Tuesday, April 29, 2014

Hisnul Muslim - Kumpulan Doa dalam Alquran & Hadist

   
bergabiyangbaik.blogspot.com

'''' Untuk download Hisnul Muslim - Kumpulan Doa dalam Alquran & Hadist, silakan di sini...

     Sa'id bin Ali bin Wahf Al-Qahtani adalah seorang penulis produktif dan dosen dari suku asli Arab Al-Qahthani. Dia telah menulis banyak buku Islam yang beberapa bukunya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Karyanya yang paling terkenal adalah buku Hisnul Muslim/Perisai Seorang Muslim - Kumpulan Doa dalam Alquran & Hadist, sebuah buku doa dan dzikir yang paling populer di dunia Islam saat ini. 
      Kitab-Kitab karya DR. Sa'id bin Ali bin Wahf al Qahtani lainya adalah : 
  • Aqidah Muslim 
  • Sholatul Mukmin
  • az-Zakah  fil Islam 
  • ash-Shiyam fil  Islam
  • Manasik  Haji wal Umroh
  • al-Jihad fil Islam 
  • Hisnul Muslim Min Adzkari al Kitab wa as-Sunnah
  • Adz Dzikir,wa ad-Du'a, wa al-'Ilaj bir Ruqo minal  Kitaabi wa as-Sunnah 
  • Fiqh Dakwah fi Shahih  Bukhari 
  • Syarah ad Du'a (Mahir bin Abdul Hamid) 
  • Syarah Hisnul Muslim 
  • al Hikmah fi Dakwah Ilallah
Untuk download Hisnul Muslim, silakan di sini...
-- islamhouse.com
-- courtesy dropbox by : Airis Ayunisa

Siapa Teman Baikmu ?

   
berbagiyangbaik.blogspot.com

' ' 'Jangan pernah berbagi hal-hal pribadi dan berbagi masalahmu tanpa kamu menilai dan memeriksa kualitas pertemanan kamu dengan seseorang, atau kamu akan menyesal nanti....

Setiap orang memiliki banyak teman, tapi setiap teman bisa menjadi sahabat terbaikmu itu belum tentu. Meskipun banyak teman, kita tidak bisa mengatakan bahwa semua teman akan datang untuk membantu setiap kali kita membutuhkan mereka. Setiap kali kita punya masalah, maka kita mencoba untuk menemukan orang yang tepat, yang dapat membantu. Kita harus menjaga persahabatan dengan banyak orang, tapi kita tidak harus berbagi hal-hal pribadi kita ke semua orang.
    Mengapa beberapa teman menjadi begitu penting dalam hidup kita ? Karena setiap kali kita membutuhkan, mereka selalu ada. Beberapa orang berakting seperti teman terbaik tetapi sebenarnya tidak. Setiap kali kita punya masalah dan mencari bantuan beberapa teman membantu, sebagian lain tidak. Sebagian lagi membantu tetapi mengambil manfaat dari masalah yang kita hadapi, lalu menggigit dan tertawa dengan kondisi kita. Saya ingin mengatakan bahwa setiap kali kita jatuh dalam kesulitan kita harus hati-hati memilih teman terbaik di antara banyak teman.
       Siapa teman terbaik ? Teman terbaik adalah yang tidak hanya membantu dan merasakan apa yang kamu alami, tetapi juga memberikan dukungan secara moral dan kadang-kadang finansial dan tidak membuat posisi kamu canggung di depan orang lain bahkan tidak menceritakan  masalah kamu kepada orang lain dalam situasi apapun. 
      Kita perlu teman-teman dalam kehidupan kita untuk bekerja, untuk cinta, untuk bicara, untuk relasi dll. Teruslah berteman tapi berbagilah hal pribadi kamu hanya kepada mereka yang tidak  akan pernah menjerumukan kamu, yang akan berdiri melindungi kamu, yang bisa merasakan kesulitan kamu, yang tidak akan menggigit setelah membantu kamu, yang tidak akan meninggalkanmu sendirian karena takut bahwa dia juga bisa jatuh dalam masalah karena membantumu. 
    Jika beberapa teman pun tidak datang membantumu, mereka justru meninggalkanmu sendirian untuk menangis, lalu apa artinya punya banyak teman ?
     Kita perlu sedikit saja teman dalam kehidupan kita yang selalu bersama kita dalam kondisi apa pun.  Pilih beberapa teman saja di antara banyak temanmu. Renungkan sebelum memilih teman terdekatmu, sebelum memutuskan untuk berbagi. Siapa yang selama ini  peduli padamu, yang tulus memeluk kamu dan memastikan bahwa masalahmu adalah masalahnya, rasa sakitmu adalah rasa sakitnya. Dialah yang tidak akan pernah meninggalkanmu sendirian setiap kali kamu membutuhkannya.
    Jangan berbagi masalah kamu dengan siapa pun dengan asumsi bahwa ia akan membantumu. Pertama, percaya diri, cermati dia,  berikan kesempatan kepadanya untuk membuktikan bahwa dia adalah sahabat terbaikmu. Jangan pernah berbagi hal-hal pribadi dan berbagi masalahmu  tanpa kamu menilai dan memeriksa kualitas pertemanan kamu dengan seseorang, atau kamu akan menyesal nantinya... 
-- DO NOT share, Problem's to Everyone, by Nihal singh, www.amazonintl.in/forum

Sunday, April 27, 2014

Tentang Bulughul Maram

tentang bulughul maram - berbagi kebaikan

    ....Kitab hadits tematik yang memuat hadits-hadits yang dijadikan sumber pengambilan hukum fikih ( istinbath ) oleh para ahli fikih, menjadi rujukan utama, khususnya bagi fikih dari Mazhab Syafi'i....

Bulughul Maram atau Bulugh al-Maram min Adillat al-Ahkam, disusun oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani (773 H - 852 H). Kitab ini merupakan kitab hadits tematik yang memuat hadits-hadits yang dijadikan sumber pengambilan hukum fikih (istinbath) oleh para ahli fikih. Kitab ini menjadi rujukan utama khususnya bagi fikih dari Mazhab Syafi'i. Kitab ini termasuk kitab fikih yang menerima pengakuan global dan juga banyak diterjemahkan di seluruh dunia.
         Ahmad bin Ali bin Muhammad Al-Kinani Al-'Asqalani, Abu Al-Fadhl, Syihabuddin, Ibnu Hajar. Termasuk Imam dan Sejarah. Asalnya dari 'Asqalan di Palestina. Dilahirkan tahun 773 H = 1372 M. di Kairo, dan padanya meninggal dunia tahun 852 H = 1449 M ". ( Subulus-Salaam, I : A ).
       Ia dilahirkan di Mesir pada hari ke dua belas dari bulan Sya'ban tahun 773. Ibunya meninggal dunia pada saat bayi, lalu ayahnya meninggal dunia pada saat kanak-kanak ". ( Taudhihul - Ahkam, I : 18 ).
    Ia masuk madrasah setelah sempurna berusia lima tahun, Kemuadian ia menuntaskan hafal Al-Quran berusia sembilan tahun dan menghafal teks-teks ilmu pada masa kanak-kanak, diantaranya :Al - 'Umdah, Al - Hawiy, As - Shaghir, Mukhtashas Ibnu Al - Hajib, dan Milhatul - I'rab ". ( Taudhihul - Ahkam, I : 18 ).
       Ibnu Hajar rhm. telah menyusun karangan-karangan ( kitab - kitab ) yang sangat banyak tentang fan-fan yang bermacam-macam. Karangan-karangannya itu lebih dari 150 karangan ". ( Al - Badrut - Taman, I : 4 ).
           Untuk download Bulughul Maram, silakan klik di sini...
           Semoga bermanfaat....
-- http://id.wikipedia.org/wiki/Bulughul_Maram
-- http://akhlaqmu.blogspot.com/2010/01/sekilas-penyusun-kitab-bulughul-maram.html
-- File Souece : Pustaka Al Hidaya, dani hidayat
-- Courtesy Dropbox : Airis Ayunisa

Tips Menghadapi Ujian Nasional ( UN )

berbagi kebaikan

'''Semua pelajar pasti memiliki rasa takut ketika berhadapan dengan yang namanya Ujian Nasional... 

karena ujian inilah yang menentukan hasil belajar kita selama bertahun-tahun untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selama 6 tahun (SD), 3 Tahun (SMP dan SMA) kita belajar, menuntut ilmu, namun segiat-giatnya kita belajar selama bertahun-tahun itu, tapi nasib kelulusan dan kepandaian kita harus ditentukan dengan beberapa hari saja melalui ujian nasional. Memang rasanya tidak adil.
Berikut sedikit Tips Menghadapi Ujian Nasional
1. Persiapan Awal yang Matang
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.
2. Tetap Tenang dan percaya diri
Yakinkan pada diri kamu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. Karena percaya diri merupakan poin penting dari salah satu kesiapan dalam ujian nasional. Tanpa adanya kepercayaan diri terkadang otak kita bisa blank hilang konsentrasi. Caranya bisa dengan duduk yang tenang, santai, rileks.
3. Baca, Cermati lalu Pahami baru mengerjakan soal
Tips Menghadapi Ujian Nasional yang ini sangat penting, Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.
4. Hati-hari dalam mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK)
Dalam mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK) sebaiknya hati-hati, jangan sampai basah, terlipat dan selalu menjaga LJK dari minyak, jika hal ini terjadi yang ditakutkan adalah tidak mesin scanner tidak dapat mendeteksi jawaban anda. Tentunya hal ini sangat fatal.
5. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

Sedangkan persiapan secara psikis adalah:
1. Berdoa.
Doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing adalah modal utama persipan psikis. Doa supaya tetap sehat wal’afiat , tidak ada gangguan dalam melaksanakan UN dan dibukakan fikiran untuk menjawab soal-soal UN.
2. Restu orang tua.
Kesuksesan seorang anak tidak lepas dari restu dan doa kedua orang tua. Jika siswa merasa bersalah dan berdosa kepada orang tua selama ini, silahkan minta maaf dan doa kedua orang tua. Restu dan doa orang tua lebih cenderung terkabulkan jika itu benar-benar dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Mudah-mudahan.
3.Pelihara kesehatan mental.
Kesehatan mental sangat dipengaruhi oleh kesehatan jasmani. Oleh sebab itu memelihara kesehatan sangat penting dilakukan oleh siswa. Jika kesehatan terganggu akan berakibat terganggunya konsentrasi menghadapi UN. Ujian dapat dihadapi dengan baik jika kondisi fisik bugar dan fikiran tetap fresh dan tidak stress menghadapi UN.
4.Optimis.
Ini hal penting dimiliki oleh siswa yang akan bertarung menghadapi UN. Siswa harus merasa optimis akan dapat menjalani UN dengan baik sehingga berhasil dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
5.Strategi hitungan.
Aneh bukan? Namun tidak mengada-ada. Strategi hitungan ini memang harus dimiliki oleh siswa sejak awa. Tidak ada soal UN yang sulit untuk diselesaikan. Jika seandainya memang sulit, siswa harus melakukan strategi  perhitungan.Sebagai contoh, jika jumlah butir soal 40 buah. Agar memenuhi kriteria minimal kelulusan ( 5,5). Minimal harus menjawab dengan benar sebanyak 22 butir dari 40 butir soal. Ini perlu dihitung-hitung oleh siswa. Begitu pula jika jumlah soal 50, maka minimal siswa harus menjawab dengan benar sebanyak 28 soal. Jadi, siswa harus tahu betul berapa jumlah soal setiap mata pelajaran yang di-UN-kan.
Demikianlah tips jitu menghadapi UN dan mudah-mudahan bermanfaat serta membantu siswa dalam mempersiapkan UN. Ingat! Keberhasilan siswa dalam UN tidak hanya ditentukan oleh faktor teknis tetapi juga faktor non-teknis. Good Luck!
-- http://belajarpsikologi.com/tips-menghadapi-ujian-nasional/comment-page-4
-- http://www.matrapendidikan.com/2014/03/tips-menghadapi-un.html 

Saturday, April 26, 2014

Tentang Imam Nawawi - 1

download arbain an nawawi - berbagi kebaikan

...Silakan download di sini, Arbain Nawawi atau Al-Arba'in An-Nawawiyah, kitab yang memuat empat puluh dua hadits pilihan yang disusun oleh Imam Nawawi...

      Siapakah Imam Nawawi....
Dia adalah Al-Imam al-Allamah Abu Zakaria Muhyuddin bin Syaraf an-Nawawi ad-Dimasyqi (الإمام العلامة أبو زكريا محيي الدين بن شرف النووي الدمشقي), atau lebih dikenal sebagai Imam Nawawi, adalah salah seorang ulama besar mazhab Syafi'i. Ia lahir di desa Nawa, dekat kota Damaskus, pada tahun631 H dan wafat pada tahun 24 Rajab 676 H. Kedua tempat tersebut kemudian menjadi nisbat nama beliau, an-Nawawi ad-Dimasyqi. Ia adalah seorang pemikir muslim di bidang fiqih dan hadits.
      Imam Nawawi meninggalkan banyak sekali karya ilmiah yang terkenal. Jumlahnya sekitar empat puluh kitab, diantaranya:
1.    Dalam bidang hadits: Arba’in, Riyadhush Shalihin, Al-Minhaj (Syarah Shahih Muslim), At-Taqrib wat Taysir fi Ma’rifat Sunan Al-Basyirin Nadzir.
2.    Dalam bidang fiqih: Minhajuth Thalibin, Raudhatuth Thalibin, Al-Majmu’.
3.    Dalam bidang bahasa: Tahdzibul Asma’ wal Lughat.
4.    Dalam bidang akhlak: At-Tibyan fi Adab Hamalatil Qur’an, Bustanul Arifin, Al-Adzkar.
        Arbain Nawawi atau Al-Arba'in An-Nawawiyah  (Arab:الأربعون النووية) merupakan kitab yang memuat empat puluh dua hadits pilihan yang disusun oleh Imam Nawawi. Arba'in berarti empat puluh namun sebenarnya terdapat empat puluh dua hadits yang termuat dalam kitab ini. Kitab ini bersama dengan kitab Riyadhus Shalihin dianggap sebagai karya Imam Nawawi yang paling terkenal dan diterima umat muslim di seluruh dunia. Kitab ini menjadi favorit di kalangan santri untuk memulai menghafal hadits-hadits Nabi sebelum beralih ke kitab-kitab yang lebih besar.
        Silakan Anda download Arbain Nawawi, di sini.

-- Hadits Arba'in An-Nawawi, Dengan Syarah Ibnu Daqiqil 'Ied, Free for non comercial use - Versi 1.0
Dzulqa'dah 1426 H (Desember 2005), created and compiled by Abu 'Abdillah
Courtesy Drpbox by : Airis Ayunisa

Melawan Gravitasi - 1

berbagiyangbaik.blogspot.com

...Setiap batu diperkirakan beratnya 1.000 ton! Tidak ada derek super canggih yang ada sekarang mampu mengangkatnya...

Apakah teknologi luar biasa yang memungkinkan orang Mesir kuno mampu membangun piramida  ?
    Reruntuhan beberapa peradaban kuno, dari Stonehenge sampai piramida - menunjukkan bahwa mereka menggunakan batu-batu besar untuk membangun monumen mereka. Pertanyaan adalah mengapa ? Mengapa menggunakan potongan-potongan batu ukuran besar dan berat sementara struktur yang sama bisa saja dibangun dengan lebih mudah bila memakai blok yang lebih kecil, seperti kita menggunakan batu bata saat ini ?
   Mungkinkah mereka memiliki metode mengangkat dan memindahkan batu-batu besar, beberapa beratnya sampai berton-ton, semudah mengangkat batu beberapa kilo saja ? Mungkinkah mereka menguasai teknologi untuk mengangkat benda-benda berat, dengan sonik atau metode lainnya yang belum jelas,  yang memungkinkan mereka untuk melawan gravitasi dan memanipulasi benda-benda  berat dengan mudah ?

Piramida Mesir
   Bagaimana piramida besar Mesir dibangun telah menjadi subyek perdebatan selama ribuan tahun. Faktanya adalah tidak ada yang benar-benar tahu pasti  bagaimana mereka dibangun. Estimasi terkini adalah  butuh tenaga kerja sebanyak 4.000 hingga 5.000 pria berumur 20 tahunan untuk membangun Piramida Besar menggunakan tali, katrol, pengungkit dan butuh kecerdikan dan usaha keras. Dan itu sangat tidak mungkin. Tapi ada bagian menarik dalam teks sejarah oleh sejarawan Arab abad ke-10 , Abul Hasan Ali Al - Masudi , yang dikenal sebagai Herodotus-nya bangsa Arab.  Al - Masudi telah melakukan perjalanan jauh  pada zamannya sebelum menetap di Mesir, dan ia telah menulis 30 seri sejarah  dunia. Dia juga terkesan dengan kemegahan piramida Mesir dan menulis tentang bagaimana blok batu besar  itu diangkut.
   Pertama, katanya, " papirus ajaib " ( kertas) ditempatkan di bawah batu yang akan  dipindahkan. Kemudian batu itu dipukul/didorong dengan batang logam yang menyebabkan batu terangkat dan bergerak sepanjang jalur yang diaspal dan berpagar di kedua sisinya dengan tiang logam. Batu itu akan menempuh perjalanan sepanjang  jalan, tulis  Al - Masudi, untuk jarak sekitar 50 meter dan kemudian dikumpulkan ke tanah. Proses ini kemudian akan diulang sampai semua batu terkumpul di tempat yang diinginkan.
   Mengingat piramida sudah ribuan tahun ketika Al  Masudi menulis penjelasan ini, kita harus bertanya-tanya di mana dia mendapat informasi itu. Apakah itu bagian dari sejarah lisan yang diwariskan dari generasi ke generasi di Mesir ? Rincian yang tidak biasa dari cerita ini meningkatkan kemungkinan itu. Atau apakah ini hanya cerita fantastis yang dibuat oleh seorang penulis berbakat yang, seperti banyak yang mengagumi piramida hari ini, menyimpulkan bahwa pasti ada beberapa kekuatan magis yang luar biasa digunakan untuk membangun seperti struktur megah itu ?
   Teknologi apa yang membuat mereka mampu mengangkat benda ratusan ton ?  Apakah mereka  memiliki teknologi vibrasi yang mampu mengangkat batu dengan gelombang suara/sonik ? Atau apakah mereka memiliki teknologi levitasi magnetik, seperti kereta maglev yang mengambang di bantalan magnetik.... ?

Megalith
   Piramida Mesir bukan satu-satunya bangunan-bangunan kuno yang dibangun dari blok-blok batu besar.  Banyak  kuil dan monumen di seluruh dunia mengandung komponen batu dengan ukuran yang luar biasa, namun sedikit yang diketahui bagaimana  cara mereka dibangun.
   The Temple of Jupiter di Baalbek, Lebanon memiliki fondasi  yang berisi tiga blok batu terbesar yang pernah digunakan dalam struktur buatan manusia. Setiap blok diperkirakan beratnya 1.000 ton ! Tidak ada derek super canggih yang ada sekarang mampu mengangkatnya, namun mereka diposisikan bersama-sama dengan presisi luar biasa yang bahkan tidak sebatang jarum pun  bisa diselipkan di antara  celahnya. Satunya lagi adalah batu yang lebih besar lagi. Dikenal sebagai Hajar el Hibla, Batu  Wanita Hamil, ditinggalkan di tambang,  tidak pernah digunakan. Tapi blok persegi panjang raksasa ini adalah batu terbesar yang pernah dipotong oleh manusia, beratnya luar biasa,  1.200 ton.  Diperkirakan dibutuhkan kekuatan dari 16.000 laki-laki untuk memindahkannya dan merupakan tantangan berat untuk mesin dan teknologi abad ke-20 ini.

melawan gravitasi - berbagi kebaikan

melawan gravitasi - berbagi kebaikan
   
   Di dataran tinggi terisolasi di Tiahuanaco , Bolivia , 13.000 kaki di atas permukaan laut, berdiri sebuah monumen mengesankan disebut Puerta del Sol , atau Sun Gate. Gerbang berukir beratnya sekitar 10 ton, dan bagaimana struktur itu bisa sampai ke lokasi itu adalah sebuah misteri .
melawan gravitasi - berbagi kebaikan
   Nan Madol , kadang-kadang disebut "Machu Pichu Pasifik" adalah reruntuhan besar di pulau Pohnpei, ibukota Negara Federasi Mikronesia. Kota yang hilang ini dibangun sekitar 200 SM, terdiri dari ratusan log batu yang ditumpuk, masing-masing  sekitar 5 meter panjangnya dan beberapa kaki diameternya. Log Batu itu ditumpuk seperti kayu bakar, membentuk dinding setinggi 40 meter dan tebal 18 meter.  Setiap log batu diperkirakan beratnya sekitar 2,5 ton. Bagaimana mereka dipindahkan dan diangkat ke posisi seperti  itu, tidak diketahui .
melawan gravitasi - berbagi kebaikan

    Apa rahasia di  beragam budaya  kuno ini  yang mereka miliki untuk memanipulasi blok-blok batu besar ? Budak yang melimpah yang dipaksa bekerja keras ? Atau ada cara lain yang lebih misterius ? Tidak ada catatan tentang bagaimana struktur ini dibangun. Namun, dalam hampir setiap budaya di mana  megalith ada, legenda juga ada bahwa batu-batu besar itu dipindahkan dengan cara akustik, baik dengan  mantra yang diteriakkan penyihir, dengan lagu, dengan  tongkat sihir atau tabung untuk menghasilkan resonansi akustik, atau dengan terompet, gong, kecapi, simbal atau peluit.
-- diterjemahkan dari : http://paranormal.about.com/od/antigravity/a/The-Ancient-Secrets-Of-Levitation.htm

Friday, April 25, 2014

Tentang Tafsir Jalalain

berbagiyangbaik.blogspot.com
Al-Qur'an laksana intan permata yang setiap ujungnya memancarkan cahaya berkilauan. Ilustrasi ini memberikan pengertian bahwa al-Qur'an merupakan mata air yang telah mengilhami munculnya berjilid-jilid kitab tafsir. Mereka, para mufasir yang menulis kitab tafsir itu, menggunakan beragam metode dalam menafsirkan al-Qur'an
Salah satu kitab tafsir yang sangat familier di Indonesia, terutama di kalangan pondok pesantren, adalah kitab tafsir Jalalain. Kitab ini sangat mudah dijumpai karena sampai sekarang pengkajian kitab ini masih dapat kita temukan di berbagai pondok di Indonesia. Dalam makalah ini akan dikaji tentang seluk beluk yang berkaitan dengan tafsir Jalalain.
Biografi Pengarang
Kitab ini dikarang oleh dua orang Imam yang agung, yakni Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin al-Suyuthi. Jalaluddin al-Mahalli bernama lengkap Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ibrahim bin Ahmad al-Imam al-Allamah Jalaluddin al-Mahalli. Lahir pada tahun 791 H/1389 M di Kairo, Mesir. Ia lebih dikenal dengan sebutan al-Mahalli yang dinisbahkan pada kampung kelahirannya. Lokasinya terletak di sebelah barat Kairo, tak jauh dari sungai Nil.
Sejak kecil tanda-tanda kecerdasan sudah mencorong pada diri Mahalli. Ia ulet menyadap aneka ilmu, misalnya tafsir, ushul fikih, teologi, fikih, nahwu dan logika. Mayoritas ilmu tersebut dipelajarinya secara otodidak, hanya sebagian kecil yang diserap dari ulama-ulama salaf pada masanya, seperti al-Badri Muhammad bin al-Aqsari, Burhan al-Baijuri, A'la al-Bukhari dan Syamsuddin bin al-Bisati. Al-Mahalli wafat pada awal tahun 864 H bertepatan dengan tahun 1455 M.
Sedangkan al-Suyuthi bernama lengkap Abu al-fadhl Abdurrahman bin Abi Bakr bin Muhammad al-Suyuthi al-Syafi'i. Beliau dilahirkan pada bulan Rajab tahun 849 H dan ayahnya meninggal saat beliau berusia lima tahun tujuh bulan. Beliau sudah hafal al-Qur'an di luar kepala pada usia delapan tahun dan mampu menghafal banyak hadis. Beliau juga mempunyai guru yang sangat banyak. Di mana menurut perhitungan muridnya, al-Dawudi, mencapai 51 orang. Demikian juga karangan beliau yang mencapai 500 karangan. Beliau meninggal pada malam Jum'at 19 Jumadil Awal 911 H di rumahnya.

Latar Belakang Penulisan
Riwayat hidup al-Mahalli tak terdokumentasi secara rinci. Hal ini disebabkan ia hidup pada masa kemunduran dunia Islam. Lagi pula ia tak memiliki banyak murid, sehingga segala aktivitasnya tidak terekam dengan jelas. Walau begitu, al-mahalli dikenal sebagai orang yang berkepribadian mulia dan hidup sangat pas-pasan, untuk tidak dikatakan miskin. Guna memnuhi kebutuhan sehari-hari, ia bekerja sebagai pedagang. Meski demikian kondisi tersebut tidak mengendurkan tekadnya untuk terus mengais ilmu. Tak mengherankan jika ia mempunyai banyak karangan yang salah satunya adalah Tafsir al-Qur'an al-'Adzim yang lebih dikenal dengan nama Tafsir Jalalain tetapi belum sempurna.
Sedangkan al-Suyuthi-lah yang menyempurnakan "proyek" gurunnya. Pada mulanya beliau tidak berminat menulis tafsir ini, tetapi demi memelihara diri dari apa yang telah disebutkan oleh firman-Nya: (“dan barang siapa yang buta hatinya didunia ini, niscaya diakhirat nanti ia akan lebih buta dan lebih tersesat dari jalan yang benar”). (Qs, al-Isra’ :72)
maka dia menulis kitab ini, kitab ini selesai ditulis pada hari Ahad, tanggal 10 Syawal 870 Hijriah, Penulisannya di mulai pada hari rabo, awal ramadhan dalam tahun yang sama, kemudian konsep jadinya diselesaikan pada hari Rabu 8 Safar 871 Hijriah.

Bentuk, Metode dan Corak Tafsir Jalalain
Istilah bentuk penafsiran tidak dijumpai dalam kitab-kitab 'ulum al-Qur'an (ilmu tafsir) pada abad-abad yang silam bahkan sampai periode modern sekalipun tidak ada ulama tafsir yang menggunakannya. Oleh karenanya tidak aneh bila dalam kitab-kitab klasik semisal al-Burhan fi 'Ulum al-Qur'an karangan al-Zarkasyi, al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an karya al-Suyuthi, dan lain-lain tidak dijumpai term tersebut.
Namun menurut Nashruddin Baidan, dapat disimpulkan bahwa penafsiran yang diterapkan olah para mufasir sejak pada masa Nabi sampai dewasa ini dapat dikerucutkan menjadi dua macam, yakni tafsir bi al-ma'tsur dan bi al-ra'y.
Tafsir Jalalain merupakan tafsir yang menggunakan bentuk bi al-ra'y. Karena dalam menafsirkan ayat demi ayat menggunakan hasil pemikiran atau ijtihad para mufasir (meskipun tidak menafikan riwayat). Sebagai contoh ketika al-Jalalain menafsirkan penggalan ayat berikut ini:

(ولا تتبدلواالخبيث) الحرام (بالطيب) الحلال أى تأخذوه بدله كما تفعلون من أخذ الجيد من مال اليتيم وجعل الردئ من مالكم مكانه.
Di sini kelihatan dengan jelas bahwa ketika menafsirkan penggalan ayat tersebut al-Suyuthi murni menggunakan pemikirannya tanpa menyebut riwayat. Sedangkan Ibnu Katsir menggunakan bentuk bi al-ma'tsur. Beliau ketika menafsirkan penggalan suatu ayat  langsung merujuksuatu riwayat. Sehingga seakan-akan beliau tidak punya pendapat sendiri tentang hal tersebut. Hal inilah yang membedakan antara bentuk bi al-ma'tsur dengan bentuk bi al-ra'y. Tafsir yang menggunakan bentuk bi al-ma'tsur sangat tergantung dengan riwayat. Tafsir ini akan tetap ada selama riwayat masih ada. Berbeda dengan tafsir bi al-ra'y yang akan selalu berkembang dengan perkembangan zaman. Adapun mengenai metode yang digunakan tafsir Jalalain menggunakan metode Ijmali (global). Sebagaimana diungkapkan oleh al-Suyuthi bahwa beliau menafsirkan sesuai dengan metode yang dipakai oleh al-Mahalli yakni berangkat dari qoul yang kuat, I'rab lafadz yang dibutuhkan saja, perhatian terhadap Qiraat yang berbeda dengan ungkapan yang simpel dan padat serta meninggalkan ungkapan-ungkapan bertele-tele dan tidak perlu. Mufasir yang menggunakan metode ini biasanya menjelaskan ayat-ayat al-Qur'an secara ringkas dengan bahasa populer dan mudah dimengerti. Ia akan menafsirkan al-Qur'an secara sistematis dari awal hingga akhir. Di samping itu, penyajiannya diupayakan tidak terlalu jauh dari gaya (uslub) bahasa al-Qur'an, sehingga penbengar dan pembacanya seakan-akan masih tetap mendengar al-Qur'an, padahal yang didengarnya adalah tafsirnya.
Berbeda dengan metode yang digunakan oleh Ibnu Katsir sebagaimana terlihat dalam contoh. Dari contoh tersebut Ibnu Katsir menggunakan metode Tahlili (analitis). Perbedaannya terletak pada terget yang ingin dicapai. Jika yang diinginkan adalah hanya untuk mengetahui makna kosa kata, tidak memerlukan uraian yang luas, maka cukup menggunakan metode Ijmali seperti Tafsir Jalalain. Tetapi jika target yang ingin dicapai adalah suatu penafsiran yang luas tetapi tidak menuntaskan pemahaman yang terkandung dalam ayat secara komprehensif, maka metode yang cocok adalah metode Tahlili (analitis), sebagaimana tafsirnya Ibnu Katsir. Corak penafsiran ialah suatu warna, arah, atau kecenderungan pemikiran atau ide tertentu yang mendominasi sebuah karya tafsir. Jadi kata kuncinya adalah terletak pada dominan atau tidaknya sebuah pemikiran ide tersebut. Bila sebuah kitab tafsir mengandung banyak corak (minimal tiga corak) dan kesemuanya tidak ada yang dominan karena porsinya sama, maka inilah yang disebut corak umum.
Adapun tafsir Jalalain karena uraiannya sangat singkat dan padat dan tidak tampak gagasan ide-ide atau konsep-konsep yang menonjol dari mufasirnya, maka jelas sekali sulit untuk memberikan label pemikiran tertentu terhadap coraknya. Karena itu pemakaian corak umum baginya terasa sudah tepat kerena memang begitulah yang dijumpai dalam tafsiran yang diberikan dalam kitab tersebut. Itu artinya bahwa dalam tafsirnya tidak didominasi oleh pemikiran-pemikiran tertentu melainkan menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan kandungan maknanya.

Budaya tafsir-menafsir merupakan bagian dari peradaban Islam. Budaya ini yang menjadikan intelektual Islam menjadi terangkat namanya dalam kancah internasional. Salah satu tafsir yang populer di Indonesia adalah tafsir Jalalain. Tafsir ini begitu populernya, sehingga hukumnya "wajib" mengkaji tafsir ini di kalangan pesantren. Kesemuanya itu tak terlepas dari isi tafsir itu sendiri yang isinya singkat dan padat serta para mufasirnya yang begitu karismatik.

        -- Di sini tersedia download Tafsir Jalalain komplit, TAFSIR JALALAIN, Jalaluddin Asy-Syuyuthi & Jalaluddin Muhammad Ibn Ahmad Al-Mahalliy, PESANTREN PERSATUAN ISLAM 91  KOTA TASIKMALAYA Final Version, Tasikmalaya, 1 Jumadits Tsani s.d. 1 Rajab 1429 H / 10 Juni 2009 M, Kompilasi CHM oleh Dani Hidayat

Thursday, April 24, 2014

10 Hal yang Merusak Keislaman

berbagiyangbaik.blogspot.com
Berikut ini adalan 10 hal yang dapat merusak dan membatalkan keislaman seorang muslim, semoga kita dijauhkan oleh Allah dari padanya.....
Para ulama rahimahumullah telah menyebutkan dalam bab hukum kemurtadan, bahwa seorang muslim bisa di anggap murtad ( keluar dari agama Islam) dengan berbagai macam hal yang membatalkan keislaman, yang menyebabkan halal darah dan hartanya dan di anggap keluar dari agama Islam.
Yang paling berbahanya dan yang paling banyak terjadi ada sepuluh hal, yang di sebutkan oleh Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab dan para ulama lainnya, dan kami sebutkan secara ringkas, dengan sedikit tambahan penjelasan untuk anda, agar anda dan orang – orang selain anda berhati hati dari hal ini, dengan harapan dapat selamat dan terbebas darinya.
           
Pertama:
Diantara sepuluh hal yang membatalkan keislaman tersebut adalah mempersekutukan Allah ( syirik ) dalam beribadah.
Allah berfirman:
 إن الله لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء[ سورة النساء، الآية : 116

Artinya : “ Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik(menyekutukan ) kepadaNya, tetapi mengampuni dosa selain itu, kepada orang – orang yang dikehendakinya “.( Annisa’ ayat : 116)

Allah berfirman:

 إنه من يشرك بالله فقد حرم الله عليه الجنة ومأواه النار وما للظالمين من أنصار[ سورة المائدة : 72.

Artinya: “ sesungguhnya orang yang mempersekutukan Allah, niscaya Allah akan mengharamkan surga baginya, dan tempat tinggalnya (kelak) adalah neraka, dan tiada seorang penolong pun bagi orang – orang zhalim” .( Al- Maidah : 72).

Dan di antara perbuatan kemusyrikan tersebut adalah ; meminta do’a dan pertolongan kepada orang- orang yang telah mati, bernadzar dan menyembelih korban untuk mereka.

Kedua:
Menjadikan sesuatu sebagai perantara antara dirinya dengan Allah Y, meminta do’a dan syafaat serta bertawakkal ( berserah diri ) kepada perantara tersebut.
Orang yang melakukan hal itu, menurut ijma’ ulama ( kesepakatan) para ulama, adalah kafir.

Ketiga :
Tidak menganggap kafir orang- orang musyrik, atau ragu atas kekafiran mereka, atau membenarkan konsep mereka. Orang yang demikian ini adalah kafir.

Keempat:
Berkeyakinan bahwa tuntunan selain tuntunan Nabi Muhammad  lebih sempurna, atau berkeyakinan bahwa hukum selain dari beliau lebih baik, seperti ; mereka yang mengutamakan aturan - aturan thaghut (aturan – aturan manusia yang melampaui batas serta menyimpang dari hukum Allah ), dan mengesampingkan hukum Rasulullah  , maka orang yang berkeyakinan demikian adalah kafir.

Kelima :
Membenci sesuatu yang telah ditetapkan oleh Rasulullah  , meskipun ia sendiri mengamalkannya. Orang yang sedemikian ini adalah kafir. Karena Allah telah berfirman :

 ذلك بأنهم كرهوا ما أنزل الله فأحبط أعمالهم [ سورة محمد, الآية : 9.

Artinya :Demikian itu adalah dikarenakan mereka benci terhadap apa yang di turunkan oleh Allah Y, maka Allah menghapuskan (pahala ) segala amal perbuatan mereka”. ( Muhammad : 9).

Keenam:
Memperolok–olok sesuatu dari ajaran Rasulullah , atau memperolok – olok pahala maupun siksaan yang telah menjadi ketetapan agama Allah Y, maka orang yang demikian menjadi kafir, karena Allah telah berfirman :

 قل أبالله وآياته ورسوله كنتم تستهزئون لا تعتذروا قد كفرتم بعد إيمانكم [ سورة التوبة، الآية : 65-66.

Artinya : “ katakanlah ( wahai Muhammad ) terhadap Allah kah dan ayat – ayat Nya serta RasulNya kalian memperolok – olok ? tiada arti kalian meminta maaf, karena kamu telah  kafir setelah beriman “ . (At- Taubah : 65- 66).

Ketujuh :
Sihir di antaranya adalah ilmu guna-guna yang merobah kecintaan seorang suami terhadap istrinya menjadi kebencian, atau yang menjadikan seseorang mencintai orang lain, atau sesuatu yang di bencinya dengan cara syaitani.dan orang yang melakukan hal itu adalah kafir, karena Allah telah berfirman :

 وما يعلمان من أحد حتى  يقولا إنما نحن فتنة فلا تكفر[ سورة البقرة، الآية : 102.

Artinya :” Sedang kedua malaikat itu tidak mengajarkan  (suatu sihir) kepada seorangpun, sebelum mengatakan: sesungguhnya kami hanya cobaan bagimu, sebab itu janganlah kamu kafir “.( Al-Baqarah : 102.)

Kedelapan:
Membantu dan menolong orang – orang musyrik untuk memusuhi kaum muslimin. Allah berfirman:

 ومن يتولّهم منكم فإنه منهم إن الله لا يهدي القوم الظالمين [ سورة المائة، الآية : 51.

Artinya : “ Dan barang siapa diantara kamu mengambil mereka (Yahudi dan Nasrani ) menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang tersebut termasuk golongan mereka. sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang – orang yang zhalim” .( Al- Maidah: 51).

Kesembilan:
Berkeyakinan bahwa sebagian manusia diperbolehkan tidak mengikuti syari’at Nabi Muhammad  , maka yang berkeyakinan seperti ini adalah kafir. Allah berfirman :

 ومن يبتغ غير الإسلام دينا فلن يقبل منه وهو في الآخرة من الخاسرين [ سورة آل عمران: 85.

Artinya:” Barang siapa menghendaki suatu agama selain Islam, maka tidak akan diterima agama itu dari padanya, dan ia di akhirat tergolong orang- orang yang merugi”.( Ali- Imran: 85).

Kesepuluh :
Berpaling dari ِِAgama Allah Y; dengan tanpa mempelajari dan tanpa melaksanakan ajarannya. Allah berfirman :

 ومن أظلم ممن ذكر بآيات ربه ثم أعرض عنها إنَّا من المجرمين منتقمون[ سورة السجدة : 22.

Artinya :  “ Tiada yang lebih zhalim dari pada orang yang telah mendapatkan peringatan melalui ayat – ayat Tuhannya, kemudian ia berpaling dari padanya. Sesungguhnya kami minimpakan pembalasan kepada orang yang berdosa “. ( As- Sajadah : 22).

Dalam hal- hal yang membatalkan keislaman ini , tak ada perbedaan hukum antara yang main-main, yang sungguh- sunnguh ( yang sengaja melanggar ) ataupun yang takut, kecuali orang yang di paksa. Semua itu merupakan hal- hal yang paling berbahaya dan paling sering terjadi. Maka setiap muslim hendaknya menghindari dan takut darinya. Kita berlindung kepada Allah dari hal- hal yang mendatangkan kemurkaan Nya dan kepedihan siksaanNya. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada makhluk Nya yang terbaik, para keluarga dan para sahabat beliau. Dengan ini maka habis dan selesai kata-katanya. Rahimahullah.

Termasuk dalam nomer empat :
Orang yang berkeyakinan bahwa aturan- aturan dan perundang – undangan yang diciptakan manusia lebih utama dari pada syariat Islam, atau bahwa syariat Islam tidak tepat untuk diterapkan pada abad ke dua puluh ini, atau berkeyakinan bahwa Islam adalah sebab kemunduran kaum muslimin, atau berkeyakinan bahwa Islam itu terbatas dalam mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhannya saja, dan tidak mengatur urusan kehidupan yang lain.
Juga orang yang berpendapat bahwa  melaksanakan hukum Allah dan memotong tangan pencuri, atau merajam pelaku zina ( muhsan) yang telah kawin tidak sesuai lagi di masa kini.
Juga orang yang berkeyakinan diperbolehkannya pengetrapan hukum selain hukum Allah dalam segi mu’amalat syar’iyyah, seperti perdagangan, sewa menyewa, pinjam meminjam, dan lain sebagainya, atau dalam menentukan hukum pidana, atau lain-lainnya, sekalipun tidak disertai dangan keyakinan bahwa hukum- hukum tersebut lebih utama dari pada syariat Islam.
Kerena dengan demikian ia telah menghalalkan apa yang telah diharamkan oleh Allah , menurut kesepakatan para ulama’.sedangkan setiap orang yang telah menghalalkan apa yang sudah jelas dan tegas diharamkan oleh Allah dalam agama, seperti zina, minum arak, riba dan penggunaan perundang- undangan selain Syariat Allah Y, maka ia adalah kafir, merurut kesepakatan para umat Islam.

Kami mohon kepada Allah agar memberi taufiq kepada kita      semua untuk setiap hal yang di ridhai Nya, dan memberi petunjuk kepada kita dan kepada seluruh umat Islam jalannya yang lurus. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar dan maha Dekat. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad , kepada para keluarga dan para shahabat beliau.
-- Hal-hal yang Membatalkan Keislaman, Oleh Shekh Abdul Aziz Bin Abdullah Bin Baz,   Penerjemah : Abu Azka Faridy, Editor : Muhammadun Abd Hamid,  Muh Mu’inudilillah

Wednesday, April 23, 2014

Selamat Tinggal Charger

   
berbagiyangbaik.blogspot.com
Selamat tinggal charger ? Ya,...mungkin tidak lama lagi charger akan jadi tinggal kenangan. Sekarang sedang dikembangkan sistem nirkabel yang  dapat mengisi ulang setiap telepon, menyalakan televisi tanpa kabel dari jarak 5 meter. Ini bisa berarti akhir dari  kabel listrik. 
    Peneliti Korea  dari KAIST ( Korea Advanced Institute of Science and Technology ) telah meluncurkan sebuah sistem pengisian nirkabel eksperimental yang bisa top up atau mengisi ulang batere  telefon  semua orang di kantor secara nirkabel. 
     Sistem ini dapat mengirimkan tenaga listrik hingga 5 meter dan mengisi ulang  40 telepon genggam sekaligus secara bersamaan, bahkan cukup kuat untuk menyalakan TV. Eksperimen ini disebut sebagai Dipole Coil Resonant System ( DCRS ). 
     Chun T. Rim, seorang profesor Nuklir & Quantum Engineering di KAIST Korea mengatakan, sistem ini juga dapat membangkitkan daya listrik untuk peralatan elektronik yang lebih besar . Dengan DCRS, LED TV besar serta tiga buah kipas angin berdaya 40 watts dapat dialiri listrik tanpa kabel dari jarak 5 meter . Rekor jarak terjauh untuk teknologi nirkabel .
     Sistem charger nirkabel saat ini masih membutuhkan pad pengisian untuk meletakkan atau menempelkan handphone yang akan dicharge. Dengan sistem baru , kita  tidak akan perlu mengeluarkan charger  dari tas atau saku. Namun para peneliti mengakui, bahwa saat ini sistem ini masih sangat mahal untuk diaplikasikan, tapi para peneliti yakin, inilah solusi untuk masa depan,.
    Sama seperti kita melihat zona Wi-Fi di mana-mana hari ini, kita kelak akan memiliki banyak zona Wi-Power di tempat-tempat seperti restoran dan jalan-jalan yang menyediakan tenaga listrik tanpa kabel ke perangkat elektronik. 
      Kita akan menggunakan semua perangkat di mana saja tanpa kabel kusut terpasang dan kapan saja tanpa khawatir pengisian baterai .

Bagaimana Cara Kerjanya ?
     Teknologi dan teori di balik pengisian nirkabel telah dikembangkan untuk waktu yang lama, ide awalnya diusulkan oleh Nikola Tesla. Pengisian nirkabel, juga dikenal sebagai pengisian induktif, didasarkan pada beberapa prinsip sederhana. Teknologi ini membutuhkan dua kumparan ; pemancar dan penerima. 
     Arus bolak-balik dilewatkan melalui kumparan pemancar, menghasilkan medan magnet. Hal ini pada gilirannya menyebabkan tegangan di kumparan penerima, ini dapat digunakan untuk menyalakan sebuah perangkat mobile atau mengisi baterai. 

berbagiyangbaik.blogspot.com

-- Diterjemahkan dari : http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2610756/The-end-charger-Wireless-power-recharge-EVERY-phone-office-TV-5-metres-away.html

Tuesday, April 22, 2014

NASA Kirim Google Tango ke Angkasa Luar

berbagi kebaikan
Google baru saja menyiapkan proyek baru, Project Tango, proyek pengembangan smartphone Android berlayar 5 inci yang dilengkapi dengan sensor 3D seperti Kinect dan komponen lain  yang dapat mendeteksi gerakan dan sekaligus memetakan lingkungan sekitar Anda. Tidak seperti perangkat 3D sensor yang  lain, termasuk Kinect, Project Tango dilengkapi dengan apa yang disebut  ' vision processor '  Myriad 1 produksi Movidius. Sensor ini memungkinkan smartphone tersebut  untuk membuat lebih dari seperempat juta pengukuran 3D setiap detik memperbarui posisi dan orientasi secara real-time kemudian menggabungkan data ke dalam model tiga dimensi ruangan di sekitar Anda.
        Otak dibalik proyek ini adalah Google's Advanced Technology and Projects (ATAP) dan kepala ATAP Johnny Lee (sebelumnya dari tim Microsoft Kinect ) mengatakan bahwa prototipe ini berusaha untuk memberikan perangkat smartphone akan pemahaman ruang dan gerak seperti manusia dan memungkinkan penggunanya mendapatkan pengalaman baru. Google juga menyebutkan kemungkinan smartphone sebagai alat bantu navigasi untuk tunanetra.
         Sebuah prototipe smart phone project tanggo juga akan dikirim ke luar angkasa bersama robot nasa yang bernama NASA SPHERES. Google dan Nasa  telah bekerja sama untuk mengintegrasikan smartphone prototipe Project Tango Google ke dalam NASA SPHERES, robot berbentuk bola hexagonal seukuran bola voli. Robot tersebut dirancang untuk mengapung di sekitar Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS ) dan membantu astronot. Selama ini, NASA SPHERES dapat melakukan navigasi dasar dalam bagian tertentu saja dari ISS, dengan menggunakan ultrasound dan mendeteksi cahaya inframerah, tetapi dengan diintegrasikananya Nasa Speres dengan Tango, NASA berharap dengan kemampuan deteksi yang lebih rinci yang dimiliki Tango dapat membantu robot tersebut untuk menjelajahi area yang lebih luas dari stasiun ISS dan sepenuhnya menavigasi dirinya sendiri.
       Yang cukup menarik, ini bukan smartphone Google pertama yang dikirim ke ISS dan diintegrasikan ke NASA SPHERES, pada tahun 2011, Nexus S dikirim luar angkasa juga dengan maksud menambah kemampuan sensor NASA SPHERES.
        Untuk melihat videonya, klik di sini ya !


berbagi kebaikan

berbagiyangbaik.blogspot.com

Angkasa

-- Diterjemahkan dari : http://www.theverge.com/2014/4/19/5629254/nasa-google-partnership-puts-tango-smartphone-on-spheres-robots
https://www.google.com/atap/projecttango/
Video  Source :  http://www.nasa.gov/content/project-tango-on-spheres/#.U1doI1WSxQg


Sunday, April 20, 2014

Video Sinar-X Cara Kerja Sayap Lalat

video
Lalat adalah satu di antara hewan-hewan yang disebut di dalam Al Qur’an, sebagai satu saja dari banyak satwa yang mengungkap pengetahuan tak terbatas Tuhan kita. Allah Yang Mahakuasa berfirman tentang hal ini dalam ayat ke-73 surat Al Hajj:
Wahai manusia ! Telah dibuat suatu perumpamaan. Maka dengarkanlah! Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak akan dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemahnya yang menyembah dan yang disembah. (QS. Al Hajj, 22:73)
Video dengan sinar-X ini  memperlihatkan  bagaimana lalat mengepakkan sayapnya. Citra tembus pandang  dalam tubuh lalat mengingatkan kita pada citra di film-film tentang alien. Graham Taylor di University of Oxford dan koleganya menggunakan sinar-X yang dihasilkan oleh akselerator partikel di Paul Scherrer Institute di Swiss untuk mengintip cara kerja otot-otot lalat, untuk mempelajari bagaimana cara kerja  sayapnya .
Video ini , yang berfokus pada thorax lalat , menyoroti otot-otot yang membantu terbang . Otot-otot besar ditampilkan dalam warna merah , oranye dan kuning memberikan kekuatan yang membuat lalat mampu terbang tinggi, sementara otot-otot yang jauh lebih kecil ditampilkan dalam warna hijau , biru dan cyan digunakan untuk kontorl kemudi . Setiap otot kontraksi dan relaks dalam satu arah , tetapi gerak kolektif mereka menciptakan pola kepakan sayapyang kompleks yang bergerak dalam tiga dimensi . Mekanisme ini dapat menginspirasi insinyur merancang perangkat mekanis kecil.
Otot-otot penerbangan dari banyak serangga seperti capung mengerut sangat kuat akibat rangsangan yang ditimbulkan oleh saraf-saraf yang mengendalikan setiap gerakan mereka.
Meskipun telah dilakukan penelitian terkini, walaupun seluruh teknologi telah Allah berikan kepada manusia, amat banyak ciri makhluk hidup yang masih menyimpan sisi-sisi menakjubkannya. Sebagaimana pada segala sesuatu yang telah Allah ciptakan, dalam tubuh seekor lalat memperlihatkan bukti melimpah pengetahuan mahatinggi. Dengan mengkaji seluk beluknya, siapa pun yang berpikir akan mampu sekali lagi merenung di atas kekagumannya yang mendalam kepada Allah dan ketaatan kepadaNya.
Sejumlah penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan terhadap perangkat penerbangan lalat dan serangga-serangga kecil lainnya diuraikan di bawah ini. Kesimpulan yang muncul darinya adalah tiada kekuatan acak, coba-coba atau wujud selain Allah yang mampu menciptakan kerumitan seekor serangga sekalipun.
Otot terbang dari banyak serangga seperti belalang dan capung mengerut sangat kuat akibat rangsangan yang ditimbulkan saraf-saraf yang mengendalikan setiap gerakannya. Pada belalang, misalnya, sinyal-sinyal kiriman setiap saraf menyebabkan otot-otot terbang mengerut. Dengan bekerja bergantian, tidak saling berlawanan, dua kelompok otot yang saling melengkapi, yang dinamakan elevator (pengangkat) dan depresor (penurun), memungkinkan sayap-sayap terangkat dan mengepak ke bawah.
Belalang mengepakkan sayapnya 12 hingga 15 kali per detik, dan agar dapat terbang serangga-serangga lebih kecil harus mengepakkan sayapnya lebih cepat lagi. Lebah madu, tawon dan lalat mengepakkan sayap 200 hingga 400 kali per detik, dan pada ganjur dan sejumlah serangga merugikan yang berukuran hanya 1 milimeter (0.03 inci), kecepatan ini meningkat ke angka mengejutkan 1000 kali per detik! Sayap-sayap yang mengepak terlalu cepat untuk dapat dilihat mata manusia telah diciptakan dengan rancangan khusus agar dapat melakukan kerja yang terus-menerus semacam ini.
Sebuah saraf mampu mengirim paling banyak 200 sinyal per detik. Lalu bagaimana seekor serangga kecil mampu mengepakkan sayapnya 1000 kali per detik? Penelitian telah membuktikan bahwa pada serangga-serangga ini, tidak terdapat hubungan satu-banding-satu antara sinyal dari saraf dan jumlah kepakan sayap per satuan waktu.
Pada perangkat istimewa ini, yang masing-masing diciptakan tersendiri pada tubuh setiap serangga, tak dijumpai ketidakteraturan sedikit pun. Saraf-sarafnya tidak pernah mengirim sinyal yang salah, dan otot-otot serangga senantiasa menerjemahkannya secara benar.
Pada jenis seperti lalat dan lebah, otot-otot yang memungkinkan terbang bahkan tidak menempel pada pangkal sayap! Sebaliknya, otot-otot ini melekat pada dada melalui pengait yang berperan seperti engsel, sedangkan otot-otot yang mengangkat sayap ke atas melekat pada permukaan atas dan bawah dada. Saat otot-otot ini mengerut, permukaan dada menjadi rata dan menarik pangkal sayap ke bawah. Permukaan samping sayap memberikan peran penyokong sehingga memungkinkan sayap-sayap terangkat. Otot-otot yang menimbulkan gerakan ke bawah tidak melekat langsung pada sayap, tapi bekerja di sepanjang dada. Ketika otot-otot ini mengerut, dada tertarik kembali ke arah berlawanan, dan dengan cara ini sayap tergerakkan ke bawah.
 Engsel sayap tersusun atas protein khusus yang dikenal sebagai resilin, yang memiliki kelenturan luar biasa. Karena sifatnya jauh mengungguli karet alami ataupun buatan, para insinyur kimia berupaya membuat tiruan bahan ini, di laboratorium. Saat melentur dan mengerut, resilin mampu menyimpan hampir keseluruhan energi yang dikenakan padanya, dan ketika gaya yang menekannya dihilangkan, resilin mampu mengembalikan keseluruhan energi itu. Alhasil, daya guna (efisiensi) resilin dapat mencapai 96%. Saat sayap terangkat, sekitar 85% energi yang dikeluarkan disimpan untuk saat berikutnya; energi yang sama ini kemudian digunakan kembali dalam gerakan ke bawah yang memberikan daya angkat ke atas dan mendorong sang serangga ke depan.
Permukaan dada dan ototnya telah diciptakan dengan rancangan istimewa untuk memungkinkan pengumpulan energi ini. Namun, energi tersebut sesungguhnya disimpan pada engsel yang terdiri atas resilin. Sudah pasti mustahil bagi seekor serangga, dengan usahanya sendiri, melengkapi diri sendiri dengan peralatan luar biasa untuk terbang. Kecerdasan dan kekuatan tak terhingga Allah telah menciptakan resilin istimewa ini pada tubuh serangga.
-- http://luklukmaknun93.blogspot.com/2013/10/keajaiban-proses-terbang-lalat.html
Sumber Video : http://www.newscientist.com/article/dn25288-surreal-xray-movie-reveals-how-a-fly-beats-its-wings.html