kuat harapan Yahudi agar kuil itu segera ditemukan.
 http://berbagiyangbaik.blogspot.com/
Ini karena bagi Yahudi, kuil itu adalah pusat dunia dan di situlah konon akan lahir 'Messiah', pemimpin dan pembela kaum Yahudi yang dinanti-nantikan selama ini.

Sewaktu kongres pertama Zionis di Switzerland pada tahun 1897, seorang pendeta Yahudi telah menyeru bangsa Yahudi agar kembali ke tanah Palestina. Penyelamat bangsa mereka akan muncul di situ. Untuk itu, Kuil Sulaiman harus dibangun untuk menyambut kedatangan Messiah mereka.
Mereka percaya di bawah Masjidil Aqsa terkubur Kuil Sulaiman. Untuk itu, masjid suci umat Islam itu harus diruntuhkan untuk membangun kembali Kuil Sulaiman. Beberapa pendapat mengatakan, 'Messiah' yang dianggap Tuhan dan ditunggu-tunggu oleh bangsa Yahudi adalah Dajjal yang akan menyesatkan umat Islam.
 
Diterjemahkan dari : islamiclandmarks.com, sentiasapanas.com/2014/03/kuil-sulaiman-dan-agenda-jahat-yahudi.htm

Posted by Atoillah Ade | Berbagi Kebaikan

Terima Kasih telah membaca artikel Mengapa Masjidil Aqsa Begitu Istimewa ?, Posting oleh Atoillah Ade, Friday, March 27, 2015. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment