Wednesday, May 28, 2014

Makna Muhammad Rasulullah

' ' ' Barang siapa menaati rasul berarti ia telah menaati Allah. Dan barang siapa berpaling maka kami tidak meangutusmu sebagai penjaga mereka... 

Yaitu beriman bahwa beliau diutus dari sisi Allah sehingga kita membenarkan apa yang Beliau kabarkan, menaati apa yang Beliau perintahkan, meninggalkan apa yang Beliau larang dan beribadah kepada Allah dengan apa yang Beliau syariatkan. Beliau adalah penutup para Nabi dan Risalahnya adalah menyeluruh untuk seluruh Jin dan Manusia.
Sesungguhnya menganggungkan perintah dan larangan Nabi saw serta konsisten dengan syariatnya merupakan ungkapan yang benar dari makna sebenarnya dari syahadat (kesaksian) ini. Hal ini semata-mata merupakan pelaksanaan perintah Allah Ta’ala yang telah mengutus beliau kepada seluruh manusia sebagai pemberi peringatan dan pembawa kabar gembira serta penyeru kepada Allah dengan izin-Nya dan pelita yang menerangi.
Kewajiban kita terhadap Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam


من عَمِلَ عملاً ليسَ عليه أمرُنا فهوَ ردٌّ


       1. Membenarkan Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam. Allah Ta’ala Berfirman:
وَمَا يَنطِقُ عَنِ الْهَوَى  سورة النجم : 3
Tidaklah yang dia ucapkan itu menurut kemauan hawa nafsunya”. (An Najm: 3)

       2. Mengikutinya (ittiba’). Allah Ta’ala berfirman:
 قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ (31) سورة آل عمران
Katakanlah jika kamu benar-benar mencintai Allah maka ikutilah aku niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang (Ali Imron: 31).
Allah berfirman:
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا(21) سورة الأحزاب
Sesungguhnya telah ada pada diri Rasul itu suri tauladan yang baik bagi kalian” (Al Ahzab: 21).
Allah Ta’ala berfirman :
قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لا إِلَهَ إِلاَّ هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ فَآمِنُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ(158) سورة الأعراف
Katakanlah wahai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tidak ada Tuhan yang berhak disembah secara hak melainkan Dia yang menghidupkan dan yang mematikan maka bearimanlah kepada Allah dan utusan-Nya sebagai nabi yang umi (tidak membaca dan menulis) yang beriman kepada Allah dan kalimat-kalimat-Nya dan ikutilah ia supaya kalian mendapatkan petunjuk. (Al A’raf: 158)

3. Wajib mencintai Nabi 
 Allah Ta’ala berfirman:
قُلْ إِن كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ اللّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُواْ حَتَّى يَأْتِيَ اللّهُ بِأَمْرِهِ وَاللّهُ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ(24) سورة التوبة
Katakanlah jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, keluarga, harta benda yang kalian kumpulkan, perniagaan yang kalian kawatirkan kerugiannya dan tempat tinggal yang kalian senangi, lebih kalian cintai dari pada Allah, Rasul-Nya dan jihad di jalan-Nya maka tunggulah hingga Allah mendatangkan keputusa-Nya. Allah tidak memberikan petunjuk bagi kaum fasik” (At Taubah:24)
Nabi  bersabda:
[ لاَيُؤْمِنُ أحدُكمْ حتى أكونَ أَحبَّ إليه من والدِه ووَلَدِه والناس أجمعين ] رواه البخاري
Tidak akan sempurna iman salah seorang diantara kalian sehingga aku lebih dicintainya daripada ayahnya, anaknya dan manusia seluruhnya” (HR Bukhari)
       4. Beribadah kepada Allah dengan apa yang beliau syariatkan
Allah ta’ala berfirman :
وَمَا يَنطِقُ عَنِ الْهَوَى  سورة النجم : 3
Tidaklah yang diucapkannya dari hawa nafsunya (An Najm :3)
Nabi  bersabda :
Barang siapa mengerjakan suatu amalan yang tidak ada tuntunannya dari kami maka ia tertolak (HR Muslim)
Allah ta’ala berfirman:
مَّنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللّهَ وَمَن تَوَلَّى فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا(80) سورة النساء
Barang siapa menaati rasul berarti ia telah menaati Allah. Dan barang siapa berpaling maka kami tidak meangutusmu sebagai penjaga mereka (An Nisa’:80)

       5. Menjauhkan diri menyakiti Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam
Allah Ta’ala berfirman :
وَمِنْهُمُ الَّذِينَ يُؤْذُونَ النَّبِيَّ وَيِقُولُونَ (61) سورة التوبة
Diantara mereka ada orang-orang yang menyakiti Nabi dan mengatakan….
Yang dimaksud menyakiti di sini adalah seluruh makna yang dikandung kata ini sama saja apakah bentuk menyakiti terhadap kepribadian beliau yang mulia atau apa yang beliau bawa dari Rabbul Alamin, atau sunnah beliau, ahli bait beliau, istri-istri beliau atau para sahabat pilihan beliau.

     6. Bersholawat kepada beliau shalallahu ‘alaihi wasallam 
Allah Ta’ala berfirman:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (56) سورة الأحزاب

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat atas Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bersholawatlah dan ucapkanlah salam atas beliau (Al Ahzab: 56)

[ عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ بِهَا عشراً ] رواه مسلم
Dari Abi Hurairah semoga Allah meridhoinya bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa bersholawat kepadaku sekali maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali (Shahih Muslim)

Sifat bersholawat kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam
Berdasarkan hadits Ka’ab bin ‘Ajrah semoga Alloh meridhoinya; Rasululloh ketika ditanya tentang sholawat kepada beliau, beliau menjawab : Katakanlah :

اللهم صلّ على محمد وعلى آل محمد كما صليت على آل إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد رواه البخاري


Ya Allah limpahkanlah sholawat atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad sebagaimana Engkau limpahkan sholawat atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim sesungguhnya Engkau maha terpuji lagi maha Agung. Ya Allah limpahkanlah berkah atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad sebagaimana telah Engkau limpahkan berkah atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim Sesungguhnya Engkau maha terpuji lagi maha Agung (Shahih Bukhari)
-- Panduan Tauhid, Divisi Dakwah Kantor Dakwah Rabwah, Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad

Akhirnya Terungkap : Fungsi Usus Buntu !

berbagi kebaikan

' ' ' Setelah usus kehilangan bakteri penting untuk pencernaan, usus buntu bertindak sebagai cadangan untuk munculnya bakteri baik yang hilang tadi...

Selama ini usus buntu dianggap tidak punya kegunaan.. Tapi sekarang, para peneliti mengatakan mereka telah menemukan fungsi sebenarnya dari organ ini.

Para penelit mengatakan bahwa usus buntu adalah rumah aman bagi bakteri baik.
Tubuh akan menggunakan ini untuk "reboot " sistem pencernaan ketika seseorang menderita serangan disentri atau kolera.

Peneliti di Duke University Medical Centre di North Carolina mengatakan bahwa setelah pertarungan berat dengan penyakit kolera atau disentri, dan usus kehilangan bakteri penting untuk pencernaan, usus buntu bertindak sebagai cadangan untuk munculnya bakteri baik yang hilang tadi.

Terlepas dari temuan ini, Profesor Bill Parker mengatakan bahwa ini tidak berarti kita harus bergantung sepenuhnya ke usus buntu. Jika usus buntu mereka radang dan terkena infeksi, usus buntunya tetap harus diangkat atau dioperasi.

Para ilmuwan menyimpulkan penemuan tersebut setelah mneneliti usus buntu koala. Berbeda dengan manusia, usus bunbtu koala  sangat panjang. Hal ini membantudalam diet mereka yang hampir secara eksklusif terdiri dari daun eucalyptus.

Nicholas Vardaxis, seorang profesor RMIT University, mengatakan bahwa teori yang dikemukakan oleh tim Duke University masuk akal.
"Sebagai sebuah ide ini merupakan salah satu yang menarik, usu buntu mungkin memang menjadi tempat yang bagus untuk melokalisir bakteri, sebagai tempat terakhir bagi bakteri.
diterjemahkan dari : -- humansarefree.com/2014/02/scientists-have-finally-discover.html # sthash.fuRftjew.dpuf

Tuesday, May 27, 2014

Makna dan Syarat La Ilaha Illallah

berbagi kebaikan

' ' ' La ilaaha illallah adalah kunci Surga akan tetapi tidak ada satu kunci pun melainkan ia mempunyai gerigi. Jika Anda datang membawa kunci yang ada geriginya maka akan terbuka bagi Anda...

Namun jika tidak ada geriginya maka tidak terbuka bagi anda. Sedangkan gerigi kunci ini adalah syarat-syarat La Ilaaha Illallah berikut ini:

1- العلم 
Mengetahui maknanya, yaitu meniadakan sesembahan (sesuatu yang diibadahi) tanpa hak selain Allah dan menetapkan Allah semata yang berhak diibadahi. Allah Ta’ala berfiman:

  فَاعْلَمْ أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَاكُم ْ (19) سورة محمد

“Maka ketahuilah bahwasanya tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah & mintakanlah ampun bagi dosamu & dosa orang-orang mukmin laki-laki dan mukmin wanita. Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggal kalian. (Muhammad : 19)

Artinya tidak ada yang diibadahi di langit dan di bumi secara hak selain Allah. Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ مَاَتَ وَهُوَ يعلمُ أَنَهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ دَخَلَ الجَنَّةَ

“Barangsiapa mati sedang dia mengetahui bahwa tidak ada Ilah yang berhak di sembah selain Allah maka ia masuk surga (HR Muslim)

2- اليقين المنافي للشك
Yakin yang meniadakan keraguan. Yaitu hati meyakini akan kalimat tersebut tanpa keraguan sedikitpun. Allah Ta’ala berfirman: 

 إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُوْلَئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ    (15) سورة الحجرات

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu hanyalah yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan bejihad dengan harta dan jiwa mereka di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar. (Al Hujurat: 15). 

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

[أشهدُ أنْ لا َإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنيِّ رَسُوْلُ اللهِ لاَ يَلْقَى اللهَ بِهِمَا عَبْدٌ غَيْرَ شَاكٍّ فَيُحْجَبُ عَنِ الجَنَّةِ  رواه مسلم 

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa aku adalah utusan-Nya tidaklah seorang hamba bertemu Allah dengan membawa kedua kalimat tersebut tanpa keraguan sedikitpun lalu dihalangi dari surga (HR Muslim)

3-  القبول
Menerima dengan hati dan lisan apa yang menjadi tuntutan kalimat ini. Allah Ta’ala berfirman mengisahkan kaum musyrikin:

إِنَّهُمْ كَانُوا إِذَا قِيلَ لَهُمْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ يَسْتَكْبِرُونَ(35) وَيَقُولُونَ أَئِنَّا لَتَارِكُوا آلِهَتِنَا لِشَاعِرٍ مَّجْنُونٍ(36) سورة الصافات 

“Sesungguhnya mereka itu jika dikatakan kepada mereka tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah mereka menyombongkan diri. Mereka mengatakan apakah kita hendak meninggalkan sesembahan kami karena mengikuti seorang penyair gila. (Ash Shoffat: 35-36)
Maksudnya mereka menyombongkan diri untuk mngucapkan kalimat tersebut sebagaimana yang diucapkan orang-orang mukmin. Sebagaimana yang disebutkan Ibnu katsir dalam tafsirnya. Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:” 

أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَقُوْلُوا لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، فَمَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ فَقَدْ عَصَمَ مِنِّي مَالَهُ وَنَفْسَهُ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُ عَلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ  متفق عليه 

Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka mengucapkan La ilaaha illallah. Barangsiapa mengucapkan Laa ilaaha illallah maka terlindungi harta dan jiwanya dariku kecuali menurut hak Islam dan perhitungannya disisi Allah Azza wa Jalla (Muttafaq Alaihi)

4- الانقياد والاستسلام 
Tunduk dan pasrah terhadap tuntutan kalimat tersebut. Allah Ta’ala Berfirman;

وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِن قَبْلِ أَن يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لا تُنصَرُونَ(54) سورة الزمر

“Kembalilah kalian kepada Rabb kalian dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepada kalian kemudian kalian tidak ditolong (Az Zumar:54) 

5- الصدق المنافي للكذب
Jujur yang meniadakan dusta. Yaitu ia mengatakan kalimat tersebut secara jujur dari hatinya. Allah Ta’ala berfirman :

﴿ ألم , أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ , وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ, سورة العنكبوت  1-3: 

“Alif Laam Miim. Apakah manusia mengira dibiarkan begitu saja mengatakan kami telah beriman sedang mereka tidak diuji. Sungguh Kami telah  menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesunguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”. (Al Ankabut:1-3) 

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا مِنْ أََحَدٍ يَشْهَدُ أنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه صِدْقاً مِنْ قَلْبِهِ إِلاَّ حَرَّمَهُ اللهُ عَلَى النَّارِ 

 “ Tidak ada seorangpun yang bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya secara jujur dari hatinya kecuali Allah haramkan atasnya neraka (Muttafaq Alaihi)

6- الإخلاص   
Ikhlas. Yaitu memurnikan amal dengan niat yang benar dari segala macam unsur syirik. Allah Ta’ala berfirman : 

وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاء وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ(5) سورة البينة

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah   dengan memurnikan ketaatan bagi-Nya dalam (menjalankan) agama dengan  lurus, dan supaya mereka menegakkan shalat dan menunaikan zakat. Dan yang demikian Itulah agama yang lurus (Al Bayyinah:5) 

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي مَنْ قَالَ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ خَالِصاً مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِِ رواه البخاري

”Manusia yang paling berbahagia dengan syafaatku kelak adalah orang yang mengucapkan La ilaaha illallah dengan penuh ikhlas dari relung hatinya atau dirinya (HR Bukhari). 
Sabda beliau shalallahu ‘alaihi wasallam:

إنَّ اللهََ حَرَّمَ على النارِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ يَبْتَغِي بِذَلِكَ وَجْهَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ رواه مسم  

“Sesungguhnya Allah mengharamkan atas neraka orang yang mengucapkan La illaaha illallah yang dengan kalimat itu semata-mata ia mengharapkan wajah Allah Azza wa Jalla” (HR Muslim)

7- المحبــة
Mencintai Kalimah Thayibah (Kalimat Tauhid) ini, tuntutan dan konsekuensinya, dan mencintai orang-orang yang mengucapkannya, mengamalkan dan konsisten dengan syarat-syaratnya, serta benci terhadap hal-hal yang membatalkannya. Allah Ta’ala berfirman : 

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ اللّهِ أَندَاداً يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللّهِ وَالَّذِينَ آمَنُواْ أَشَدُّ حُبًّا لِّلّهِ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُواْ إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلّهِ جَمِيعاً وَأَنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ  سورة البقرة

“Diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang dhalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat) bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya dan bahwa Allah sangat berat siksa-Nya( niscaya mereka tidaklah melakukannya) “. Al-Baqarah 165
Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

ثلاث ٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلاَوَةَ الإِيْمَانِ أنْ يَكُوْنَ اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ سِوَاهُمَا وَأَنْ يُحِبَّ المَرْأَ لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ للهِ وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُوْدَ إِلىَ الكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْقَذَهُ اللهُ كَمَا يكره أن يقذف في النار  متفق عليه 

“Tiga hal jika terdapat pada seseorang maka ia akan mendapatkan kelezatan iman, Allah dan rasul-Nya lebih dia cintai dari pada selain keduanya, dia mencintai seseorang yang tidaklah dia mencintainya kecuali karena Allah dan dia benci kembali kepada kekufuran setelah Allah selamatkan darinya sebagaimana bencinya jika dicampakkan ke dalam neraka” (Muttafaq Alaihi)

8- الكفر بالطاغوت  
Mengingkari thaghut yaitu segala sesuatu yang diibadahi selain Allah dan beriman kepada Allah sebagai Rabb dan sesembahan yang hak. Allah Ta’ala berfirman: 

لاَ إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَد تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِن بِاللّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىَ لاَ انفِصَامَ لَهَا وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيم (256) سورة البقرة

“Tidak ada paksaan dalam agama. sesungguhnya Telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat . Maka barang siapa yang kufur terhadap taghut dan beriman kepada Allah ia telah berpegang teguh dengan buhul tali kuat yang tidak akan putus. Allah Maha mendengar dan Maha mengetahui “.  (Al Baqarah:256) 

    مَنْ قَالَ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَكَفَرَ بِمَا يُعْبَدُ مِنْ دُوْنِ اللهِ حَرَّمَ عَلَيْهِ مَالُهُ وَدَمُهُ  

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa mengatakan tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan kufur terhadap segala yang diibadahi selain Allah diharamkan harta dan darahnya” (HR Muslim)
-- Panduan Tauhid, Divisi Dakwah Kantor Dakwah Rabwah, Editor : Eko Haryanto Abu Ziyad


6 Pencapaian Sains dan Teknologi yang Menghebohkan

berbagiyangbaik.blogspot.com

              ' ' ' Perjalanan itu makan waktu 2,5 jam & wisatawan angkasa luar ini akan diantar 109.728 meter di atas bumi , menikmati empat sampai lima menit pengalaman gravitasi nol ...


1. Mengirim manusia ke Mars
Elon Musk, seorang visioner dan miliarder pemilik SpaceX, orang ini benar-benar memiliki sebuah perusahaan ruang angkasa swasta , berjanji untuk mendirikan basis permanen pertama di Mars . Proses ini akan dimulai tahun ini, dengan peluncuran roket terbaru  mereka yang berteknologi tinggi, Falcon Heavy. Pada awalnya, Falcon Heavy, yang terdir dari berbagai model, termasuk roket paling kuat sampai saat ini, akan megirimkan 13.200 kg kargo / perjalanan ke Mars. Setelah peralatan yang diperlukan sampai ke Mars, manusia akan menyusul.


berbagiyangbaik.blogspot.com

Elon Musk mengumumkan kepada audiens di Royal Aeronautical Society di London, bahwa ia membayangkan sebuah koloni Mars hingga 80.000 vegetarian. Tentu saja, ini memerlukan waktu dan uang untuk membangun.

Manusia pertama yang menuju Mars akan memiliki mesin untuk memproduksi pupuk, oksigen dan metana dari atmosfer  Mars dan permukaan es dengan  booster besar, serta bahan bangunan untuk membangun kubah transparan besar untuk menanan tanaman dari bumi.


berbagiyangbaik.blogspot.com

2. Mengirim lebih banyak lagi manusia ke Mars... dengan Rocket Magnetoplasma
Variable Specific Impulse Magnetoplasma Rocket atau VASIMR,  adalah satu set mesin eksperimental untuk diuji di ISS, akhir tahun ini.Jika berhasil, roket ini bisa membawa kita ke Mars dalam tiga bulan, yang lebih dari 3 kali lebih cepat daripada apa pun yang kita miliki saat ini. Jarak ke Mars adalah 54 juta mil, yang sedikit lebih dari 226 kali jarak ke bulan.

Jadi bagaimana itu semua bekerja?
Roket  yang selama ini ada hanya menghasilkan ledakan singkat dan membakar sejumlah besar bahan bakar dalam satu kali pergi, tetapi pada kecepatan yang relatif rendah. Sebaliknya, VASIMR mengambil sedikit propelan ( plasma ), memanaskan ke suhu yang sangat tinggi, 2.000.000 derajat celcius, menggunakan gelombang radio, kemudian menggunakan medan magnet untuk mendorongnya keluar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Hasilnya adalah percepatan yang stabil dan berkesinambungan dengan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit.

Salah satu masalah saat ini adalah sumber listrik yang dibutuhkan untuk memanaskan plasma. Sebab, untuk penerbangan jarak pendek dekat Bumi, listrik dari panel surya cukup. Tapi misi ke Mars akan membutuhkan jauh lebih banyak sumber listrik dan terus menerus. Hal ini dapat dicapai dengan reaktor nuklir, tetapi harus cukup kecil dan aman untuk perjalanan.

3. Mendarat di komet
Ini bukan fiksi ilmiah ! Pesawat ruang angkasa dari Badan Antariksa Eropa (ESA) " Rosetta " akan mengorbit komet Churyumov - Gerasimenko dan mendarat di permukaannya. Rosetta adalah pesawat ruang angkasa robotik yang dibangun dan diluncurkan oleh European Space Agency (ESA), untuk melakukan studi rinci komet 67P/Churyumov-Gerasimenko dan dirancang untuk mengorbit dan mendarat di sebuah komet.

Rosetta diluncurkan pada Maret 2004 dari roket Ariane 5 dan dijadwalkan untuk mencapai komet pada November 2014. Pesawat ruang angkasa ini terdiri dari dua elemen utama: unit pengorbit , yang memiliki 12 instrumen , dan robot pendarat Philae , dengan tambahan sembilan instrumen. Rosetta akan mengorbit 67P selama 17 bulan dan dirancang untuk menyelesaikan studi paling rinci dari sebuah komet yang pernah dicoba. Misi ini dikendalikan dari European Space Operations Centre (ESOC) , di Darmstadt , Jerman.

4. Kloning nenek moyang manusia
Kloning dinosaurus menggunakan sampel DNA tetap mungkin hanya ada di film "Jurassic Park ", tetapi para ilmuwan membuat kemajuan substansial dalam membaca  genom  nenek moyang, meskipun tidak setua dinosaurus. Sampai saat ini, membaca genom manusia itu tidak mudah : DNA terbaik harus disimpan dalam iklim yang sejuk, dan nenek moyang manusia hidup terutama di daerah tropis. Seorang profesor genetika, George Church, dari Harvard Medical School tengah berupaya menghadirkan manusia purba Neanderthal ke dunia. Neanderthal merupakan anggota genus Homo yang telah punah dan berasal dari zaman Pleistosen.Church yakin, dia bisa merekonstruksi DNA Neanderthal dan menghidupkan kembali spesies manusia purba tersebut.  

5. Anak yang lahir dari tiga orang tua
Jika Parlemen Inggris mengijinkan teknik bayi tabung yang baru, maka anak pertama yang lahir dari tiga orang tua akan lahir ke dunia pada tahun 2014. Bayi itu akan memiliki DNA dari tiga orang berbeda secara legal, yakni dari kedua orangtuanya dan seorang donor lainnya. Hal ini akan memungkinkan ribuan wanita dengan penyakit mitokondria untuk tidak menurunkan penyakit tersebut kepada anak-anak mereka. Mitokondria memiliki DNA sendiri, diturunkan dari garis ibu, dan berbeda dari kromosom dalam inti sel. Ada cara untuk menghindari penularan kelainan mitokondria dengan cara : mengambil telur donor dengan DNA mitokondria dan inti sel yang sehat dan normal.

Dengan demikian, Inggris akan menjadi negara pertama yang memiliki bayi dengan tiga orang tua tersebut. Dengan model bayi tabung baru itu, memungkinkan bayi lahir tanpa risiko kesehatan bawaan. Mereka yang berisiko tinggi memiliki anak dengan cacat berat, akan menjadi sasaran teknik baru ini. Dijelaskan bahwa saat ini, rata-rata 10 pasien menjalani program tersebut setiap tahun. Yakni, melibatkan penggantian sebagian kecil DNA ibu yang rusak dengan donor yang sehat.

Kebanyakan ahli bioetika berpendapat bahwa donor 0,1 % dari DNA anak, pemberi donor tidak akan dianggap induk atau orang tuanya baik secara hukum maupun dari sudut pandang etika.

6. Perjalanan ruang angkasa komersial
Perusahaan aerospace "Virgin Galactic"  diluncurkan tahun ini. Meskipun ada keterlambatan dalam pengujian, mimpi Sir Richard Branson 'mencari uang' di ruang angkasa itu mendekati kenyataan. Sebuah wahana uji terbang selesai pada bulan April, dan diumumkan pada bulan November nanti jaringan televisi NBC setuju untuk menyiarkan penerbangan publik pertama dari New Mexico sekitar tahun 2014.

berbagi kebaikan

Tiket untuk terbang ke luar angkasa sudah tersedia dan Anda dapat memesan penerbangan Anda secara online. Semuanya terdengar hampir nyata, harga untuk tiket 250.000 USD ! Perjalanan itu makan waktu dua setengah jam dan wisatawan angkasa luar ini akan diantar ke ketinggian 109.728 meter di atas bumi dan menikmati empat sampai lima menit pengalaman gravitasi nol dan sebagai bonus tambahan menjadi ' astronot ' dengan melakukan perjalanan lebih dari 50 mil/80 kilometer ke ruang angkasa. Setelah penerbangan suborbital singkat itu, pesawat ruang angkasa kembali memasuki atmosfer dan meluncur kembali ke Bumi .

Salah satu hal yang paling menarik adalah apa yang disebut "Overview Effect". Pertama dijelaskan oleh penulis Frank White pada tahun 1987, "Overview Effect" digambarkan sebagai "pengalaman yang mengubah hidup". Astronot yang pernah melihat Bumi dari ruang angkasa sering menggambarkan sebagai sebuah pengalaman yang telah mengubah perspektif mereka tentang planet dan tempat manusia hidup di atasnya, perasaan kagum pada planet ini, pemahaman yang mendalam tentang interkoneksi dari semua kehidupan, dan perspektif baru dari tanggung jawab merawat bumi. Pariwisata ruang angkasa akan menjadi sensasi dalam waktu dekat...
http://humansarefree.com/2014/01/top-6-most-amazing-scientific-and.html

Manfaat Lidah Buaya

berbagiyangbaik.blogspot.com

' ' ' Dan tahukah kamu lidah buaya dapat mengawetkan makanan ? Cukup tebarkan potongan-potongan kecil tipis gel lidah buaya pada makanan agar tidak rusak, buah-buahan dan sayuran akan tetap segar lima kali lebih lama, tanpa pengawet...!

     Orang Mesir Kuno  menyebut aloe vera atau lidah buaya sebagai 'tanaman keabadian'. Selain untuk penyembuhan kulit terbakar matahari, ada begitu banyak kegunaan lainnya. Banyak manfaat lidah buaya yang dikaitkan dengan antijamur, antivirus dan antibakteri. Lidah buaya juga merupakan antioksidan, stimulator pertumbuhan sel, astringent, koagulan, dan dapat digunakan sebagai antibiotik umum, dan memperbaiki jaringan usus yang rusak. Sakit maag juga bisa diperbaiki dengan lidah buaya.

    Jus Lidah Buaya  
Siapkan beberapa lembar daun lidah buaya dengan menggunakan pisau untuk memotong lapisan luar yang keras. Ambil gel dan dagingnya dari daun lidah buaya buatlah jus segar dengan buah segar pilihan Anda seperti jeruk atau nanas. Minum pagi hari sebelum sarapan. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan kepada anak-anak. Tapi harap diingat, kulit daun lidah buaya mengandung sifat pencahar jadi pastikan jangan sampai aga bagian kulit yang masuk ke dalam jus pagi Anda.

    Gel Lidah Buaya Segar
Iris daun lidah buaya keluarkan gel kekuningan. Gel ini dapat disimpan untuk digunakan lain waktu. Simpan dalam wadah tupperware kecil dan simpan di kulkas. Juga, ingatlah untuk gunakan spatula jangan mencelupkan jari-jari anda ke dalam gel bila mengoleskannya ke wajah.

     Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit 
Gunakannya sebagai pelembab wajah setiap pagi untuk membantu mengurangi kerutan halus. Hal ini juga dapat membantu menghapus noda-noda gelap  kulit Anda. Gel ini sangat berguna untuk mengurangi jerawat dan noda kecil lainnya. Hanya oleskan sedikit pada daerah yang bermasalah tiga kali sehari sampai noda menghilang. Gelnya memiliki kemampuan untuk menarik keluar racun dari kulit, seperti dari gigitan serangga atau dari jerawat. Untuk jerawat parah, gunakan seluruh daging buaya bukan hanya gelnya saja. Tempatkan lempengan lidah buaya dengan sisi yang terbuka pada daerah yang berjerawat dan biarkan selama setidaknya satu jam sampai semalam.  

     Lidah buaya mengandung lebih dari 75 nutrisi termasuk mineral, asam amino, enzim, vitamin dan banyak lagi. Lidah buaya merupakan tanaman succulent, penahan air yang tumbuh subur di iklim kering. Jenis tanaman ini memiliki kemampuan memperbaiki diri. Sebagai contoh: gel di dalam lidah buaya akan memperbaiki luka atau sayatan dengan secara otomatis menyusutkan luka tersebut dan menciptakan lapisan kedap air baru. Hal ini terbukti dalam tanaman itu sendiri. Jika Anda memotong bagian dari daun lidah buaya, tanaman itu akan membuat lapisan kedap udara di lokasi yang dipotong.

     Gunakan lidah buaya untuk mengurangi arthritis dan nyeri otot dan menghilangkan peradangan sendi. Lidah buaya juga dipercaya sebagai detoksifikasi yang kuat. Pernahkah Anda memperhatikan berapa banyak perawatan kulit dan produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya ?. Tidak perlu membeli lotion dan krim mahal. Cukup tempelkan gel lidah buaya mentah di wajah Anda.

     Lidah buaya juga menunjukkan sifat antidiabetes, dapat menurunkan gula darah dan kadar kolesterol dan trigliserida. Lidah buaya juga memperlancar sirkulasi darah terutama ketika darah tidak dapat menjangkau daerah-daerah yang lebih kecil di pembuluh darah kapiler dan seperti di tangan dan kaki, yang sering ditandai dengan matirasa di tangan dan kaki.

     Gunakan lidah buaya sebagai obat alami untuk maag, sindrom iritasi usus, penyakit Crohn dan gangguan pencernaan lainnya, merelaksasi jaringan dan menghilangkan peradangan. Tentu saja,  menjaga pola makan yang sehat adalah penting ketika mencoba untuk menyembuhkan penyakit pada sistem pencernaan. 

     Cara menggunakan Aloe Vera
Gunakan lidah buaya untuk  obat maag dan penyakit pencernan lainnya dengan meminum gel dari daun lidah buaya. Anda dapat membeli Jus Aloe Vera atau ambil satu ons buatlah jus lidah buaya setela bangun di pagi hari dan sebelum makan malam. Anda dapat mencampur jus lidah dengan jus alami favorit Anda. Lakukan ini selama minimal 2 minggu. Di minggu kedua Anda dapat meningkatkan jumlahnya menjadi tiga kali sehari, masing-masing kira-kira satu ons.

     Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk penyakit gusi. Oleskan gel pada gusi setelah menggosok gigi dan jangan bilas keluar. Biarkan gusi anda terendam lidah buaya untuk beberapa menit.

     Acemannan phytonutrisi adalah immuno booster alami yang ditemukan dalam lidah buaya. Acemannan saat ini sedang diteliti untuk efek anti kanker. Zat ini mempercepat penghancuran tumor kanker, juga meningkatkan produksi oksida nitrat dalam sel. Asam nitrat ( NO ) adalah zat kimia anti kanker yang dapat mengurangi pertumbuhan tumor. Dan tahukah Anda bahwa Anda bahkan dapat menggunakan lidah buaya untuk mengawetkan makanan ? Cukup menebarkan potongan-potongan kecil dan tipis gel lidah buaya pada makanan agar tidak rusak. Dengan menggunakan metode ini buah-buahan dan sayuran akan tetap segar lima kali lebih lama ! Anda akan tidak perlu lagi membeli makanan dengan pengawet !

     Kandungan lidah buaya  :
-  air
-  20 jenis mineral  
- 12 vitamin
-  Asam amino-18
-  fitonutrien
-  enzim
-  triterpen ( penurun gula darah phytonutrisi )

     Perlu diketahui bahwa lidah buaya bukan obat ajaib. Anda tidak bisa berharap untuk menghilangkan penyakit dengan mengambil satu gelas jus lidah buaya. Untuk hasil terbaik gunakan selama minimal dua minggu. Ketika pertama kali memulai, gunakan sedikit saja lidah buaya, lalu tingkatkan jumlahnya secara bertahap.

CATATAN PENTING : 
Jangan mencampur lidah buaya dengan obat-obatan. Kemampuan lidah buaya dalam meningkatkan kualitas dan sirkulasi darah dapat mengakibatkan komplikasi serius. Juga, Jangan pernah mencampur lidah buaya dengan obat-obatan OTC atau obat bebas lainnya.
diterjemahkan dari : -- http://humansarefree.com/2014/05/the-egyptian-plant-of-immortality-and.html
-- http://www.sunshinenaturalhealing.com/aloe-vera-benefits/

Thursday, May 22, 2014

Pergaulan Bebas itu Haram

airis ayunisa

' ' ' Jangan sekali-kali salah seorang di antara kamu menyendiri dengan seorang perempuan, kecuali bersama mahramnya...


Di antara jalan-jalan yang diharamkan Islam ialah: Bersendirian dengan seorang perempuan lain. Yang dimaksud perempuan lain, yaitu: bukan isteri, bukan salah satu kerabat yang haram dikawin untuk selama-lamanya, seperti ibu, saudara, bibi dan sebagainya yang insya Allah nanti akan kami bicarakan selanjutnya.

Ini bukan berarti menghilangkan kepercayaan kedua belah pihak atau salah satunya, tetapi demi menjaga kedua insan tersebut dari perasaan-perasaan yang tidak baik yang biasa bergelora dalam hati ketika bertemunya dua jenis itu, tanpa ada orang ketiganya.

Dalam hal ini Rasulullah bersabda sebagai berikut:

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan sekali-kali dia bersendirian dengan seorang perempuan yang tidak bersama mahramnya, karena yang ketiganya ialah syaitan." (Riwayat Ahmad)
"Jangan sekali-kali salah seorang di antara kamu menyendiri dengan seorang perempuan, kecuali bersama mahramnya."

Imam Qurthubi dalam menafsirkan firman Allah yang berkenaan dengan isteri-isteri Nabi, yaitu yang tersebut dalam surah al-Ahzab ayat 53, yang artinya: "Apabila kamu minta sesuatu (makanan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari balik tabir. Karena yang demikian itu lebih dapat membersihkan hati-hati kamu dan hati-hati mereka itu," mengatakan: maksudnya perasaan-perasaan yang timbul dari orang laki-laki terhadap orang perempuan, dan perasaan-perasaan perempuan terhadap laki-laki. Yakni cara seperti itu lebih ampuh untuk meniadakan perasaan-perasaan bimbang dan lebih dapat menjauhkan dari tuduhan yang bukan-bukan dan lebih positif untuk melindungi keluarga.

Ini berarti, bahwa manusia tidak boleh percaya pada diri sendiri dalam hubungannya dengan masalah bersendirian dengan seorang perempuan yang tidak halal baginya. Oleh karena itu menjauhi hal tersebut akan lebih baik dan lebih dapat melindungi serta lebih sempurna penjagaannya.

Secara khusus, Rasulullah memperingatkan juga seorang laki-laki yang bersendirian dengan ipar. Sebab sering terjadi, karena dianggap sudah terbiasa dan memperingan hal tersebut di kalangan keluarga, maka kadang-kadang membawa akibat yang tidak baik. Karena bersendirian dengan keluarga itu bahayanya lebih hebat daripada dengan orang lain, dan fitnah pun lebih kuat. Sebab memungkinkan dia dapat masuk tempat perempuan tersebut tanpa ada yang menegur. Berbeda sekali dengan orang lain.

Yang sama dengan ini ialah keluarga perempuan yang bukan mahramnya seperti kemanakannya baik dari pihak ayah atau ibu. Dia tidak boleh berkhalwat dengan mereka ini. Rasulullah s.a.w. pernah bersabda sebagai berikut:

"Hindarilah keluar-masuk rumah seorang perempuan. Kemudian ada seorang laki-laki dari sahabat Anshar bertanya: Ya Rasulullah! Bagaimana pendapatmu tentang ipar? Maka jawab Nabi: Bersendirian dengan ipar itu sama dengan menjumpai mati." (Riwayat Bukhari)
Yang dimaksud ipar, yaitu keluarga isteri/keluarga suami. Yakni, bahwa berkhalwat (bersendirian) dengan ipar membawa bahaya dan kehancuran, yaitu hancurnya agama, karena terjadinya perbuatan maksiat; dan hancurnya seorang perempuan dengan dicerai oleh suaminya apabila sampai terjadi cemburu, serta membawa kehancuran hubungan sosial apabila salah satu keluarganya itu ada yang berburuk sangka kepadanya.

Bahayanya ini bukan hanya sekedar kepada instink manusia dan perasaan-perasaan yang ditimbulkan saja, tetapi akan mengancam eksistensi rumahtangga dan kehidupan suami-isteri serta rahasia kedua belah pihak yang dibawa-bawa oleh lidah-lidah usil atau keinginan-keinginan untuk merusak rumahtangga orang.

Justru itu pula, Ibnul Atsir dalam menafsirkan perkataan ipar adalah sama dengan mati itu mengatakan sebagai berikut: Perkataan tersebut biasa dikatakan oleh orang-orang Arab seperti mengatakan singa itu sama dengan mati, raja itu sama dengan api, yakni bertemu dengan singa dan raja sama dengan bertemu mati dan api.

Jadi berkhalwat dengan ipar lebih hebat bahayanya daripada berkhalwat dengan orang lain. Sebab kemungkinan dia dapat berbuat baik yang banyak kepada si ipar tersebut dan akhirnya memberatkan kepada suami yang di luar kemampuan suami, pergaulan yang tidak baik atau lainnya, Sebab seorang suami tidak merasa kikuk untuk melihat dalamnya ipar dengan keluar-masuk rumah ipar tersebut.

Halal dan Haram dalam Islam Oleh Syekh Muhammad Yusuf Qardhawi Alih bahasa: H. Mu'ammal Hamidy
-- http://media.isnet.org/

Menghindar dari Takdir kepada Takdir-Nya yang Lain

' ' ' Ketika di Syam (Syria, Palestina, dan sekitarnya) terjadi wabah, Umar ibn Al-Khaththab yang ketika itu bermaksud berkunjung ke sana membatalkan rencana beliau, dan ketika itu tampil seorang bertanya: "Apakah Anda lari/menghindar dari takdir Tuhan?" Umar r.a. menjawab, "Saya lari/menghindar dari takdir Tuhan kepada takdir-Nya yang lain... 

    Demikian juga ketika Imam Ali r.a. sedang duduk bersandar di satu tembok yang ternyata rapuh, beliau pindah ke tempat  lain. Beberapa orang di sekelilingnya bertanya seperti pertanyaan di atas. Jawaban Ali  ibn Thalib,  sama  intinya dengan   jawaban   Khalifah   Umar r.a.  Rubuhnya  tembok, berjangkitnya penyakit adalah berdasarkan  hukum-hukum  yang telah ditetapkan-Nya, dan bila seseorang tidak menghindar ia akan menerima akibatnya. 
    Akibat yang  menimpanya  itu  juga adalah  takdir,  tetapi  bila  ia  menghindar dan luput dari marabahaya  maka  itu  pun  takdir.  Bukankah  Tuhan   telah menganugerahkan   manusia kemampuan memilah  dan  memilih? Kemampuan ini  pun  antara  lain  merupakan  ketetapan atau takdir  yang dianugerahkan-Nya 
   Jika demikian, manusia tidak dapat luput dari  takdir, yang  baik  maupun  buruk.  Tidak bijaksana  jika hanya  yang  merugikan  saja  yang  disebut takdir,  karena  yang  positif  pun takdir.  Yang  demikian merupakan  sikap 'tidak menyucikan Allah, serta bertentangan dengan petunjuk Nabi Saw.,'  "...  dan  kamu harus  percaya kepada takdir-Nya  yang  baik  maupun yang  buruk." Dengan demikian, menjadi jelaslah kiranya bahwa adanya takdir tidak menghalangi  manusia untuk berusaha menentukan masa depannya sendiri, sambil memohon bantuan Ilahi
    Manusia mempunyai kemampuan terbatas  sesuai  dengan  ukuran yang  diberikan oleh Allah kepadanya. Makhluk ini, misalnya, tidak dapat terbang. Ini merupakan salah  satu  ukuran atau batas kemampuan yang dianugerahkan Allah kepadanya. Ia tidak mampu melampauinya, kecuali  jika  ia  menggunakan  akalnya untuk  menciptakan  satu  alat, namun akalnya pun, mempunyai ukuran yang tidak mampu dilampaui.  
    Di sisi lain, manusia berada di bawah hukum-hukum Allah sehingga segala yang kita lakukan pun  tidak terlepas  dari  hukum-hukum yang  telah mempunyai  kadar  dan  ukuran
tertentu. Hanya  saja karena hukum-hukum tersebut cukup banyak, dan kita diberi kemampuan memilih-tidak sebagaimana matahari dan bulan misalnya- maka kita  dapat  memilih  yang mana  di  antara   takdir   yang ditetapkan   Tuhan   terhadap  alam  yang  kita  pilih.                        Api ditetapkan Tuhan panas dan membakar, angin dapat menimbulkan kesejukan  atau  dingin;  itu  takdir Tuhan  -manusia boleh memilih api yang membakar atau angin yang sejuk.         Di  sinilah pentingnya  pengetahuan  dan  perlunya ilham  atau petunjuk Ilahi. Salah satu doa yang diajarkan Rasulullah adalah:

 ' ' ' Wahai Allah, jangan  engkau  biarkan  aku  sendiri  (dengan pertimbangan nafsu akalku saja), walau sekejap."

Apakah Takdir Merupakan Rukun Iman?
   Perlu digarisbawahi bahwa dari sudut pandang studi Al-Quran, kewajiban  mempercayai adanya  takdir tidak secara otomatis menyatakannya sebagai satu di antara rukun iman  yang enam. Al-Quran  tidak  menggunakan  istilah  "rukun" untuk takdir, bahkan  tidak  juga  Nabi Saw. dalam  hadis-hadis  beliau. Memang,  dalam  sebuah  hadis  yang diriwayatkan oleh banyak  pakar  hadis, melalui sahabat  Nabi  Umar  ibn  Al-Khaththab,   dinyatakan   bahwa suatu ketika  datang  seseorang  yang berpakaian sangat  putih,  berambut  hitam  teratur, tetapi tidak  tampak pada penampilannya bahwa ia seorang pendatang, namun, "tidak seorang  pun  di  antara  kami  mengenalnya." 
    Demikian  Umar r.a. Dia bertanya tentang Islam, Iman, Ihsan, dan saat kiamat serta tanda-tandanya. Nabi  menjawab  antara lain dengan menyebut enam perkara iman, yakni percaya kepada Allah,  malaikat-malaikat-Nya,  kitab-kitab-Nya,  Rasul-rasulNya, hari  kemudian, dan "percaya  tentang takdir-Nya yang baik dan yang buruk." Setelah sang penanya pergi, Nabi menjelaskan bahwa, "Dia itu Jibril, datang untuk mengajar kamu, agama kamu." Dari  hadis ini, banyak  ulama merumuskan enam rukun Iman tersebut. Seperti dikemukan di atas, Al-Quran tidak  menggunakan  kata rukun,  bahkan  Al-Quran  tidak pernah menyebut kata takdir dalam satu rangkaian  ayat  yang  berbicara  tentang  kelima perkara  lain  di  atas.  Perhatikan firman-Nya dalam surat Al-Baqarah (2): 285 :  "Rasul percaya tentang apa yang  diturunkan  kepadanya  dari Tuhannya, demikian juga orang-orang Mukmin. Semuanya percaya kepada   Allah,   malaikat-malaikat-Nya,    kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian." Dalam QS Al-Nisa' (4): 136 disebutkan: "Wahai  orang-orang  yang beriman, (tetaplah) percaya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan kepada kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya,  dan  kitab yang disusunkan sebelum (Al-Quran). Barangsiapa yang tidak percaya kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya,  Rasul-rasul-Nya,  dan  hari kemudiam, maka sesungguhnya dia telah sesat sejauh-jauhnya."
    Bahwa kedua ayat di atas tidak menyebutkan  perkara  takdir, bukan  berarti  bahwa  takdir tidak wajib dipercayai. Tidak! Yang  ingin   dikemukakan   ialah   bahwa   Al-Quran   tidak menyebutnya sebagai rukun, tidak pula merangkaikannya dengan kelima perkara lain yang disebut dalam hadis Jibril di atas. Karena  itu, agaknya dapat dimengerti ketika sementara ulama tidak menjadikan  takdir  sebagai  salah  satu  rukun  iman, bahkan dapat dimengerti jika sementara mereka hanya menyebut tiga hal pokok, yaitu keimanan kepada Allah, malaikat,  dan hari  kemudian.  
    Bagi penganut pendapat ini, keimanan kepada malaikat mencakup keimanan tentang apa yang mereka sampaikan (wahyu Ilahi), dan kepada siapa disampaikan, yakni para Nabi dan Rasul. Bahkan  jika  kita  memperhatikan   beberapa   hadis Nabi, seringkali  beliau hanya menyebut dua perkara, yaitu percaya kepada Allah dan hari kemudian. "Siapa yang percaya kepada Allah  dan  hari  kemudian,  maka hendaklah  ia  menghormati tamunya. Siapa yangpercaya kepada Allah dan hari kemudian, maka hendaklah ia menyambung  tali kerabatnya.   Siapa  yang  percaya  kepada  Allah  dan  hari kemudian, maka hendaklah ia berkata benar atau diam."
   Demikian salah satu sabdanya yang diriwayatkan oleh  Bukhari dan Muslim melalui Abu Hurairah. Al-Quran  juga  tidak  jarang  hanya  menyebut dua di antara hal-hal yang wajib dipercayai. Perhatikan  misalnya  surat Al-Baqarah (2): 62 :  "Sesungguhnya  orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, Nasrani, Shabiin (orang-orang yang  mengikuti  syariat Nabi zaman  dahulu,  atau orang-orang yang menyembah bintang atau dewa-dewa), siapa saja di antara  mereka  yang  benar-benar beriman  kepada Allah dan hari kemudian, dan beramal saleh, maka mereka akan menerima  ganjaran  mereka di  sisi  Tuhan mereka,  tidak  ada rasa  takut atas mereka, dan tidak juga mereka akan bersedih."
     Ayat ini  tidak  berarti  bahwa  yang  dituntut  dari  semua kelompok yang disebut di atas hanyalah iman kepada Allah dan hari kemudian, tetapi bersama keduanya  adalah  iman kepada Rasul,   kitab  suci,  malaikat,  dan  takdir.  Bahkan  ayat tersebut dan semacamnya hanya menyebut dua hal pokok, tetapi tetap  menuntut  keimanan  menyangkut  segala  sesuatu yang disampaikan oleh Rasulullah Saw., baik  dalam  enam  perkara yang  disebut  oleh  hadis Jibril  di  atas, maupun perkara lainnya yang tidak disebutkan.
   Demikianlah pengertian takdir dalam  bahasa  dan  penggunaan Al-Quran.
-- media.isnet.org/islam/Quraish/Wawasan/Takdir3.html