Thursday, November 20, 2014

Keajaiban Naga Biru

berbagiyangbaik.blogspot.com

'  ' ' Naga Biru  adalah predator rakus. Terlebih lagi, makanan favorit mereka adalah Portuguese Man-Of-War alias  'ubur-ubur' dengan  tentakel yang panjangnya bisa mencapai 30-165 meter...

Naga Biru, makhluk menakjubkan dan aneh berwarna silver metalik, binatang hemaprodit alias  memiliki dua kelamin sekaligus. Naga Biru juga biasa disebut sea swallow, blue glaucus, blue sea slug atau blue ocean slug. Hewan ini juga beracun, dia mengeluarkan racun dari bulu-bulu halus di jarinya. Dengan bantuan kantung gas di perutnya dia bisa mengambang di air, hewan ini juga digolongkan sebagai siput laut, para ilmuwan masih belum mengetahui bagaimana hewan ini bergerak sendiri atau tergantung oleh angin untuk berenang.

Naga Biru (Glaucus Atlanticus) adalah siput laut. Lebih khusus lagi, itu adalah sejenis nudibranch. (Tidak semua siput laut adalah nudibranch, tapi semua nudibranch adalah siput laut ).Nudibranch adalah kata yang aneh. Dan itu berarti persis apa yang terdengar seperti namanya, yaitu siput telanjang, atau moluska laut bertubuh lunak. Mereka adalah siput laut telanjang  hidup tanpa cangkang.kecil yang nyaman. Sebenarnya kata  "nudi" mengacu pada insang mereka yang  telanjang dan Naga Biru memulai kehidupannya sebagai larva dengan kerang/cangkang yang kemudian mereka tinggalkan.

Naga Biru  adalah predator rakus. Terlebih lagi, makanan favorit mereka adalah Portuguese Man-Of-War alias  'ubur-ubur' dengan  tentakel yang panjangnya bisa mencapai 30-165 meter. Portuguese Man-Of-War sendiri sebenarnya adala ' siphonophore ' dan bukanlah ubur-ubur,  koloni organisme atau  individu  yang disebut zooids yang melekat satu sama lain dan fisiologis terintegrasi bersama karena mereka tidak mampu bertahan hidup secara mandiri.
Tidak seperti kebanyakan nudibranch lain, Naga Biru mondar-mandir di permukaan laut untuk mencari mangsa. Mereka melakukan ini dengan mengambil udara dan berenang  terbalik, menggunakan garis-garis biru di tubuh mereka sebagai kamuflase di air.

Kemudian, ketika mereka menemukan tentakel Portuguese Man-Of-War mereka merobeknya sampai hancur menggunakan radula mereka. Radula adalah lidah bergerigi yang melengkung ke belakang, berfungsi untuk melumatkan makanan, nampak seperti pita dengan deretan gigi.

 
Naga Biru tidak pilih-pilih. Setiap bagian dari ' ubur-ubur ' tersebut dilumatnya termasuk tentakelnya yang beracun dan menyengat. Naga Biru akan makan tentakel penyengat ' ubur-ubur' yang beracun tersebut dan menggunakannya sebagai racun buat dirinya. 
Sama seperti nudibranch lain juga melakukan hal yang sama dengan menggunakan racun dari spons dan nematocysts dari anemon.  Ketika Naga Biru tidak dapat menemukan mangsa, mereka makan satu sama lain.
 bittelmethis.com/what-is-a-blue-dragon
nationalgeographic-magazine.com

Keajaiban Kunang-kunang

berbagiyangbaik.blogspot.com

' ' ' Cahaya  kunang-kunang adalah cahaya yang paling efisien di dunia. 100 %  energi dipancarkan sebagai cahaya. Bandingkan dengan lampu pijar, yang memancarkan 10 % dari energi sebagai cahaya dan sisanya sebagai panas...

 Sedikit yang menyadari bahwa kunang-kunang  sebenarnya adalah kumbang, anggota nokturnal dari keluarga Lampyridae. Kebanyakan kunang-kunang bersayap, yang membedakannya dari serangga bercahaya lainnya dari keluarga yang sama.

Ada sekitar 2.000 spesies kunang-kunang. Serangga ini hidup di berbagai lingkungan yang hangat, serta di daerah-daerah yang lebih beriklim sedang, dan merupakan pemandangan akrab di malam musim panas. Kunang-kunang suka kelembaban dan sering hidup di daerah lembab di Asia dan Amerika. Di daerah kering, mereka ditemukan di sekitar area basah atau lembab.

Tidak banyak yang tahu bagaimana serangga ini menghasilkan  cahaya. Kunang-kunang mempunyai organ yang menghasilkan cahaya di bawah perut mereka. Serangga ini mengambil oksigen dan, dalam sel khusus, bereaksi dengan zat yang disebut luciferin untuk menghasilkan cahaya dengan hampir tidak menimbulkan panas sedikitpun.

Cahaya kunang-kunang biasanya  berkedip dalam pola yang unik untuk masing-masing spesies. Setiap pola berkedip adalah sinyal optik yang membantu kunang-kunang menemukan calon pasangannya. Para ilmuwan tidak tahu bagaimana kunang-kunang mengatur proses  untuk menghidupkan mematikan cahayanya. Cahaya kunang-kunang  juga berfungsi sebagai mekanisme pertahanan, sebagai perinagatan kepada para predatornya bahawa dia bukanlah mangsa yang lezat.

Kunang-kunang betina menyimpan telurnya di tanah, larvanya akan berkembang sampai dewasa dan makan cacing atau siput dengan menyuntik mereka dengan cairan mematikan.

Sedangkan kunang-kunang dewasa  menghindari mangsa tersebut dan biasanya memakan nektar atau serbuk sari, meskipun beberapa kunang-kunang dewasa tidak makan sama sekali. Kunang-kunang cenderung coklat dan bertubuh lunak, seringkali dengan elytra (sayap depan) lebih kasar daripada kumbang lainnya. Meskipun betina dari beberapa spesies serupa dengan jantannya. Kunang-kunang  dikenal aktif di malam hari,  meskipun ada banyak spesies yang diurnal atau aktif di siang hari.  Sebagian besar spesies diurnal tidak bercahaya. Namun, beberapa spesies yang tinggal di daerah gelap dapat menghasilkan cahaya.

Beberapa hari setelah kawin, betina bertelur dan menaruh telur yang telah dibuahi di bawah permukaan tanah. Telur menetas 3-4 minggu kemudian, dan menjadi larva sampai akhir musim panas. Larva kunang-kunang biasanya disebut glowworms.

Kunang-kunang hibernasi di musim dingin ketika dalam tahap larva, beberapa spesies bahkan hibernasi selama beberapa tahun. Mereka hibernasi dengan menggali tanah, sementara yang lain hibernasi di bawah kulit pohon. Mereka muncul di musim semi. Setelah beberapa minggu makan, mereka menjadi kepompong untuk 1-2,5 minggu dan muncul sebagai kunang-kunang dewasa. Larva sebagian besar spesies kunang-kunang adalah predator bagi larva lain dan bagi siput tanah.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang kunang-kunang.

Kunang-kunang berkomunikasi satu sama lain dengan cahaya.
Kunang-kunang memancarkan cahaya sebagian besar untuk menarik pasangan, meskipun mereka juga berkomunikasi untuk alasan lain juga, seperti untuk mempertahankan wilayah dan memperingatkan agar predator pergi. Pada beberapa spesies kunang-kunang, hanya satu jenis kelamin yang menyala, tapi kebanyakan kunang-kunang jantan dan betina bercahaya. Sering kunang-kunang jantan akan terbang, sementara betinanya akan menunggu di pohon, semak dan rumput untuk menemukan jantan yang menarik. Jika dia menemukan satu, betinanya akan memberi sinyal dengan cahayanya..

Kunang-kunang menghasilkan " cahaya dingin."
Cahaya  kunang-kunang adalah cahaya yang paling efisien di dunia. 100 %  energi dipancarkan sebagai cahaya. Bandingkan dengan lampu pijar, yang memancarkan 10 % dari energi sebagai cahaya dan sisanya sebagai panas, atau lampu neon, yang memancarkan 90 % dari energinya sebagai cahaya. Karena tidak menghasilkan panas, para ilmuwan menyebut cahaya kunang-kunang sebagai " cahaya  dingin "
Dalam ekor kunang-kunang, ada dua bahan kimia : luciferase dan luciferin. Luciferin tahan panas, dan bersinar di bawah kondisi yang tepat. Luciferase adalah enzim yang memicu emisi cahaya. ATP, zat kimia dalam tubuh kunang-kunang, dikonversi menjadi energi dan menjadi cahaya tersebut. Semua makhluk hidup, bukan hanya kunang-kunang, mengandung ATP.

Telur kunang-kunang bersinar.
Kunang-kunang dewasa bukan satu-satunya yang bercahaya. Pada beberapa spesies, larva dan bahkan telurnya memancarkan cahaya. Telur kunang-kunang bahkan berkedip-kedip memberi respon pada sentuhan lembut atau getaran.

Kunang-kunang adalah kanibal.
Kunang-kunang sebagian besar karnivora. Larvanya biasanya makan siput dan cacing. Beberapa spesies kunang-kunang yang kanibal adalah dari genus Photuris yang meniru kedipan cahaya Photinus betina, spesies kerabat dekatnya, dalam rangka untuk menarik dan melahap photinus jantan. Tapi kunang-kunang dewasa hampir tidak pernah terlihat makan spesies serangga lain. Para ilmuwan tidak yakin apa yang mereka makan. Mereka mungkin memakan serbuk sari dan nektar tanaman, atau mereka mungkin tidak makan apa-apa.

Kunang-kunang memiliki rentang hidup singkat.
Kunang-kunang  dewasa  hanya hidup cukup  untuk kawin dan bertelur sehingga mereka mungkin tidak perlu makan selama tahap kehidupan dewasa mereka. Larvanya biasanya hidup selama kurang lebih satu tahun, dari musim kawin ke musim kawin berikutnya, sebelum menjadi dewasa dan melahirkan generasi berikutnya.

Kunang-kunang meniru satu sama lain.
Salah satu genus kunang-kunang yaitu Photuris betina bukan hanya penipu di antara kunang-kunang, tapi juga sangat licik. Kadang-kadang Photuris jantan meniru Photinus jantan untuk menarik betina dari spesies mereka sendiri. Dia bukannya mencari makanan, tapi  malah mendapat jodoh. Yang lebih menarik lagi, para ilmuwan percaya beberapa Photinus jantan meniru  Photuris betina untuk memberi  kesan dan tanggapan yang buruk kepada pejantan Photinus, menakuti-nakuti pejantan Photinus lain untuk mengurangi persaingan dalam mencari. pasangan

Kunang-kunang ditemukan di hampir setiap benua.
Kunang-kunang menyukai daerah yang hangat dan daerah lembab. Karena itu, mereka berkembang di daerah tropis serta di daerah beriklim sedang. Mereka keluar di musim panas di lingkungan di semua benua kecuali Antartika. Kunang-kunang berkembang di hutan, ladang dan rawa-rawa di dekat danau, sungai, dan kolam. Mereka membutuhkan lingkungan yang lembab untuk bertahan hidup. Beberapa spesies larva kunang-kunang biasanya berada di air. Mereka bahkan memiliki insang, sementara yang lain hidup hampir seluruhnya di atas pohon.

Kunang-kunang secara medis dan ilmiah bermanfaat.
Dua bahan kimia yang ditemukan di ekor kunang-kunang yaitu luciferase dan luciferin, menyala dengan adanya ATP. Setiap hewan memiliki ATP dalam sel dalam jumlah yang kurang lebih sama. Dalam sel yang sakit, jumlah ATP mungkin abnormal. Jika bahan-bahan kimia dari kunang-kunang  disuntikkan ke dalam sel yang sakit, kita dapat mendeteksi perubahan sel-sel yang dapat digunakan untuk mempelajari berbagai penyakit, mulai dari kanker hingga distrofi otot.

Tapi itu tidak semua digunakan untuk itu. Detektor elektronik yang dibangun dengan bahan-bahan kimia seperti ini telah dipasang ke pesawat ruang angkasa untuk mendeteksi kehidupan di luar angkasa, serta untuk mendeteksi pembusukan makanan dan kontaminasi bakteri di bumi.

Kunang-kunang bukan mangsa yang lezat.
Saat diserang, kunang-kunang menumpahkan tetesan darah dalam proses yang dikenal sebagai " pendarahan refleks ". Darah yang mengandung bahan kimia yang rasanya pahit itu dapat menjadi racun bagi beberapa binatang. Karena itu, banyak hewan menghindari untuk makan kunang-kunang. Hewan peliharaan seperti kadal, ular dan hewan peliharaan reptil lainnya seharusnya jangan pernah memberi makan kunang-kunang untuk .
                                                                                                            
                                                                                                            bittelmethis.com
                                                              animals.nationalgeographic.com/animals/bugs/firefly
                                                                                                      firefly.org/firefly.html

Thursday, November 13, 2014

Rosetta Mendarat di Komet !

berbagiyangbaik.blogspot.com

' ' ' Kini Rosetta berada di jarak 510 juta kilometer dari Bumi, antara orbit Mars dan Jupiter, di sebuah komet yang meluncur melalui ruang/bidang seluas lebih dari 18km / persegi. Begitu jauhnya jarak tersebut, bahkan sinyal radio pesawat ruang angkasa Rosetta memakan waktu  hampir setengah jam untuk sampai ke bumi. Ini membuat kontrol real-time  pendaratan Rostta menjadi mustahil...

Adegan kegembiraan itu pun meluap di ruang kontrol misi Badan Antariksa Eropa di Darmstadt . Tim yang bertanggung jawab atas misi Rosetta telah mencapai apa yang kadang-kadang tampak sebagai hal yang mustahil dengan mendaratkan sebuah robot pesawat ruang angkasa di sebuah komet untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Suksesnya pendaratan  itu akan memberikan para ilmuwan kesempatan unik untuk mempelajari komet dan studi dari permukaannya, mempelajari apa yang yang terjadi dan aktivitasnya sebagai komet yang lebih dekat dengan matahari.

Prestasi ini menandai keberhasilan besar bagi European Space Agency (ESA), yang meluncurkan pesawat ruang angkasa Rosetta lebih dari 10 tahun yang lalu dari pelabuhan antariksa Kourou di Guyana Perancis. Sejak peluncurannya pada Maret 2004, Pesawat Ruang Angkasa Rosetta dan pendaratnya Philae telah melakukan perjalanan lebih dari 6 milyar kilometer untuk mengejar ketertinggalannya dengan komet, yang mengorbit matahari dengan kecepatan hingga 135,000 km/jam.

Kegembiraan meluap setelah pukul 16.00 GMT 12 November 2014  Philae 'menghubungi' bumi.  Stephan Ulamec, Manager  Pendarat  Philae di di pusat ruang DLR Jerman memastikan bahwa wahana pendarat Philae telah sampai dan mendarat di komet dengan selamat.

Kini Rosetta berada di jarak 510 juta kilometer dari Bumi, antara orbit Mars dan Jupiter, di sebuah komet yang meluncur melalui ruang seluas lebih dari 18 km/persegi. Begitu jauhnya jarak tersebut, bahkan sinyal radio pesawat ruang angkasa Rosetta memakan waktu  hampir setengah jam untuk sampai ke bumi. Ini membuat kontrol real-time  pendaratan Rosetta menjadi mustahil.

berbagiyangbaik.blogspot.com
Misi berharga 1.58 milyar dollar, yang dinamai Rosetta bertujuan untuk membuka misteri materi pembentuk komet dan kelahirannya yang mendahului kelahiran tata surya. Dalam data yang dikumpulkan Rosetta dan Philae, peneliti berharap untuk menemukan jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana tata surya terbentuk dan apakah komet mengandung air  dan molekul organik kompleks lainnya.

http://www.theguardian.com/science/2014/nov/12/rosetta-mission-philae-historic-landing-comet

Wednesday, November 12, 2014

Lima Penemuan dari Dunia Muslim

berbagiyangbaik.blogspot.com

' ' 'Aljabar, itu adalah salah satu kontribusi paling penting dari peradaban emas dunia Muslim ke dunia modern. Aljabar dikembangkan oleh ilmuwan besar dan matematikawan, Muhammad bin Musa al-Khawarizmi, yang hidup 780-850 di Persia dan Irak...

Minuman Kopi
Sekitar 1.6 milyar  cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seluruh dunia. Miliaran orang menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Namun, sangat sedikit orang tahu tentang asal-usul minuman kopi.

Menurut catatan sejarah, di tahun 1400-an kopi menjadi minuman yang sangat populer di Yaman, di Jazirah Arab bagian selatan. Menurut kisahnya ada seorang gembala bernama Kaldi (ada yang mengatakan di Yaman, ada yang mengatakan di Ethiopia) memperhatikan bahwa kambingnya menjadi sangat energik dan gelisah ketika mereka makan sejenis biji  dari pohon tertentu. Dia mencobanya dan merasakan energinya makin bertambah. Seiring waktu, tradisi memanggang biji kopi dan menyeduhnya dalam air panas terus berkembang dan dengan demikian, lahirlah minuman kopi.

Terlepas dari benar tidaknya kisah tentang gembala tersebut, faktanya kopi ditemukan sepanjang dataran tinggi Yaman sampai ke seluruh Kekaisaran Ottoman.

Kedai Kopi yang mengkhususkan diri dalam menjual minuman  muncul di semua kota-kota besar dunia Muslim: Kairo, Istanbul, Damaskus, dan Baghdad. Dari sinilah, kopi sampai ke Eropa melalui pedagang kota besar Venesia. Walaupun begitu, kemunculan kopi di Eropa pada awalnya di kecam oleh Otoritas Katolik, karena disebut sebagai “minuman orang Muslim”. Namun seiring berjalannya waktu, kopi pun menjadi bagian dari budaya Eropa. Kedai-kedai kopi di Eropa tersebar mulai tahun 1600 M dan menjadi tempat para filsuf bertemu dan membahas isu-isu seperti hak-hak manusia, peran pemerintah, dan demokrasi. Diskusi   sambil minum kopi ini melahirkan apa yang menjadi Gerakan Pencerahan, salah satu gerakan intelektual yang paling kuat dari dunia modern.

Aljabar
Aljabar, itu adalah salah satu kontribusi paling penting dari peradaban emas dunia Muslim ke dunia modern. Aljabar dikembangkan oleh ilmuwan besar dan matematikawan, Muhammad bin Musa al-Khawarizmi, yang hidup 780-850 di Persia dan Irak.

Dalam buku monumentalnya, Al-Kitab al-Mukhtasar fi Hisab al-jabr wa-l-Muqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing), ia membentuk prinsip-prinsip dasar persamaan aljabar. Nama buku itu sendiri mengandung kata "al-jabr", yang berarti "selesai", dari kata inilah diturunkan kata algebra dalam bahasa Latin. Dalam buku itu, al-Khawarizmi menjelaskan cara menggunakan persamaan aljabar dengan variabel yang tidak diketahui untuk memecahkan masalah dan aplikasinya seperti untuk  perhitungan zakat dan pembagian warisan.

Aspek unik dari alasannya untuk mengembangkan aljabar adalah keinginan untuk membuat perhitungan yang lebih mudah dan dapat diselesaikan di zaman yang saat itu belum ada  kalkulator dan komputer.

Buku Al-Khawarizimi ini diterjemahkan ke dalam bahasa Latin di Eropa pada 1000-an dan 1100-an, di mana ia dikenal sebagai Algoritmi (kata algoritma berasal dari nama dan karya matematikanya).

Tanpa karyanya dalam mengembangkan aljabar, aplikasi praktis dalam matematika, seperti teknik, tidak akan mungkin. Karya-karyanya digunakan sebagai buku pelajaran matematika di universitas-universitas Eropa selama ratusan tahun setelah kematiannya.

Pemberian Gelar di Universitas
Perguruan tinggi  juga merupakan penemuan yang dimungkinkan oleh dunia Muslim. Di awal sejarah Islam, masjid berfungsi juga sebagai sekolah, sebagai tempat belajar ilmu-ilmu Islam seperti Al-Quran, fiqh, dan hadits. Seiring dengan  berkembangnya  dunia Muslim dirasa perlu ada lembaga formal, yang dikenal sebagai madrasah, yang didedikasikan untuk pendidikan.

Madrasah resmi pertama adalah al-Karaouine, didirikan pada 859 oleh Fatima al-Fihri di Fes, Maroko. Sekolah ini  menarik beberapa ulama terkemuka dari Afrika.

Di al-Karaouine, siswa diajarkan oleh guru selama beberapa tahun dalam berbagai mata pelajaran ilmu sekuler dan religius. Pada akhir program, jika siswa dianggap telah memenuhi syarat, mereka akan memberikan mereka sertifikat yang dikenal sebagai ijazah, yang mengakui bahwa siswa tersebut telah menguasai materi dan memenuhi syarat untuk mengajar materi tersebut.

Lembaga-lembaga pendidikan pemberi gelar dengan cepat menyebar ke seluruh dunia Muslim. Universitas Al-Azhar didirikan di Kairo pada 970, dan di 1000-an, Dinasti Seljuk mendirikan puluhan madrasah di seluruh Timur Tengah. Konsep lembaga yang memberikan sertifikat kelulusan menyebar ke Eropa melalui Muslim Spanyol, tempat para  mahasiswa Eropa  melakukan perjalanan studi.
Universitas Bologna di Italia dan Oxford di Inggris yang didirikan pada abad ke-11 dan ke-12 dan meneruskan tradisi Muslim memberikan gelar kepada para siswa mereka, dan menggunakannya sebagai ukuran kualifikasi seseorang dalam mata pelajaran tertentu.
Marching Band Militer
Marching band sekolah  dikembangkan dari penggunaan marching band militer selama Zaman Gunpowder di Eropa yang dirancang untuk memberi semangat prajurit selama pertempuran. Tradisi ini memiliki asal-usul dalam band mehter Ottoman dari 1300-an yang membantu membuat tentara Ottoman menjadi salah satu tentara yang paling kuat di dunia.

Sebagai bagian dari pasukan elit Kekaisaran Ottoman, tujuan mehter band adalah untuk memainkan musik yang keras yang akan menakut-nakuti musuh Digunakan Selama penaklukan Ottoman atas Balkan selama  abad  ke 14 - 16, band mehter selalu menyertai tentara Ottoman  yang tampaknya hampir tak terkalahkan bahkan dalam menghadapi aliansi Eropa.

Akhirnya, kaum Kristen  Eropa juga menggunakan band militer untuk menakut-nakuti musuh. Legenda mengatakan bahwa setelah pengepungan Ottoman di  Wina pada 1683, tentara Ottoman mundur dan meninggalkan puluhan alat musik, yang kemudian oleh pasukan Austria dikumpulkan, dipelajari, dan mereka manfaatkan. Tentara di seluruh Eropa lalu mulai menerapkan marching band militer, dan merevolusi cara perang yang berkecamuk di Eropa selama berabad-abad.

Kamera
Sulit untuk membayangkan dunia tanpa fotografi. Namun hal ini tidak mungkin tanpa karya inovatif dari ilmuwan Muslim abad ke-11, Ibn al-Haytham, yang mengembangkan penelitian di bidang optik dan menggambarkan bagaimana kamera pertamanya bekerja.

Ibn al-Haytham, bekerja di kota kekaisaran Kairo pada awal tahun 1000-an, adalah salah satu ilmuwan terbesar sepanjang masa. Ia mengembangkan metode ilmiah, proses dasar dimana semua penelitian ilmiah dilakukan. Ketika ia dihukum dengan tahan rumah oleh Dinasti Fatimiyah ketika al-Hakim berkuasa, dia punya banyak waktu dan kemampuan untuk mempelajari bagaimana cahaya bekerja. Penelitiannya sebagian terfokus pada bagaimana kamera lubang jarum bekerja.

Ibn al-Haytham adalah ilmuwan pertama yang menyadari bahwa ketika lubang kecil diletakkan ke sisi kotak gelap kedap cahaya, sinar cahaya dari luar akan diproyeksikan melalui lubang jarum ke dalam kotak dan ke dinding belakangnya. Dia menyadari bahwa semakin kecil lubang jarum (aperture), semakin tajam kualitas gambar, dan akan menghasilkan kamera yang sangat akurat dan tajam saat mengambil foto.
Tanpa penelitian Ibn al-Haytham mengenai bagaimana cara cahaya menembus lubang jarum dan diproyeksikan melalui lubang tersebut, mekanisme dan perkembangan modern di bidang  kamera tidak akan pernah  ada.
http://lostislamichistory.com/5-muslim-inventions-that-changed-the-world/