Sunday, December 28, 2014

Berhenti Merokok Sekarang, atau....

berbagiyangbaik.blogspot.com

Saksikan bagaiman rokok merusak Anda...Saksikan video ini, ketika rokok dibakar satu persatu lalu asapnya dialirkan ke sebuah botol yang berisi air bersih lalu berubah kotor dan hitam....Lalu airnya dipanaskan dan diendapkan kotorannya....dan yang tersisa adalah.....

Efek merokok pada kesehatan manusia sangat serius dan mematikan. Ada sekitar 4000 bahan kimia dalam rokok, ratusan diantaranya sangat beracun. Kandungan dalam rokok mempengaruhi semua fungsi internal organ tubuh yang akhirnya merusak efisiensi sistem kekebalan tubuh. Efek dari merokok sangat  merusak dan luas.

Efek Merokok pada Tubuh Manusia
Bahan Beracun dalam asap rokok menyebar ke seluruh tubuh, menyebabkan kerusakan dalam beberapa cara yang berbeda.

  • Nikotin mencapai otak dalam waktu 10 detik setelah asap  dihirup. Telah ditemukan nikotin di setiap bagian dari tubuh dan dalam ASI seorang perokok.
  • Karbon monoksida mengikat hemoglobin dalam sel darah merah, dan menghambat  sel-sel darah merah membawa oksigen lebih banyak.
  • Bahan-bahan karsinogen dalam tembakau merusak gen penting yang mengendalikan pertumbuhan sel, menyebabkan mereka tumbuh tidak normal atau bereproduksi terlalu cepat.
  • Zat karsinogen  benzoa pyrene mengikat sel-sel di saluran udara dan organ utama perokok.
  • Merokok mempengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan risiko infeksi pernafasan dan infeksi lainnya.
  • Ada beberapa kemungkinan bagaimana cara asap rokok  merusak. Salah satunya adalah merokok menimbulkan stress oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak. Stres oksidatif akan menyebakan mutasi pada DNA, yang akhirnya akan menyebabkan aterosklerosis dan cedera paru-paru kronis. Stres oksidatif juga dianggap sebagai mekanisme yang umum di balik proses penuaan, berkontribusi terhadap perkembangan kanker, penyakit jantung, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik ( COPD )
  • Tubuh memproduksi antioksidan untuk membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Perokok memiliki tingkat antioksidan dalam darah yang lebih rendah  daripada bukan perokok.
Apa yang sebenarnya kita  hirup saat merokok?
Ketika kandungan kimia dalam rokok kita  hirup, zat-zat ini mengirimkan ribuan racun,logam beracun dan zat-zat karsinogen mengalir melalui aliran darah di setiap kepulan asap yang kita hisap. Dan bahan kimia tersebut mempengaruhi segala sesuatu dari mulai tekanan darah dan denyut nadi juga bagi kesehatan organ tubuh kita dan sistem kekebalan tubuh.
Mari kita lihat lebih dekat pada beberapa bahan kimia berbahaya dalam rokok dan bagaimana mereka mempengaruhi kesehatan kita.

Bahan Karsinogen
Karsinogen didefinisikan sebagai zat yang dapat menyebabkan atau memperburuk kanker. Sekitar 60 bahan kimia dalam rokok diketahui menyebabkan kanker.

  • Tobacco-specific N-nitrosamines (TSNAs): dikenal sebagai karsinogen paling potensial dan ada dalam tembakau tanpa asap, tembakau dan asap tembakau.
  • Benzena: dapat ditemukan dalam pestisida dan bensin. Asap rokok mengandung benzena dalam kadar yang tinggi dan menyumbang setengah dari semua paparan bahan kimia berbahaya dalam asap rokok.
  • Pestisida: Terhirup ke dalam paru-paru  melalui asap rokok.
  • Formaldehida: adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat, dan dan menimbulkan iritasi pada hidung, tenggorokan dan mata perokok saat bernapas dalam asap rokok.
Logam Beracun
Logam berat adalah logam dan senyawa logam yang memiliki potensi untuk mengganggu kesehatan bila diserap atau dihirup. Dalam jumlah yang sangat kecil, beberapa logam ini mendukung kehidupan, tetapi ketika  dalam jumlah besar, dapat menjadi racun.

  • Arsenik: biasa digunakan dalam racun tikus, arsen sampai  ke rokok melalui beberapa pestisida yang digunakan dalam pertanian tembakau.
  • Kadmium: merupakan logam berat beracun yang digunakan dalam baterai. Perokok biasanya memiliki dua kali lebih banyak kadmium dalam tubuh mereka dibanding bukan perokok.
Logam Beracun Radioaktif
Ada beberapa logam beracun dalam asap rokok yang membawa pukulan ekstra bahaya bagi siapa pun bernapas dalam asap rokok.

  • Radioactive Cigarette Smoke Lead-210 (Pb-210) and polonium-210 (Po-210) adalah logam berat radioaktif beracun yang terbukti dalam penelitian ada dalam asap rokok.
Racun
Racun didefinisikan sebagai zat yang, ketika diperkenalkan ke organisme hidup, menyebabkan penderitaan fisik yang parah atau kematian. Ilmu pengetahuan telah menemukan sekitar 200 gas beracun dalam asap rokok.

  • Amonia: Senyawa yang umum digunakan dalam produk pembersih dan pupuk. Amonia juga digunakan untuk meningkatkan dampak nikotin dalam rokok yang diproduksi.
  • Karbon monoksida: ada dalam asap knalpot mobil dan mematikan dalam jumlah yang sangat besar. Asap rokok dapat mengandung karbon monoksida kadar tinggi .
  • Hidrogen Sianida: digunakan untuk membunuh orang-orang di kamar gas Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Bahan ini dapat ditemukan dalam asap rokok.
  • Nikotin: merupakan racun yang digunakan dalam pestisida dan merupakan unsur adiktif dalam rokok.
Lebih dari 599 Zat Aditif
Ada 599 zat aditif yang disetujui oleh Pemerintah AS untuk digunakan dalam pembuatan rokok. Pengajuan persetujuan atas zat-zat aditif diajukan  oleh lima perusahaan rokok besar Amerika ke Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan  AS pada bulan April 1994. Dan isi daftar bahan-bahan ini telah lama dirahasiakan.

Bagaimana Perokok Pasif ?
Perokok pasif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan asap rokok yang berasal dari dua sumber: Asap yang keluar dari mulut perokok (asap utama) dan asap yang dihasilkan oleh rokok yang sedang membara/menyala (asap sampingan).

Asap rokok diketahui mengandung setidaknya 250 bahan kimia beracun, termasuk 50 bahan kimia penyebab kanker. Menurut US Surgeon General, tidak ada level bebas risiko dari paparan asap rokok. Itu berarti jika Anda bisa mencium bau asap rokok di udara, itu bisa merugikan kesehatan Anda.
Saksikan bagaiman rokok merusak Anda...
Saksikan video ini, ketika rokok dibakar satu persatu lalu asapnya dialirkan ke sebuah botol yang berisi air bersih lalu berubah kotor dan hitam....
Lalu airnya dipanaskan dan diendapkan kotorannya....
dan yang tersisa adalah.....


humansarefree.com/2012/02/smoking-kills-amazing-experiment-and.html